Kru bajak laut Gol D. Roger merupakan salah satu kru bajak laut terkuat dalam cerita One Piece. Bagaimana tidak, merekalah yang membantu Roger untuk bisa berpetualang selama puluhan tahun, sampai kemudian dia berhasil mewujudkan mimpinya mencapai pulau terakhir, Laugh Tale. Selain itu, kru bajak laut Roger juga diketahui memiliki kemampuan yang dahsyat.

Berbeda dengan bajak laut kuat kebanyakan, yang memiliki banyak armada dan anak buah, Roger hanya memiliki satu kapal utama saja, Oro Jackson. Dan yang menarik adalah jumlah kru dari kelompok Roger pun tidaklah banyak. Kurang lebih jumlah kru bajak laut Roger hanya puluhan orang. Berbeda dengan Kaido atau Big Mom atau Whitebeard yang mencapai ribuan orang.

Menjadi kru bajak laut Roger tentunya tidak mudah, dan tidak semua orang bisa bergabung ke dalam kru. Yang pasti, menjadi kru Roger menjadi sebuah nilai historis dan kebanggaan bagi mereka yang pernah di dalamnya. Meskipun begitu, ada resiko besar juga yang harus ditanggung oleh mantan kru Roger, di mana mereka pasti akan menjadi incaran angkatan laut untuk ditangkap.

Sejauh ini, Oda Sensei baru menghadirkan atau memperkenalkan beberapa sosok saja dari kru Roger dalam cerita One Piece. Sosok yang paling populer tentu saja sang wakil kapten, Rayleigh. Kemudian ada mantan kru Roger yang sekarang menjadi Yonko, Shanks, serta Buggy si badut yang merupakan mantan Shichibukai.

Kemudian ada juga Dr. Crocus yang sekarang berada di Reverse Back Mountain bersama paus raksasa Laboon. Tidak lupa juga Kozuki Oden, yang meskipun hanya bergabung selama 2 tahun bersama Roger, dia menjadi sosok penting dalam krunya. Juga sosok Scopper Gaban, yang banyak dirumorkan akan menantikan kedatangan Luffy untuk pergi ke pulau Laugh Tale.

Bagaimana dengan sosok lainnya? Meskipun mereka pernah ditampilkan wajahnya – tidak semuanya – Oda Sensei sendiri belum pernah memberikan nama lengkap mereka. Hal inilah yang kemudian membuat penasaran salah seorang fan, yang kemudian menanyakan hal tersebut kepada Oda Sensei melalui kolom SBS.

Dalam SBS Volume 96, seorang fan bertanya tentang salah satu kru Roger yang belum diketahui. Dan menanggapi hal tersebut, Oda Sensei sendiri mengaku ada banyak pertanyaan yang sama mengenai anggota atau kru dari kelompok bajak laut Roger. Akhirnya, Oda Sensei pun memberikan jawabannya melalui sketsa bahwa nama dari sosok yang menjadi pertanyaan fan tersebut adalah Spencer.

Selain Spencer, Oda Sensei juga memberikan detail nama dan desain karakter dari kru Roger lainnya. Kurang lebih jumlah dari kru bajak laut Roger, berdasarkan dari sketsa yang diberikan oleh Oda, ada sekitar 28 orang termasuk Roger. Angka ini tentunya angka yang kecil jika dibandingkan dengan Kaido, yang memiliki anak buah sampai 30.000 orang.

Berbeda dengan para kru Topi Jerami, kru Roger ini tidak diketahui kewarganegaraanya jika kemudian ada di dunia nyata. Mungkin di kemudian hari akan ada pertanyaan yang memperjelas kewarganegaraan dari para kru Roger ini. Jumlah kru yang sedikit ini juga mungkin yang menginspirasi sosok Shanks, untuk tidak terlalu merekrut banyak orang untuk menjadi krunya.

Namun, hal tersebut sedikit berubah setelah dalam SBS Volume 101 kemarin diketahui bahwa Shanks sudah menambah pasukannya dan sekarang menjadi sangat besar. Bahkan, para krunya sendiri sekarang menjadi eksekutif alias para petinggi di krunya. Juga akan sangat menarik jika kemudian kita melihat apa yang dilakukan oleh para kru Roger lainnya, selain yang sudah disebutkan di atas. Apakah mereka masih aktif menjadi bajak laut? Atau justru sudah pensiun? Bagaimana menurut kalian tentang hal ini Geeks?