Nama dari Tobirama Senju mungkin sudah tidak asing di telinga para fans dari franchise Naruto. Tobirama Senju merupakan Hokage kedua dari desa Konoha, serta merupakan adik dari sosok legendaris Hashirama Senju. Sosok Tobirama Senju terkenal akan berbagai hal yang luar biasa dan kontroversial. Misalnya, Tobirama dikenal sebagai seorang Hokage yang kurang baik.

Dibandingkan dengan sang kakak, Tobirama justru sempat membuat Konoha semakin hancur dan tenggelam dalam kebencian dan peperangan. Tobirama dianggap tidak mampu membawa kedamaian, bahkan di dalam desanya sendiri. Banyak keputusan-keputusannya sebagai Hokage justru menjadi awal kehancuran bagi banyak hal di desa Konoha dan juga merugikan desa tersebut.

Terlepas dari sosoknya yang kontroversial dengan segala kebijakannya, Tobirama adalah seorang shinobi yang hebat. Dia juga merupakan penemu dan pencipta dari berbagai jutsu yang kita lihat di serinya. Tobirama ahli dalam mengendalikan seluruh elemen alam, dan hal itulah yang membuatnya menjadi kuat. Sayangnya, Jutsu yang dia ciptakan sering kali bertujuan untuk sesuatu yang buruk.

Salah satu Jutsu epik yang pernah dia ciptakan adalah Jutsu Edo Tensei. Edo Tensei adalah sebuah teknik terlarang di mana seseorang – dengan persyaratan yang ada – bisa membangkitkan orang-orang yang sudah tewas. Ketika ada sosok yang dibangkitkan dengan Edo Tensei, bisa dipastikan dia akan menjadi abadi dan sulit mati karena tubuhnya mampu meregenerasi meskipun sudah hancur.

Satu-satunya cara untuk mengalahkan mereka yang diaktifkan dengan cara Edo Tensei adalah dengan menyegelnya. Edo Tensei disebut teknik terlarang karena teknik ini dianggap tidak etis, tidak menghargai makhluk hidup lain, dan juga berbahaya bagi penggunanya. Karena termasuk dalam kategori Jutsu terlarang, mereka yang mencoba mempelajari teknik ini atau mencari tahu tentang tekniknya akan merasakan hukuman.  Dan tidak boleh ada yang mempelajari teknik tersebut.

Pada saat era Tobirama, dia sering kali menggunakan teknik ini untuk menghancurkan lawan-lawannya. Meskipun tidak pernah diperlihatkan dalam ceritanya, namun dari dialog yang dihadirkan menunjukkan bahwa Edo Tensei adalah salah satu teknik terkuat yang digunakan Tobirama pada era peperangan.

Tobirama adalah sosok yang mirip seperti Danzo, di mana dia akan mengandalkan kekuatan untuk menghadirkan kemenangan dan kebaikan. Bagaimana kemudian Tobirama mengaplikasikan teknik ini? Diketahui Tobirama memiliki “pasukan khusus” di mana pasukan ini dibangkitkan dengan teknik tersebut dan kemudian Tobirama akan menggabungkannya dengan teknik Gojo Kibaku Fuda, alias teknik kertas peledak.

Dengan begitu, sosok yang dibangkitkan dengan menggunakan Edo Tensei akan mendatangi musuhnya dan kemudian meledakan diri. Petunjuk dari penggunaan Edo Tensei dalam pertempuran oleh Tobirama diperkuat dalam manga Naruto chapter 639, di mana Tobirama menjelaskan alasan mengapa dia menciptakan teknik Edo Tensei dan alasan mengapa dia menggunakan teknik Gojo Kibaku Fuda.

Menurut Tobirama kombinasi dari kedua teknik terlarang tersebut menjadi kunci kemenangan dari Konoha dalam pertempuran di masa lalu. Disebut-sebut bahwa mereka yang tahu tentang Edo Tensei adalah mereka yang hidup di era peperangan. Madara sendiri saat menggunakan Jutsu meteornya sempat mengatakan bahwa memang sudah menjadi tujuan dari Edo Tensei untuk mati bersama lawannya.

Namun, yang membedakan adalah tubuh dari Edo Tensei akan kembali beregenerasi sedangkan tubuh lawan tidak. Salah satu bukti lainnya bahwa Tobirama sangat sering menggunakan teknik Edo Tensei adalah ketika Mu dibangkitkan kembali dengan Edo Tensei. Dia memanggil Raikage Ketiga, Mizukage Kedua, dan Kazekage Keempat.

Mu mengatakan bahwa dia mengenali Jutsu tersebut sebagai Jutsu Hokage Kedua, namun dia tidak bisa merasakan keberadaanya. Artinya, Mu dari dewa Iwagakure pernah bertarung melawan pasukan Edo Tensei milik Tobirama. Dalam percakapan Ginkaku dan Kinkaku bersama Darui, keduanya pun mengaku pernah berhadapan dengan pasukan Edo Tensei Tobirama.

Hanya saja saat itu Ginkaku dan Kinkaku berhasil menang melawan pasukan Edo Tensei tersebut, dan akhirnya berhasil membunuh Tobirama. Satu hal lainnya yang membuat teknik Edo Tensei milik Tobirama ini mengerikan adalah kita masih belum tahu dari mana Tobirama merekrut “pasukan khusus” miliknya tersebut.

Apakah sebelumnya Tobirama dengan sengaja mengorbankan banyak pasukan shinobi Konoha untuk hal ini? Atau justru Tobirama menggunakan tawanan perang yang masih hidup? Bisa dipastikan bagaimana Tobirama memanfaatkan pasukan miliknya tersebut untuk meraih kemenangan sangat mengerikan dan kejam. Namun, jika dilihat dari kacamata pada era tersebut, dan bagamana sifat Tobirama yang menghalalkan segala cara, rasanya hal tersebut mungkin merupakan sesuatu yang lumrah. Bagaimana menurut kalian Geeks?