Perjalanan panjang adaptasi Spider-Man telah dimulai sejak tahun 1977 silam ketika teknologi perfilman belum canggih seperti zaman sekarang. Di tahun tersebut, aktor Nicholas Hammond memerankan sosok Peter Parker alias si manusia laba-laba dalam tiga film Spider-Man jadul yang didistribusikan oleh Columbia Pictures Television.

Memasuki tahun milenium di awal 2000an, sutradara fenomenal Sam Raimi membuat sosok “Spidey” beraksi kembali di layar lebar dengan menggarap trilogi Spider-Man yang sangat populer. Film buatannya itu juga menjadikan aktor Tobey Maguire sebagai pemeran karakter Peter Parker yang sangat ikonik.

Selepas trilogi buatan Sam Raimi, sutradara Marc Webb menggarap dua film The Amazing Spider-Man, dan aktor Andrew Garfield terlibat di dalamnya dengan berperan sebagai Peter Parker. Tak hanya itu, karakter superhero milik Marvel ini pun dibuatkan versi animasinya dalam film yang cukup impresif berjudul Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018).

Sementara itu, dari semua film adaptasi tersebut, film Spider-Man versi Marvel Cinematic Universe (MCU), yang dibintangi oleh Tom Holland, rasanya menjadi paling populer saat ini. Di jagat MCU, Spider-Man tidak hanya berdiri sendiri sebagai sebuah film, tetapi ia bisa melakukan crossover dengan beberapa karakter superhero lainnya, dan juga terlibat dalam kelompok Avengers.

Namun di balik semuanya itu, ada sejumlah projek film Spider-Man lainnya yang akan dibuat, tetapi pada akhirnya tidak jadi diproduksi dengan berbagai macam alasan. Bahkan, beberapa diantaranya merupakan sekuel langsung dari film garapan Sam Raimi, dan juga Marc Webb. Nah, Geeks, tanpa panjang lebar, berikut ini adalah deretan film Spider-Man yang dibatalkan dari proses pengembangan!

Spider-Man Produksi Studio Cannon Films

Pada tahun 1985, Marvel Comics menyerahkan properti Spider-Man mereka ke studio Cannon Films untuk diadaptasi. Pihak studio kemudian melihat jika Spider-Man harus dibuat dengan konsep monster horor, dan mereka pun meminta pencipta serial The Outer Limits, Leslie Stevens, untuk menulis naskahnya. Dengan konsep horor tersebut, naskah yang ditulis oleh Stevens membuat Peter Parker malah menjadi manusia tarantula raksasa. Stan Lee, yang merupakan kreator dari Spider-Man, menolak naskah itu karena telah menyimpang jauh dari materi aslinya.

Setelah naskah itu ditinggalkan, projek adaptasi tetap berjalan dengan sebuah cerita baru, dimana Dr. Otto Octavius adalah mentor Peter Parker sebelum mereka berdua menjadi musuh. Selepas naskah rampung, Cannon Films tengah mencari sutradara, dan telah memilih aktor Bob Hoskins untuk berperan sebagai Doctor Octopus, dan aktor pendatang baru saat itu, Tom Cruise sebagai Peter Parker. Akan tetapi, pihak studio secara tiba-tiba memotong anggaran untuk film tersebut untuk mengurangi pengeluaran mereka. Pada akhirnya, film Spider-Man buatan Cannon Films pun dibatalkan, dan tidak pernah terealisasikan.

Spider-Man Garapan James Cameron

Sejak tahun 1980an, sutradara James Cameron sudah memulai rencana mengadaptasi film Spider-Man untuk Carolco Pictures. Ide Cameron dalam film Spider-Man garapannya adalah dengan membuatnya jadi film berlabel “dewasa”, dan mungkin bakal mendapatkan rating Restricted (R). Selain itu, naskah yang ia buat bakal menceritakan origin story Spider-Man yang dekat dengan materi aslinya. Tetapi, latar belakang Electro, dan Sandman dibuat berbeda dengan nama asli mereka bukanlah Max Dillon serta Flint Marko melainkan Carlton Strand, dan Boyd.

Klimaks cerita dari naskah yang ia buat bakal memperlihatkan pertempuran di atas gedung World Trade Center (WTC), dan Peter Parker akhirnya mengungkapkan identitasnya kepada Mary Jane Watson. Namun sayangnya, ide naskah Cameron tidak pernah benar-benar terjadi, dan dibatalkan karena salah satunya ada perselisihan hukum antara Carolco Pictures, dan Cannon Films.

Spider-Man 4

Trilogi Spider-Man garapan sutradara Sam Raimi menjadi film adaptasi superhero Marvel yang sangat populer pada masanya. Meskipun sekuel ketiganya kurang mendapatkan respon yang memuaskan dari berbagai pihak, Raimi kembali ditunjuk oleh pihak studio untuk menggarap Spider-Man 4 dengan Tobey Maguire, dan Kirsten Dunst mengulangi peran mereka lagi sebagai Peter Parker, dan Mary Jane Watson. Di film keempat tersebut, rencananya bakal menghadirkan beberapa karakter ikonik seperti Black Cat, Vulture, dan Professor Curt Connors yang akan berubah menjadi Lizard.

Sony Pictures kemudian telah menetapkan tanggal rilis untuk Spider-Man 4 pada bulan Mei 2011. Di sisi lain, Raimi, yang tidak senang dengan hasil, dan respon terhadap Spider-Man 3, mencoba beberapa kali membuat cerita yang baik, dan naskah yang solid untuk film keempatnya agar bisa tepat waktu. Karena Sony ingin merilisnya secepat mungkin, dan Raimi belum mendapatkan naskah terbaiknya, ia pun memutuskan untuk melepaskan projeknya itu.

The Amazing Spider-Man 3 & 4

The Amazing Spider-Man (2012) sekali lagi menceritakan kembali kisah Peter Parker sebagai Spider-Man. kali ini, Andrew Garfield berperan sebagai Peter Parker, Emma Stone menjadi Gwen Stacy, dan Marc Webb bertindak sebagai sutradaranya. Film ini kemudian mendapatkan sekuel selanjutnya, The Amazing Spider-Man 2, yang diputar pada tahun 2014. Jauh sebelum kedua film ini dirilis, ternyata pihak studio sudah menetapkan tanggal penayangan untuk The Amazing Spider-Man 3 dan 4, yang masing-masing bakal tayang di tahun 2016, dan 2018.

Akan tetapi, film Spider-Man garapan Marc Webb ini kurang terlalu mendapatkan respon yang layak, walaupun tetap mendapatkan pendapatan box office yang tinggi. Apalagi, franchise The Amazing Spider-Man muncul di momen-momen ketika Marvel Cinematic Universe (MCU) sedang populer, dan Sony Pictures nampaknya tidak bisa menyaingi hegemoni mereka.

Jadi, daripada melanjutkan franchise The Amazing Spider-Man, dan mempertaruhkan keuntungan box office yang nantinya akan semakin berkurang. Sony pun memutuskan membuat kesepakatan dengan Marvel Studios untuk berbagi hak atas Spider-Man. Mereka pun secara resmi membuat ulang Spider-man untuk MCU pada tahun 2015. Tom Holland lalu mengambil peran sebagai Peter parker, dan debut perdananya muncul di film Captain America: Civil War.

Iulah dia Geeks beberapa film Spider-Man yang ternyata harus dibatalkan. Padahal diatara film-film tersebut, ada yang cukup potensial. Apakah di masa depan proyek film tersebut akan dilanjutkan? Belum ada yang tahu Geeks, tetapi mudah-mudahan saja proyek tersebut akan dilanjutkan nanti.