Dalam seri One Piece karya Eiichiro Oda ada banyak kekuatan besar yang muncul dalam ceritanya. Kekuatan besar tersebut adalah para Yonko, angkatan laut, dan Pasukan Revolusi. Mereka semua memiliki kekuatan yang besar sehingga ketika ada salah satu diantaranya yang “hancur,” maka keseimbangan dunia pun akan terancam. Namun, ada satu kekuatan besar yang levelnya berada di atas ketiga kekuatan tersebut.

Kekuatan tersebut adalah kaum naga langit. Kaum naga langit diketahui memiliki atau memegang otoritas tertinggi dan pengaruh yang sangat kuat dan besar. Bahkan, dalam ceritanya sendiri orang-orang beranggapan bahwa kaum naga langit adalah para “dewa” yang hidup sampai sekarang.

Siapa Kaum Naga Langit

Kaum naga langit sering kali menganggap diri mereka sangat berbeda dengan orang-orang kebanyakan. Mereka bahkan enggan untuk menghirup udara yang sama dengan mereka. Tidak ada yang berani membantah atau menentang apa pun yang dilakukan oleh kaum naga langit. Kaum naga langit dianggap sebagai keturunan langsung dari 20 kerajaan yang bersatu mengalahkan kerajaan kuno.

Setelah mereka menang, 20 kerajaan tersebut kemudian membentuk sebuah organisasi yang sekarang kita kenal sebagai Pemerintah Dunia. Para kaum naga langit sangat dibenci dan dijauhi oleh orang-orang biasa karena arogansi mereka yang tinggi. Mereka percaya jika derajat mereka lebih tinggi dibanding orang-orang kebanyakan, karena garis keturunan mereka. Bahkan, meskipun sosok kaum naga langit itu adalah orang yang sangat baik, orang-orang tetap tidak mau untuk mendekati mereka.

Siapa Saja Mereka

Sampai sejauh ini, masih belum diketahui secara pasti ada berapa jumlah dari kaum naga langit. Kita juga tidak pernah tahu berapa orang yang tinggal di wilayah Mary Geoise. Namun, meskipun begitu, Oda Sendiri sempat menghadirkan beberapa karakter yang menjadi bagian dari kaum naga langit dalam ceritanya. Siapa saja?

Keluarga Donquixote: Keluarga Donquxiote adalah keluarga kerajaan yang sempat tinggal atau berkuasa di wilayah Dressrosa, sebelum kemudian  mereka pindah ke Mary Geoise. Keluarga Donquixote merupakan keluarga yang pernah memiliki perselisihan dengan suku Tontatta karena membuat mereka menjadi budak suruhan keluarga tersebut.

Setelah abad yang hilang dan kemudian berhasil mengalahkan Kerajaan Kuno, keluarga Donquixote kemudian menjadi salah satu dari 20 kerajaan yang tinggal di Mary Geoise dan mendapatkan titel sebagai kaum naga langit. Kepemimpinan mereka di Dressrosa kemudian digantikan oleh keluarga Riku.

Anggota keluarga Donquixote yang menjadi bagian dari kaum naga langit kurang lebih ada enam orang. Mereka adalah Donquixote Mjosgard, ayah Mjosgard, Doflamingo, Homing, Rosinante, dan istri dari Homing. Yang menarik adalah keluarga Donquixote, yang diwakili oleh Homing, pada akhirnya memutuskan untuk melepaskan statusnya sebagai kaum naga langit dan tinggal sebagai penduduk biasa.

Sayangnya, hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang dia harapkan. Orang-orang justru sinis dan berusaha menyerang keluarganya. Mereka tidak senang dengan hal tersebut meskipun keluarga Donquixote sudah tidak lagi menjadi bagian dari kaum naga langit. Ini juga yang akhirnya membuat Doflamingo akhirnya menghabisi nyawa ayahnya. Tetapi, dari keenam anggota keluarga Donquixote, hanya Mjosgard yang masih diketahui bertahan sebagai naga langit.

Keluarga Rosward: Berbeda dengan keluarga Donquixote, tidak banyak informasi yang diketahui tentang keluarga Rosward. Sejauh ini, yang diketahui mengenai keluarga naga langit ini adalah jumlah mereka ada tiga orang orang. Mereka adalah Saint Rosward, Saint Charlos, dan Saint Shalria. Saint Rosward sendiri adalah ayah dari Charlos dan Shalria.

