Setelah sukses dengan tiga film sebelumnya, waralaba film aksi klasik The Expendables dipastikan akan segera dilanjut dengan film keempatnya yang berjudul The Expendables 4 atau Expend4bles. Film yang digarap oleh Scott Waugh berdasarkan naskah karya John Joseph Connolly ini dipastikan akan kembali dimeriahkan oleh para pemeran veteran, seperti Sylvester Stallone sebagai Barney Ross, Jason Statham sebagai Lee Christmas, Dolph Lundgren sebagai Gunner Jensen, dan Randy Couture sebagai Toll Road.

Meskipun sejauh ini hanya ada empat aktor lama saja yang telah dikonfirmasi oleh Lionsgate, tetapi tidak sedikit juga penggemar yang berharap Arnold Schwarzenegger bisa kembali sebagai salah satu sekutu terkuat Barney yang bernama Trench Mauser. Salah satu alasannya adalah karena film keempatnya ini digadang-gadang akan menjadi petualangan paling besar sekaligus paling ‘badass’ yang dilakukan oleh tim tentara bayaran Expendables. Dan hal itu sangat ditentukan oleh peran villain utamanya yang ternyata diperankan oleh salah satu aktor kebangaan Indonesia, yaitu Iko Uwais.

Namun, mengingat betapa badass-nya para villain di tiga film sebelumnya, banyak sekali penggemar yang penasaran dengan peran Iko Uwais. “Seberapa kuat villain yang diperankan oleh Iko ini dan seperti apa keunikan karakternya?” Sampai saat ini, pertanyaan tersebut masih terus digaungkan oleh para penggemar, karena baik Lionsgate maupun Iko, masih menutup rapat-rapat seperti apa karakter villain di film The Expendbales 4 nanti. Namun, berdasarkan rumor yang beredar, kabarnya Lionsgate sendiri ingin mencoba formula baru dengan villain yang jauh lebih “agresif” dari sebelumnya.

Berdasarkan sejarahnya, para villain utama dari mulai film pertama sampai ketiga umumnya selalu hadir sebagai seorang diktator atau mantan agen rahasia yang mempunyai banyak kaki tangan. Misalnya Jenderal Garza dan James Munroe yang menyerahkan tim Expendables kepada Dan Paine dan Lawrence Sparks, kemudian Jean Villain yang baru tampil ‘menggigit’ menjelang akhir film setelah anak buahnya yang bernama Hector berhasil dikalahkan oleh Lee, dan terakhir Conrad Stonebanks yang baru turun tangan untuk melawan Barney setelah pasukannya habis.

Formula dari para villain lama tersebut tampaknya sudah tidak akan dipakai lagi di The Expendables 4. Karakter villain yang akan diperankan oleh Iko sendiri digambarkan sebagai mantan tentara yang menjadi seorang bandar senjata ilegal, di mana dia mempunyai pasukannya sendiri. Meskipun dia mempunyai pasukannya sendiri, tetapi karakter villain Iko mungkin akan diperlihatkan ‘lebih berani’ dari para villain Expendables sebelumnya, di mana dia akan ‘terjun langsung ke garis depan’ dengan membasmi beberapa anggota inti dari tim Expendables yang dipimpin oleh Barney.

Itulah mengapa, hanya ada empat anggota veteran saja yang muncul di film The Expendables 4, mungkin sisanya diam-diam telah dibasmi oleh karakter Iko yang mengetahui bahwa CIA telah menyewa tentara bayaran tersebut untuk meringkusnya. Sebelumnya juga sudah dikonfirmasi bahwa aktor Jacob Scipio akan berperan sebagai anak Galgo (Antonio Banderas) di film keempatnya nanti, sementara Banderas sendiri kemungkinan akan absen. Itu artinya, bukan tidak mungkin bahwa Galgo akan diceritakan tewas lebih dahulu oleh karakter Iko, sehingga anaknya muncul untuk balas dendam.

Sebagai seorang villain yang sangat ahli dalam seni bela diri pencak silat, di mana mungkin dia juga mempunyai senjata andalan seperti karambit, kujang, atau tonfa, kemungkinan besar karakter Iko akan digambarkan sebagai sosok yang sangat ‘lincah dan mematikan’, baik secara diam-diam maupun dalam pertarungan langsung. Itulah mengapa karakter Asia lainnya yang akan diperankan oleh Tony Jaa, dibutuhkan untuk menambah kekuatan tim Expendables, yang berusaha meringkus karakter Iko dengan membalas keahliannya menggunakan seni bela diri Asia lainnya, yaitu Muay Thai.

Pada foto-foto BTS sebelumnya, bahkan karakter Iko terlihat tengah bertarung dengan Lee yang kemungkinan foto tersebut diambil langsung dari pertarungan final di filmnya. Lee sendiri digadang-gadang akan menjadi pemimpin dari tim Expendables selanjutnya, di mana hal tersebut secara tidak langsung telah mengisyaratkan juga bahwa karakter Iko akan jauh lebih berbahaya daripada yang dibayangkan oleh siapa pun. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kita nantikan saja aksi epik Iko Uwais di film The Expendables 4 yang diperkirakan akan dirilis pada tahun 2022 ini.