Dengan tema cerita tentang bajak laut, wajar jika One Piece menghadirkan banyak karakter-karakter bajak laut kuat dalam ceritanya. Para karakter tersebut ada yang berpetualang sendiri, namun ada juga yang tergabung dalam sebuah kru atau kelompok bajak laut. Dan dari sekian banyak bajak laut, ada satu orang yang dianggap paling unik yaitu Shanks. Shanks merupakan kapten bajak laut Rambut Merah. Ia juga dikenal sebagai Yonko. Lantas, apa yang membuat Shanks menjadi Yonko paling unik?

Tidak Memiliki Buah Iblis

Buah iblis menjadi sesuatu hal yang lumrah dalam dunia One Piece, mengingat buah iblis adalah salah satu sumber kekuatan di serinya. Buah iblis juga menjadi salah satu sumber kekuatan bagi para Yonko, namun tidak bagi Shanks. Shanks menjadi satu-satunya Yonko dalam cerita One Piece yang tidak memiliki kekuatan buah iblis. Seperti yang kita ketahui, para Yonko merupakan bajak laut terkuat.

Sebagian kekuatan tersebut berasal dari buah iblis. Big Mom memiliki buah iblis Soru Soru no Mi yang membuatnya bisa mengendalikan jiwa. Kemudian, Kaido memiliki buah iblis Zoan Uo Uo no Mi yang membuatnya bisa berubah wujud menjadi hewan mitologi naga timur. Kemudian Whitebeard dengan Gura Gura no Mi yang bisa menciptakan getaran, dan terakhir adalah Blackbeard dengan kekuatan Yami Yami no Mi.

Tanpa kekuatan buah iblis, apakah artinya Shanks lemah? Tentunya tidak. Shanks memang tidak memiliki kekuatan buah iblis, namun dia memiliki kekuatan Haki yang sangat luar biasa dahsyat. Hal ini bisa dilihat dalam pertempuran besar di Marineford. Dan di sisi lain, ini juga yang membuat Shanks menjadi sosok Yonko yang unik.

Jumlah Kru yang Tidak Banyak

Jika biasanya seorang Yonko memiliki banyak armada dan divisi dalam kapal tersebut, Shanks justru hanya memiliki satu kapal saja yang digunakan olehnya dan juga para krunya. Dan yang menarik juga adalah kru dari Shanks terbilang sedikit. Jumlah kru bajak laut Shanks kurang lebih hanya 30 orang, yang mana hal ini pun dikonfirmasi oleh Oda Sensei dalam salah satu kolom SBS.

Hal ini berbanding terbalik dengan Yonko lainnya, yang jumlah krunya bisa mencapai ribuan bahkan puluhan ribu orang. Contoh nyata dari hal ini adalah Kaido. Masih belum diketahui apa yang menjadi alasan Shanks tidak merekrut banyak kru. Meskipun jumlah krunya sedikit, angkatan laut sendiri mengakui bahwa Shanks memiliki kru yang kekuatannya sangat berimbang satu sama lain. Inilah mengapa Shanks menjadi Yonko yang unik, karena tanpa kru yang banyak dia mampu berkuasa di lautan.

Dekat dengan Pemerintah Dunia

Ini adalah sesuatu yang membuat Shanks menjadi sosok Yonko yang paling unik yang ada di seri One Piece. Pasalnya, seperti yang kita ketahui bahwa bajak laut merupakan musuh utama dari Pemerintah Dunia dan juga angkatan laut. Mereka dianggap sebagai ancaman besar yang bisa menghancurkan stabilitas dan keamanan di dunia One Piece. Karena itulah bajak laut selalu menjadi incaran besar kedua organisasi tersebut.

Namun, hal berbeda justru diperlihatkan oleh Shanks. Dia justru mendapatkan dihormati oleh banyak pihak, baik dari angkatan laut atau bahkan Pemerintah Dunia. Hal ini bisa dilihat dalam arc Reverie kemarin, di mana Gorosei sendiri mengatakan bahwa jika bukan karena sosok tersebut adalah Shanks, mereka tidak akan membiarkan dia masuk. Artinya, jika itu adalah Blackbeard, Whitebeard, atau bahkan Kaido maka mereka akan menganggap para Yonko tersebut sebagai ancaman.

Masih menjadi misteri mengapa kemudian Shanks bisa diterima dengan baik oleh pihak Pemerintah Dunia. Banyak teori-teori berkembang di kalangan fans terkait hal ini, namun masih belum ada konfirmasi atau belum ada petunjuk yang membenarkan teori tersebut. Yang pasti, tidak ada Yonko lainnya yang mampu berada di level yang sama dengan Shanks di mana dia begitu dihormati termasuk oleh pihak “musuh.”

Berdasarkan penjelasan di atas, wajar jika kemudian Shanks dianggap menjadi sosok Yonko yang paling unik dan juga mengerikan dibandingkan Yonko lainnya. Shanks benar-benar bereda dengan kebanyakan bajak laut lain. Shanks dihormati dan disegani oleh banyak kalangan, bahkan pihak Pemerintah Dunia sekali pun. Inilah yang membuat Shanks berbeda dengan para Yonko yang ada saat ini. Apakah kalian setuju Geeks?