Sedangkan, Charlos adalah kakak dari Shalria dan anak pertama dari Saint Rosward. Tidak diketahui siapa istri dari Saint Rosward yang juga menjadi ibu dari Shalria dan Charlos. Kita pun tidakmengetahui asal-usul mereka, dari mana mereka berasal, bagaimana sejarah mereka, dan sebagainya. Keluarga Rosward juga hanya muncul sekilas dalam ceritanya.

Misalnya, Charlos dan Chalria sempat muncul di arc Sabaody untuk membeli budak sebelum kemudian mereka bertemu dengan kelompok Topi Jerami. Keluarga Rosward juga kembali muncul dalam arc Reverie, di mana saat itu Saint Charlos melakukan hal yang kurang pantas di mana dia menginginkan Shirahoshi menjadi peliharaanya.

Hal tersebut membuat Neptunes marah, namun dia tidak bisa berbuat banyak sebelum akhirnya Mjosgard yang menghajarnya. Sampai sekarang Oda Sensei masih belum lagi menghadirkan keluarga Rosward dalam ceritanya.

Gorosei: Dengan level kekuasaanya yang berada satu tingkat di bawah Im, wajar jika kemudian Gorosei menjadi bagian dari kaum naga langit. Namun, dengan status tersebut belum diketahui secara jelas apakah Gorosei berada di level yang sama dengan keluarga naga langit lain, atau justru berada di atasnya. Seperti halnya keluarga Saint Rosward, ada banyak misteri yang masih menyelimuti para Gorosei.

Kita masih belum mengetahui apakah mereka berasal dari sebuah kerajaan atau ditunjuk langsung. Kemudian, mengapa mereka bisa berada di posisinya sekarang. Jika dibandingkan dengan keluarga naga langit lain, sepertinya para Gorosei ini memiliki kekuatan dahsyat dan kemampuan bertarung. Tetapi, lagi-lagi kita masih belum tahu sampai sejauh mana level kekuatan dari Gorosei. Sesuai namanya, Gorosei terdiri dari lima orang pria tua, yang masing-masing dari mereka identitasnya belum terungkap.

Kaum Naga Langit Lain: Selain dua keluarga di atas, Oda juga memperkenalkan kaum naga langit lainnya yang tidak diketahui dari keluarga mana mereka berasal. Pertama adalah Saint Jalmack. Saint Jalmack adalah sosok naga langit yang muncul dalam kilas balik Luffy. Dia merupakan kaum naga langit yang berkunjung ke kerajaan Goa 10 tahun sebelum cerita utamanya dimulai.

Saint Jalmack juga adalah naga langit yang menembak kapal Sabo, dan membuat Sabo hampir tewas. Saat itu, Jalmack melihat Sabo dengan kapal kecilnya mengibarkan bendera bajak laut yang mana hal itu membuat Jalmack pun kemudian berpikir bahwa apa yang dilakukan Sabo sudah termasuk sebagai aksi bajak laut, dan berhak untuk dihancurkan. Selain itu, alasan lainnya Jalmack menghancurkan kapal Sabo adalah karena dia dianggap menghalangi laju kapalnya.

Kedua adalah Saint Camael. Karakter naga langit ini sebenarnya bukan bagian dari cerita canon One Piece, karena hanya muncul dalam film One Piece Film: Gold. Saat itu, Saint Camael diperlihatkan datang ke Gran Tesoro, kapal milik Gol Tesoro, untuk mengambil uang jatah yang harus Gol Tesoro bayarkan (Heavenly Tribute). Namun, karena hanya muncul sekilas, tidak terlalu banyak informasi yang diketahui tentang sosoknya.

Kaum naga langit menjadi salah satu hal yang unik yang dihadirkan dalam cerita One Piece. Dari mana sebenarnya inspirasi para kaum naga langit yang ada dalam cerita One Piece memang masih menjadi misteri, dan bahkan para kaum naga langit yang hadir dalam cerita pun masih misterius, Mudah-mudahan saja Oda Sensei memberikan informasi lebih mengenai kaum naga langit.