Sebagai tim super terbaik di DC Universe, Justice League adalah salah satu tim super pertama DC yang masih eksis sampai sekarang. Diperkenalkan sekitar 70 tahun yang lalu, Justice League yang awalnya hanya beranggotakan tujuh superhero, pada akhirnya mulai berkembangan, sampai akhirnya hampir semua superhero populer di DC pernah menjadi bagian di dalamnya. Menariknya, seiring dengan berkembangnya DC Universe, tim Justice League juga ternyata telah menelurkan berbagai versi justice league lain yang secara fungsi mempunyai sedikit perbedaan. Untuk lebih mengenal tim apa saja yang dimaksud, simak berbagai versinya di bawah ini, Geeks!

Justice League

Sebagai tim superhero DC asli yang memulai debutnya pada tahun 1960, Justice League adalah tim pertama yang didirikan oleh Superman, Batman, Wonder Woman, Aquaman, Flash, Martian Manhunter, dan Green Lantern. Selama bertahun-tahun, tim superhero terbaik DC telah mendapatkan banyak pembaruan terhadap namanya seiring dengan perkembangan tim, dimulai dari Justice League of America, kemudian Justice League International yang wilayahnya jauh lebih besar, dan akhirnya sekarang kembali dikenal sebagai “Justice League” saja.

Selain tim inti, Justice League juga pernah dibagi menjadi beberapa tim cabang yang fokus di wilayahnya masing-masing, seperti Justice League Detroit, Justice League Europe, dan Justice League Antartica. Sampai sekarang tercatat ada Terlepas dari namanya yang sedikit berbeda-beda, pada dasarnya semua tim tersebut mempunyai fungsi dan anggota yang relatif sama.

Justice League Dark

Tim Justice League lain yang diceritakan mempunyai fungsi paling mencolok adalah Justice League Dark. Mulai didirikan pada era New 52 tahun 2011, Justice League Dark pada dasarnya adalah tim Justice League yang berisi para superhero dengan kekuatan gaib, seperti Constantine, Zatanna, Madame Xanadu, Deadman, Shade the Changing Man dan masih banyak lagi. Alasan mengapa tim ini dibentuk adalah karena pada saat itu tim superhero biasa tidak bisa menghadapi ancaman supernatural seperti Enchantress, di mana Justice League Dark hadir untuk membuktikan kekuatannya dengan mengalahkan lebih banyak lagi supervillain gaib, termasuk iblis, zombie, dan penyihir di DC Universe.

Crime Syndicate

Setelah kejadian Crisis on Infinite Earths hanya menyisakan satu Multiverse DC, pada akhirnya sebuah universe alternatif baru mulai diperkenalkan, yaitu Earth-3. Alih-alih berisi para superhero seperti di semesta utama, Earth-3 justru digambarkan sebagai tempat lahirnya kejahatan, di mana versi alternatif dari para superhero utaman diceritakan muncul sebagai versi jahatnya, seperti Ultraman (Superman jahat), Owlman (Batman jahat), Superwoman (Wonder Woman jahat), dan masih banyak lagi. Selain hadir sebagai individu jahat, mereka juga tergabung dalam tim Crime Society of America, yang sekarang lebih dikenal sebagai Crime Syndicate yang sering menjadi ancaman bagi Multiverse DC.

Young Justice 

Hampir semua penggemar setia DC pasti mengenal Teen Titans, tim superhero remaja DC yang cukup populer bahkan sampai sekarang. Namun, yang jarang diketahui oleh para penggemar baru adalah fakta bahwa Justice League juga mempunyai versi muda yang disebut Young Justice. Berbeda dari Teen Titans, Young Justice adalah tim superhero remaja yang memang sempat menggantikan posisi Justice League untuk sementara waktu, di mana wilayah perlindungannya mencakup hampir seluruh dunia. Pada saat ini, bisa dibilang Young Justice masih aktif, dengan anggota yang terdiri dari Red Robin, Superboy,
Teen Lantern, Wonder Girl, Impulse, Aqualad, dan para superhero muda lainnya.

Justice Incarnate

Tim superhero terbaru yang merupakan salah satu inkarnasi dari Justice League adalah Justice Incarnate, yang dibentuk secara khusus untuk melindungi Multiverse DC dari ancaman villain tingkat multiverse. Pada dasarnya komposisi anggotanya sama seperti Justice League utama, tetapi bedanya mereka adalah varian dari multiverse, seperti Superman (Earth 23), Aquawoman (Earth 23), Batman Thomas Wayne (Earth 17), Captain Carrot (Earth 26), Doctor Multiverse (Earth 8), Flash Avery Ho (Earth 0), Mary Marvel (Earth 5), dan masih banyak lagi. Di DC Comics sendiri, sampai saat ini Justice Incarnate masih aktif sebagai penghubung dari berbagai tim Justice League di Multiverse DC.

Kelima versi tim Justice League ini telah diceritakan di DC Universe dalam berbagai kisah dan kesempatan. Terlepas dari tujuannya yang jahat atau baik, berbagai versi Justice League ini ternyata cukup populer juga di kalangan penggemar, tidak kalah dari versi utamanya. Mungkin hal tersebut bisa terjadi karena para penggemar merasa bahwa lima tim ini seperti tim yang sama, tetapi dengan sudut pandang yang berbeda, termasuk sudut pandang supernatural, kejahatan, jiwa muda, dan multiverse.