Selepas memulai debut filmnya di tahun 2014 silam, kelompok Guardians of the Galaxy langsung mencuri perhatian para penggemar di seluruh dunia. Di awal kemunculannya, kita akhirnya bisa mengenal anggota para Penjaga Galaksi yang terdiri dari Star-Lord, Drax, Gamora, Rocket, dan Groot. Pada sekuel keduanya, mereka secara tidak langsung kedatangan anggota baru seperti Mantis, dan juga Nebula. Sampai sejauh ini, Guardians of the Galaxy kemudian menjadi salah satu grup pahlawan yang paling populer di jagat MCU setelah Avengers.

Dalam semesta MCU, Star-Lord alias Peter Quill bisa dikatakan adalah pemimpin Guardians of the Galaxy. Dia, dan timnya pernah terlibat bersama dengan Avengers ketika mesti melawan Thanos di planet Titan, dan juga di Wakanda. Bahkan, seluruh anggota Guardians of the Galaxy berada dalam sebuah peperangan epik dengan para “Earth’s Mightiest Heroes” saat mereka harus kembali bertempur menghadapi Thanos, dan pasukannya di Bumi untuk memperebutkan infinity stones.

Para Guardians of the Galaxy pada akhirnya menjadi sebuah karakter yang terlihat mengesankan dengan latar belakang mereka yang berbeda-beda. Tetapi, mereka bukanlah satu-satunya pahlawan yang mendapat kehormatan menyebut diri sebagai Penjaga Galaksi. Sebelum Star-Lord, dan yang lainnya, ada beberapa karakter yang sempat menjadi anggota di tim pahlawan tersebut. Kira-kira siapa saja mereka Geeks? Berikut ini secara ringkas adalah 5 mantan anggota Guardians of the Galaxy!

Major Victory

Vance Astrovik atau yang dikenal dengan sebutan Major Vance Astro awalnya adalah seorang astronot Amerika Serikat abad ke-21 yang mencoba mencapai Alpha Centauri. Sebelum melakukan perjalanan panjang tersebut, salah seorang dokter melapisi organ tubuhnya dengan semacam cairan pengawet untuk menempatkan dirinya dalam keadaan mati suri. Vance kemudian malah terbangun di abad ke-30, dan pesawatnya mendarat di planet Centauri-IV.

Selepas melewati perjalanan luar angkasa yang panjang, Vance lalu menjadi seorang mutan dengan kekuatan telekinesis. Di sana, ia bertemu dengan Yondu, yang mencoba melawannya karena terlihat sebagai orang asing. Selepas pertemuan yang tidak bersahabat tersebut, mereka menjadi teman, dan Vance membantunya untuk melawan ras Badoon yang menghancurkan koloni Centauri-IV. Pertemuannya dengan Yondu, dan pertarungannya menghadapi Badoon, lalu membuat Vance Astor menjabat sebagai jantung para Penjaga Galaksi.

Starhawk

Karakter ini pertama kali muncul dalam seri komik Defenders #27 tahun 1975 dengan nama asli Stakar Ogord. Dia adalah anak biologis dari Kismet atau Ayesha, seorang makhluk buatan yang diciptakan melalui rekayasa genetika oleh organisasi Enclave. Stakar mempunyai saudara tiri yang bernama Aleta Ogord. Dalam sebuah peristiwa, Stakar dan Aleta lalu bergabung menjadi satu sehingga mereka dikenal sebagai Starhawk. Selanjutnya, Starhawk berada dalam tim Guardians of Galaxy, dan membantu mengusir Badoon dari Bumi.

Dalam MCU, Stakar Ogord sebenarnya pernah muncul di film Guardians of the Galaxy yang diperankan oleh aktor Sylvester Stalone. Namun, di film itu ia hanya dikisahkan sebagai seorang pemimpin Ravangers yang berpangkat tinggi. Ia begitu dihormati oleh para anggota Ravangers, termasuk Yondu. Sylvester Stalone pun dirumorkan bakal kembali lagi sebagai Stakar Ogord di film Guardians of the Galaxy Vol.3 mendatang.

Firelord

Pyreus Kril alias Firelord adalah seorang Xandarian yang menjabat sebagai perwira angkatan laut kapal penjelajah Way-Opener. Kril mendapatkan kekuatannya menjadi sosok Firelord dari Galactus saat dirinya mencoba menyelamatkan temannya, Gabriel Lan, yang diculik oleh sinar teleportasi dalam sebuah misi. Firelord memiliki kemampuan yang sangat kuat seperti Silver Surfer, dan ia juga mampu menandingi sang Dewa Petir dari Asgard, Thor.

Dalam garis waktu abad ke-31, Firelord dikenal sebagai Pelindung Alam Semesta, posisi penting yang pernah dipegang oleh dua superhero tangguh, yakni Kapten Mar-Vell dan juga Quasar. Selain itu, Firelord adalah salah satu anggota Guardians of the Galaxy yang paling kuat. Dia juga pernah bersekutu dengan Eros, dan Supernova untuk melacak keberadaan Nebula yang telah menghancurkan planet asalnya, Xandar.

Spirit of Vengeance

Sebagai sosok Ghost Rider yang berada di garis waktu masa depan, Spirit of Vengeance kerap bertarung berdampingan dengan para Guardians of the Galaxy, hingga pada akhirnya ia memutuskan bergabung bersama mereka. Spirit of Vengeance sendiri mempunyai nama asli Wileaydus Autolycus yang lahir di planet Sarka. Ia adalah anggota Universal Church of Truth, namun ia berusaha berbalik melawan fanatisme agamanya tersebut. Karena ingin mencoba menebus dosa-dosa gerejanya itu, dia kemudian mengendarai kendaraannya, Death Cycle, melintasi ruang angkasa untuk memurnikan agamanya.

Adam Warlock

Awal mula kemunculan Adam Warlock bermulai dari komik Fantastic Four pada tahun 1967. Di saat itu, dia masih bernama Him, dan karakternya diciptakan oleh Stan Lee bersama Jack Kirby. Adam sendiri merupakan sesosok makhluk kosmik buatan yang dirancang untuk bisa menjadi seorang manusia sempurna dengan kekuatan yang maha dahsyat.

Pada komik Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2008), yang dikerjakan oleh Dan Abnett dan Andy Lanning, Adam Warlock diceritakan pernah menjadi salah satu anggota Para Penjaga Galaksi bersama dengan Star-Lord, Rocket Raccoon, Quasar, Gamora, Drax Mantis, dan Groot. Adam pun akan memulai debut perdananya di MCU pada film Guardians of the Galaxy Vol. 3, yang dijadwalkan rilis pada tanggal 5 Mei 2023. Aktor pemeran Gally di film The Maze Runner, Will Poulter, bakal memerankan karakter makhluk kosmik tersebut.