Dalam dunia anime atau manga kekuatan dahsyat sering kali menjadi sesuatu yang banyak dicari dan diimpikan oleh para karakter dalam ceritanya. Kekuatan dahsyat tersebut sering kali digunakan untuk berbagai tujuan dan mimpi mereka. Ada yang digunakan untuk kebaikan, namun ada juga yang digunakan untuk keburukan. Ada dua sumber kekuatan yang cukup populer sejauh ini.

Kedua sumber kekuatan tersebut yaitu buah chakra dan buah iblis. Keduanya sama-sama dicari dan begitu diagungkan karena kekuatan dahsyat yang dihasilkan oleh mereka yang memakannya. Namun, meskipun dua sumber kekuatan ini membuat mereka yang memakannya sama-sama berubah menjadi karakter hebat, diantara keduanya mana yang menjadi sumber kekuatan terbesar?

Buah Iblis

Buah iblis sudah menjadi salah satu elemen yang menarik yang muncul dalam seri One Piece. Buah ini memberikan kekuatan dahsyat dan unik kepada mereka yang memakan buahnya. Namun, ada efek samping yang harus dirasakan oleh mereka yang memakan buah iblis yaitu mereka akan kehilangan kemampuan untuk berenang di lautan. Buah iblis sendiri secara umum dibagi menjadi tiga jenis yaitu Paramecia, Zoan, dan yang paling langka adalah Logia.

Masing-masing jenis buah iblis memberikan keuntungan dan keunikan tersendiri. Misalnya, buah iblis berjenis Logia memiliki kelebihan di mana penggunanya bisa berubah menjadi material atau sesuatu yang menjadi sumber kekuatan buah iblisnya. Seperti Sakazuki yang mampu berubah menjadi magma atau lahar panas berkat kemampuan Magu Magu no Mi miliknya.

Pengguna buah iblis Zoan memiliki keunggulan di mana mereka bisa berubah wujud atau bertransformasi menjadi sosok hewan atau makhluk mitologi yang luar biasa, serta kekuatan fisik mereka akan bertambah beberapa kali lipat. Dalam hal kekuatan fisik, pengguna buah iblis jenis Zoan dianggap sebagai yang paling kuat dibandingkan kedua jenis buah iblis lain.

Dalam hal kekuatan, buah iblis diketahui mampu menghasilkan kerusakan atau kehancuran dunia, seperti yang diperlihatkan oleh Gura Gura no Mi milik Whitebeard. Sengoku sendiri mengakui bahwa buah iblis tersebut bisa menghancurkan seluruh dunia, berkat kekuatan getaran yang dihasilkan oleh Whitebeard. Masih belum diketahui dari mana asal-usul buah iblis ini, namun banyak spekulasinya yang menyebutkan bahwa buah iblis berasal dari inti sebuah zat atau makhluk hidup, yang mana kemudian penggunanya bisa berubah atau mengendalikan zat atau makhluk tersebut.

Buah iblis memiliki sebuah sirkulasi yang unik, di mana jika pemilik sebelumnya tewas maka kekuatannya akan keluar dari tubuh pemilik sebelumnya dan kemudian masuk ke buah normal yang ada di sekitarnya. Dan orang lain yang kemudian memakan buah iblis tersebut akan kembali mendapatkan kekuatan yang sama seperti sebelumnya. Yang paling unik juga buah iblis mengenal sistem awakening atau kebangkitan.

Awakening adalah ketika pengguna buah iblis berhasil menggunakan seluruh potensi dari buah iblis tersebut. Ketika seluruh potensi buah iblisnya berhasil dibangkitkan atau dimanfaatkan, level kekuatan dari buah iblisnya akan jauh lebih meningkat dan sangat luar biasa dibandingkan sebelum penggunanya membangkitkan buah iblis yang mereka miliki.

Buah Chakra

Buah chakra bisa dibilang adalah sumber kekuatan terbesar yang dihadirkan dalam franchise Naruto sampai sejauh ini. Buah chakra pada dasarnya adalah sumber kekuatan yang sangat dahsyat, yang hanya bisa digunakan oleh klan Otsutsuki. Uchiha Sasuke pernah mengatakan bahwa buah chakra adalah sesuatu yang spesial yang mana manusia tidak akan pernah bisa mengonsumsinya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kandungan chakra yang ada di dalam buah iblis tersebut. Kandungan chakra dalam buah ini benar-benar sangat masif, di mana diketahui ketika ada seorang manusia berusaha untuk memakan buah tersebut maka tubuhnya akan hancur karena tubuh manusia tidak akan sanggup menahan suplai chakra yang sangat besar dan kuat dari buah chakra.

Karena itulah, buah chakra hanya bisa dikonsumsi oleh klan Otsutsuki yang merupakan klan unik yang bukan berasal dari bumi. Asal-usul mereka belum diketahui secara jelas, namun yang pasti mereka berasal dari sebuah planet yang ada di tata surya ini. Klan Otsutsuki sendiri diketahui merupakan klan yang senang menghancurkan planet demi buah chakra. Karena, untuk bisa memakan buah chakra diperlukan proses yang panjang.

Seorang Otsutsuki harus dikorbankan kepada monster ekor 10 untuk kemudian membangkitkan pohon suci. Ketika pohon suci tersebut sudah ada, maka pohon tersebut akan menyerap seluruh chakra yang ada di sebuah planet. Setelah semua chakranya terserap dan menghasilkan buah chakra, planet tersebut akan hancur dan buah chakranya akan dimakan oleh sang Otsutsuki.

Mengapa kemudian buah chakra menjadi salah satu sumber kekuatan dahsyat? Karena, dengan memakan buah chakra yang mengandung chakra kehidupan di sebuah planet, membuat seorang Otsutsuki akan meningkat kemampuan dan kekuatannya ke level yang lebih tinggi. Semakin banyak buah chakra yang dikonsumsi oleh seorang Otsutsuki, maka akan semakin kuat dan mengerikan kekuatan mereka. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat mereka menjadi sosok yang paling kuat diantara lainnya.

Sumber Kekuatan Terdahsyat

Jadi, diantara buah chakra dan buah iblis mana sumber kekuatan paling dahsyat? Dari penjelasan di atas, tentu kita sudah bisa melihat dan menilai mana yang paling epik. Buah chakra menjadi pemenang dalam perbandingan ini, karena dari skala kekuatannya pun buah chakra sudah sangat unggul dibandingkan buah iblis. Buah iblis memang memiliki kekuatan yang dahsyat dan juga luar biasa.

Mereka bisa berubah menjadi hewan mitologi, berubah menjadi material alam, atau bahkan memengaruhi sekitarnya. Dan yang paling epik tentunya bagaimana buah iblis bisa menghancurkan dunia. Namun, jika dibandingkan dengan buah chakra, level kehancuran buah iblis masih berada di bawah. Buah chakra mampu menghancurkan sebuah planet, sedangkan buah iblis hanya pada level bumi.

Kemudian, perbedaan yang paling mencolok adalah bagaimana buah iblis bisa dimakan oleh siapa pun, bahkan oleh binatang, seperti buah iblis Hito Hito no Mi milik Chopper dan Gyukimaru. Namun, buah chakra tidak bisa dimakan oleh manusia dan hanya bisa dimakan oleh klan Otsutsuki yang berasal dari planet lain memberikan petunjuk jelas bahwa buah chakra jelas menjadi sumber kekuatan yang jauh lebih dahsyat dari buah iblis.