Diambil langsung dari mitologi Nordik, Asgard merupakan daratan suci, dan sekaligus tempat tinggal bagi dewa-dewa perkasa seperti Thor serta Odin. Asgard bersama dengan Bumi atau Midgard berada dalam sebuah dunia yang disebut dengan Nine Realms. Dalam semesta Marvel Cinematic Universe (MCU), Asgard mengalami kehancurkan pada tahun 2017 selama peristiwa Ragnarok. Para Asgardian yang masih hidup kemudian pindah ke Bumi, menetap di Tonsberg, Norwegia, dan mereka pun membangun kembali kota tersebut sebagai New Asgard.

Selain itu, Asgard sendiri selalu melahirkan sejumlah pejuang tangguh yang tampi gagah berani ketika terlibat dalam pertempuran besar. Saat para Asgardians bersiap untuk berperang, tak jarang juga mereka menggunakan beberapa senjata dahsyat, dan juga armor paling kuat yang ditempa di Nine Realms. Biasanya, para Kurcaci dari Nidavellir membuat, dan menempa senjata hebat tersebut untuk orang Asgardians. Di film Avengers: Infinity War, Eitri, seorang Raja Kurcaci, membuatkan senjata Stormbreaker untuk Thor agar ia bisa melawan Thanos, dan pasukannya.

Sementara itu, dalam dunia komik Marvel, Tony Stark juga sempat berkesempatan membuat armor untuk membantu para Asgardians. Lalu, ada juga beberapa superhero marvel yang juga pernah menggunakan senjata dari Asgard, dan merasaka kekuatan hebatnya. Selain Asgardians memiliki kekuatan yang dahsyat, dengan menggunakan beragam senjata, dan armor lengkap, mereka tentunya semakin superior untuk memenangkan pertempuran sengit. Berikut di bawah ini adalah 10 armor paling kuat yang berasal dari Asgard!

Scale Mail Thor

Armor ini merupakan kostum tradisional yang sering digunakan Thor saat berada di medan peperangan. Scale Mail memiliki desain yang unik dengan kostumnya memadukan warna hitam, dan perak serta bagian lengannya mempunyai tekstur metalik yang bersisik. Di MCU, Chris Hemsworth menggunakan armor ini di dua film solo pertamanya, Thor (2011), dan Thor: The Dark World (2013).

Lalu, Thor juga memakainya saat bergabung dengan kelompok Avengers di pertempuran Battle of New York 2012. Saat melawan Ultron di Sokovia, ia masih mengenakan setelah ini, namun tanpa memakai lengan metaliknya. Armor ini sendiri ditempa menggunakan Asgardian Steel, sebuah material yang sebenarnya tidak lebih kuat dari Mjolnir.

Armor Cannonball

Cannonball atau yang bernama asli Samuel Guthrie adalah seorang mutan, dan juga anggota X-Men. Ia adalah salah satu superhero yang berbakat di dalam tim tersebut. Cannonball mempunyai kekuatan berupa energi yang bisa dimanifestasikan sebagai ”medan ledakan” untuk membuat perisai melindungi dirinya, dan memperluasnya agar bisa menyelamatkan orang lain. Di juga sangat cepat seperti roket, dan mampu menyalurkan ledakan bio-kinetik dari tangannya.

Pada suatu momen, Cannonball pernah melakukan perjalanan ke dunia Asgard. Setelah dari sana, dia lalu pergi ke Nidavellir, dan bertemu dengan Raja Kurcaci, Eitri. Keduanya ternyata bisa sangat akrab, dan menjadi teman baik. Eitri selanjutnya membuatkan armor khusus, dan pedang untuknya. Dengan armor, dan senjata tersebut, ia kemudian melawan God of Mischief, Loki.

Armor Cul Borson

Cul Borson merupakan anak dari Bor Burison, dan sekaligus saudara dari Odin. Ia dijuluki sebagai God of Fear atau Dewa ketakutan. Selama memerintah Aesheim (Bumi), Cul berusaha menyebarkan kekacauan dan ketakutan ke seluruh Nine Realms, termasuk Asgard tempat kelahirannya. Setelah menggunakan Palu Skadi, ia pun dikenal dengan nama Serpent dan merenggut banyak nyawa.

Saat berada dalam pertempuran, Cul sering mengenakan armor yang seperti diperlihatkan pada gambar di atas ini. Baju zirah tersebut mempunyai ketahanan yang kuat dari segala serangan apapun. Saat menggunakan armor tersebut, Cul mampu menahan pukulan dari para dewa seperti Thor dan Odin.

Armor ‘Anti-Hela’

Sejak dahulu kala, Dewi Kematian Nordik, Hela, telah mengutuk Thor agar sang Dewa Petir menjadi lemah tidak berdaya. Dengan sihirnya itu, Hela membuat Thor menjadi rapuh, dan tulang-tulangnya tidak sekuat biasanya. Semua kekuatan penyembuhan dari Thor tidak bisa bekerja lagi untuk dirinya. Untuk melawan kutukan Hela, Thor mengenakan armor yang dinamakan dengan battle suit “Anti-Hela.”

Namun, nama armor tersebut bukanlah sebutan resmi yang dikeluarkan oleh Marvel, melainkan diberikan oleh para penggemar. Mengingat fungsinya untuk melawan, dan menyembuhkan sihir dari sang Dewi Kematian, nama battle suit “Anti-Hela” rasanya sangat cocok. Saat mengenakan setelan ini, Thor menjadi kebal terhadap kutukan dari Hela. Tetapi sayangnya, Thor kehilangan armor ini saat bertarung di planet Pangoria.

Armor Stormcaster

Cannonball ternyata bukanlah satu-satunya anggota X-Men yang pernah mengenakan armor Asgardian. Karakter bernama Ororo Munroe diceritakan sempat merasakan kehebatan senjata dari tempat suci tersebut. Pada satu momen, Ororo Munroe kehilangan kekuatan mutannya, dan ia tidak mampu mengendalikan cuaca, bahkan tidak bisa melawan kekuatan jahat. Untuk menyiasatinya, Munroe menggunakan kekuatan pikiran dan pelatihan tempurnya untuk menghadapi kejahatan.

Sang God of Mischief, Loki, lalu merasakan kegalauan yang dialami oleh Munroe. Ia lalu menemuinya, dan melakukan siasat tawar menawar dengannya. Loki kemudian berjanji bahwa akan memulihkan kekuataanya asalkan ia mau menuruti perintahanya. Karena tidak punya pilihan lain, Munroe pun setuju. Loki selanjutnya menciptakan armor, dan palu mistisnya sendiri yang bernama Stormcaster. Namun, saat ia membelot dari Loki, Munroe kehilangan armor tersebut beserta palunya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2