Kelompok bajak laut Topi Jerami  dikenal sebagai kelompok bajak laut yang berasal dari wilayah East Blue, dan merupakan salah satu kelompok bajak laut muda yang sedang naik daun. Kelompok bajak laut Topi Jerami juga memiliki kru yang berasal dari berbagai wilayah. Dan yang paling populer tentunya adalah kelompok bajak laut ini dipimpin oleh Monkey D. Luffy.

Meskipun jumlah krunya tidak terlalu banyak, kelompok Topi Jerami berisi para karakter yang memiliki potensi sangat luar biasa, seperti yang diakui oleh Kuzan saat pertama kali bertemu dengan mereka. Dan hal ini terbukti, di mana saat ini mereka berkembang menjadi sebuah kelompok bajak laut besar yang bahkan bisa menantang kelompok bajak laut Yonko. Ada beberapa kru yang sudah berhasil membangkitkan potensi besar dalam diri mereka. Siapa saja?

Monkey D. Luffy

Selama 20 tahun terakhir para fans diperkenalkan buah iblis Luffy sebagai Gomu Gomu no Mi oleh Eiichiro Oda. Namun, kemudian terungkap bahwa faktanya buah iblis Luffy yang asli adalah Hito Hito no Mi, Model Nika. Buah iblisnya berjenis Mythical Zoan yang membuat Luffy bisa berubah menjadi sosok Dewa Matahari Nika.

Dalam pertarungan melawan Kaido, di mana Luffy hampir tewas, dia pun kemudian membangkitkan buah iblisnya seperti diperlihatkan di chapter 1043 kemarin. Dan dalam beberapa chapter kemarin, kita pun melihat seberapa dahsyat kekuatan dan juga kemampuan dari awakening buah iblis Nika milik Luffy ini. Masih belum diketahui apa lagi kekuatan yang dimiliki oleh buah iblis Nika.

Roronoa Zoro

Sosok Zoro mungkin tidak memiliki kekuatan buah iblis, namun dia juga mendapatkan “awakening” yang luar biasa dengan peningkatan kekuatan yang sangat drastis. Hal ini terjadi dalam pertarungan Zoro melawan King. Zoro awalnya kewalahan menghadapi King, yang merupakan bagian dari ras Lunarian. Sulit untuk bisa menyerang atau melukai King. Selain itu, Zoro sendiri masih belum mau melepaskan kendali penuh atas Enma.

Zoro masih berpikir bahwa dialah yang harus mengendalikannya, karena takut lepas kendali. Namun, setelah mengingat kembali apa yang dikatakan oleh Shimotsuki Kouzaburo dan menyadari “kesalahannya,” akhirnya Zoro pun muncul menggunakan teknik terbarunya yang epik yaitu King of Hell di mana pedang Enma akan merilis Haki yang sangat dahsyat yang dibarengi oleh serangan epik.

Sanji

Seperti yang kita ketahui, Sanji merupakan karakter yang lebih dominan menggunakan kekuatan kaki dan tendangan dalam sebuah pertarungan. Sanji sendiri memiliki banyak teknik tendangan, salah satunya adalah Diable Jambe. Diable Jambe merupakan sebuah teknik di mana dia bisa mengeluarkan api dari tendangannya. Semakin panas kaki dari Sanji, Semakin cepat juga tendangannya dan semakin kuat juga tenaganya.

Dalam pertarungan melawan Queen, Sanji berhasil membangkitkan potensi besar dalam dirinya berkat Raid Suit yang mengaktifkan “kemampuan tersembunyi” dari Sanji yang selama ini tersimpan. Hasilnya adalah kekuatan fisik Sanji bertambah dan dia pun memiliki kekuatan regenerasi. Gabungan kekuatan tersebut membuat Sanji mampu meningkatkan kekuatan tendangan dan panas apinya, yang kemudian menghasilkan tendangan yang kita kenal sebagai Ifrit Jambe.

Nico Robin

Nico Robin sempat diperlihatkan bertarung melawan Black Maria. Bahkan, Black Maria mampu mengungguli Robin dengan berbagai kemampuan yang dia miliki. Robin sendiri sempat melakukan perlawanan dengan menggunakan teknik Gigant Fleur, namun pada kenyataannya kemampuan itu tidak sanggup untuk membuat Black Maria takluk.

Setelah Nico Robin mengingat kembali momen bersama Pasukan Revolusi, dia pun kemudian bangkit dan menggunakan teknik paling baru yang disebut “Demonio Fleur”. Teknik ini membuat Robin secara harfiah berubah menjadi seorang iblis. Hal ini bisa dilihat dari penampilannya yang mengerikan, dengan badan hitam, dan juga sayap yang besar.

Ketika Robin berubah menjadi iblis, peningkatan kekuatannya benar-benar dahsyat. Black Maria benar-benar tidak berdaya dan tidak sanggup melakukan perlawanan terhadap Robin. Dan akhirnya Black Maria pun berhasil dikalahkan dengan teknik baru ini.

Ada Lagi yang Lainnya?

Masih belum diketahui apakah kru Topi Jerami lainnya akan juga membangkitkan potensi terbesar mereka. Sejauh ini, masih belum terlihat petunjuk yang mengarah ke poin tersebut. Mungkin, yang paling mendekati hal ini adalah Nami. Seperti diperlihatkan di chapter sebelumnya, Nami mengalami peningkatan kekuatan berkat sosok Zeus.

Setelah Homies milik Big Mom tersebut memutuskan untuk tidak lagi bersama Big Mom, dia memutuskan untuk tinggal di dalam Clima Tact milik Nami dan membantunya. Efeknya bisa dibilang sangat luar biasa, seperti diperlihatkan dalam pertarungan antara Nami melawan Ulti. Berkat bantuan Zeus, Ulti akhirnya berhasil dibuat tidak sadarkan diri.

Mungkin, di chapter selanjutnya kita akan melihat sisa kru Topi Jerami akan membangkitkan kekuatannya. Misalnya Usopp yang berhasil menembak dengan tepat dari jarak jauh dengan menggunakan Haki, atau bagaimana Chopper mampu meracik obat atau virus yang membantunya bertahan lebih lama di form Zoannya, dan sebagainya. Kita nantikan saja ya Geeks perkembangan selanjutnya dari kru Topi Jerami ini.