Illuminati adalah kelompok rahasia di Marvel Universe yang dipastikan akan melakukan debut Marvel Cinematic Universe-nya di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness alias Doctor Strange 2. Di Marvel Comics sendiri kelompok yang beranggotakan para superhero genius ini hanya mempunyai jumlah anggota yang sedikit, mungkin sesuai dengan jumlah kursi kosong yang terlihat di Doctor Strange 2. 

Walaupun begitu, kemungkinan besar mereka akan mempunyai perngaruh yang sangat besar, karena di MCU sendiri sepertinya peran mereka adalah menjaga kestabilan Multiverse Marvel, mirip seperti TVA yang menjaga Sacred Timeline, di mana mereka akan menculik siapa pun yang dapat mengancam multiverse. Meskipun keterlibatannya sudah dikonfirmasi, tetapi para anggotanya masih menjadi misteri sampai sekarang. Untuk itu, menjelang perilisan filmnya nanti, mari kita coba tebak siapa anggota Illuminati yang akan muncul di film Doctor Strange 2!

Professor X

Sejak trailer perdana Doctor Strange 2 dirilis, para penggemar memang sudah menduga bahwa Charles Xavier alias Professor X akan muncul di filmnya dengan kembali diperankan oleh Patrick Stewart. Dan belum lama ini, akhirnya dugaan tersebut dikonfirmasi langsung melalui berbagai trailer dan teaser baru filmnya yang memperlihatkan dia tengah duduk di kursi terbang berwarna kuning. Menariknya, kursi ikonik tersebut terlihat sangat mirip seperti yang pernah dia gunakan di Marvel Comics. Kembalinya Stewart sebagai Professor X ini sepertinya akan menjadi nostalgia yang sangat menyenangkan bagi para penggemar waralaba X-Men yang dirilis perdana pada tahun 2000 silam.

Captain Carter

Setelah sempat dirumorkan, akhirnya teaser terbaru Doctor Strange 2 mengonfirmasi bahwa varian Peggy Carter alias Captain Carter akan muncul di filmnya, lengkap dengan perisai vibranium ikoniknya yang bergambar Union Jack. Kemungkinan besar diperankan oleh Hayley Atwell, di teasernya Carter terlihat tengah berhadapan dengan America Chavez. Alasan mengapa Carter direkrut oleh Illuminati mungkin karena dia sangat berpengalaman dalam menjaga multiverse, sebelumnya dia memang terlihat sebagai anggota Guardians of the Multiverse di serial What If…?, dan juga pemimpin pasukan superhero multiverse di komik baru Avengers Forever #4 yang dirilis Maret kemarin.

Captain Marvel

Selain Captain Carter, teaser terbaru Doctor Strange 2 juga telah memperlihatkan sosok superhero wanita berkekuatan kosmik yang kemungkinan besar adalah varian Captain Marvel. Bedanya dengan versi utama, varian yang bergabung dengan Illuminati adalah Captain Marvel versi Maria Rambeu (Lashana Lynch) atau anaknya, Monica Rambeu (Teyonah Parris). Karena berdasarkan apa yang terlihat di teasernya, sosok tangguh tersebut diperankan oleh wanita kulit hitam. Mungkin latar belakangnya akan diceritakan bahwa dia adalah orang yang terpapar energi Tesseract, bukan Carol Danvers seperti yang terjadi di film Captain Marvel.

Super Strange

Sama seperti versi Marvel Comics-nya, Illuminati MCU juga kemungkinan akan didirikan juga oleh Doctor Strange. Bedanya, alih-alih diperankan oleh Benedict Cumberbatch, karakter Strange yang merupakan varian tersebut akan diperankan oleh Bruce Campbell agar terlihat lebih ‘matang’. Campbell sendiri memang cukup sering terlibat sebagai cameo dalam berbagai film karya Sam Raimi. Ditambah lagi, dia juga sempat membagikan foto dirinya yang tengah dirias à la Doctor Strange. Alasan mengapa di artikel ini dia disebut ‘Super Strange’, karena jika nanti dia benar-benar muncul, sepertinya akan ‘super menyenangkan’, mengingat peran Campbell selalu berhasil menghibur banyak orang.

The Maker

Anggota Illuminati berikutnya yang sangat sayang untuk dikesampingkan adalah Reed Richards alias Mister Fantastic yang merupakan pemimpin Fantastic Four. Tentunya, agar Reed bisa menjadi bagian dari Illuminati MCU yang mengawasi multiverse, dia harus sangat mengenal cara kerja multiverse. Dan versi Reed di Marvel Comics yang sangat mengenal multiverse adalah The Maker, varian jahatnya yang ingin mencari universe ideal bagi dirinya sendiri. Jika benar dia akan muncul di Doctor Strange 2 nanti sebagai anggota Illuminati, mungkin diam-diam The Maker tengah berusaha mencapai impiannya tersebut. Dan untuk pemerannya sendiri, akan sangat menarik jika aktor Ioan Gruffudd bisa kembali.

Superior Iron Man

Terakhir, karakter superior yang akan menjadi bagian dari kelompok Illuminati MCU selanjutnya adalah Superior Iron Man yang akan diperankan oleh Tom Cruise. Meskipun baru-baru ini, rumor keterlibatan varian Iron Man banyak ditolak oleh ‘orang dalam’, tetapi para penggemar sendiri sangat berharap bisa melihat Cruise dalam balutan armor Superior Iron Man seperti pada foto di atas. Varian Iron Man yang debut di Marvel Comics pada tahun 2014 ini adalah versi paling serakah dan juga sombong dari Tony Stark utama. Dan kemunculannya di Doctor Strange 2 nanti, mungkin ada hubungannya dengan pasukan Ultron Sentry berwarna silver yang terlihat menggiring Doctor Strange di trailer filmnya.

Dengan keenam karakter ini saja, sepertinya kehadiran kelompok Illuminati di film Doctor Strange 2 akan berhasil membuat para penggemar sangat kegirangan. Karena selain menjadi nostalgia bagi para penggemar, keterlibatan enam karakter menarik ini juga dapat menjelaskan bahwa konsep karakter varian bisa jauh lebih ‘gila’ dari yang sebelumnya dibayangkan, sesuai dengan judul filmnya yaitu ‘Madness’. Kita lihat saja nanti, ada berapa banyak tebakan yang benar dari daftar ini, tepatnya saat film Doctor Strange in the Multiverse of Madness tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 5 Mei besok.