Tinggal tersisa beberapa hari lagi sampai akhirnya film Doctor Strange 2 alias Doctor Strange in the Multiverse of Madness dirilis di seluruh dunia pada awal bulan Mei besok. Marvel Studios sendiri sampai saat ini masih terus melakukan promosi besar-besaran untuk memastikan filmnya ditonton oleh orang banyak pada saatnya tiba nanti. Dan salah satu upayanya adalah dengan merilis sebuah teaser Doctor Strange 2 yang salah satunya telah memancing rasa penasaran penggemar dengan memperlihatkan sosok ‘Living Tribunal’.

Di Marvel Comics sendiri, Living Tribunal adalah salah satu entitas terkuat yang ada di Multiverse Marvel, di mana dia sering digambarkan jauh lebih maha segalanya daripada Thanos yang menggunakan Infinity Stones di film Avengers: Infinity Wars, bahkan dari Celestial Arishem the Judge yang diceritakan pernah menciptakan galaksi di film Eternals. Untuk lebih mengenal sosok Living Tribunal dan kemungkinan peran besarnya di film Doctor Strange 2 nanti, mari kita bahas lebih lanjut siapa sebenarnya entitas terkuat yang digadang-gadang sebagai penjaga multiverse ini.

Penjaga Multiverse Marvel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Living Tribunal adalah salah satu entitas terkuat yang pernah diceritakan oleh Marvel Comics. Diciptakan oleh sang legenda Marvel, Stan Lee, Living Tribunal pertama kali diceritakan di komik Strange Tales pada tahun 60-an sebagai sosok yang menjaga multiverse dari ketidakseimbangan kekuatan sihir yang ada di dalamnya. Jika Living Tribunal ‘merasa’ bahwa sebuah universe atau dunia dapat mengancam kestabilan multiverse, dia dapat dengan mudah menciptakan ‘kiamat’ dengan meledakan matahari atau hanya dengan menghilangkannya keberadaanya sekaligus.

Alasan mengapa Living Tribunal mempunyai wewenang yang sebesar itu adalah karena dia adalah ciptaan One-Above-All yang memang ditugaskan untuk mengawasi keseimbangan multiverse. Dan seperti yang kita tahu, One-Above-All adalah personifikasi ‘Tuhan’ di Marvel Universe. Selain kekuatannya yang sulit untuk dijelaskan, Living Tribunal juga mempunyai penampilan yang cukup abstrak, di mana dia mempunyai tiga wajah yang masing-masing mewakili kesetaraan, keharusan, dan dendam. Ketiga wajahnya tersebut harus sama-sama setuju ketika ingin menghapus sebuah universe dari keberadaan.

Menariknya, di Marvel Comics sendiri, Doctor Strange adalah superhero pertama yang mendapatkan kesempatan untuk berhadapan dengan Living Tribunal, baru setelah itu bertemu dengan para karakter kosmik lainnya seperti Beyonder, Korvac, Starhawk, Adam Warlock, Quasar, dan sebagainya. Berbeda dengan konsep varian yang diperkenalkan oleh Marvel, hanya ada satu Living Tribunal di seluruh penjuru multiverse. Walaupun begitu, dia masih tetap bisa berada di seluruh universe pada saat yang bersamaan. Pada titik ini sudah tidak diragukan lagi bahwa Living Tribunal adalah entitas yang kesaktiannya tidak terbatas.

Peran Living Tribunal di Doctor Strange 2

Jika benar yang muncul di Doctor Strange 2 adalah Living Tribunal yang sama seperti di Marvel Comics, sekarang pertanyaannya “apa alasan entitas multiverse tersebut muncul dalam petualangan baru Doctor Strange?” Sebenarnya jawabannya cukup sederhana, jika seseorang mengganggu kestabilan Multiverse Marvel, baik itu Doctor Strange, Scarlet Witch, maupun America Chavez, maka maksud dari kehadiran Living Tribunal adalah untuk mengawasi mereka atau bahkan mungkin sampai menjatuhkan hukuman kepada mereka.

Menariknya, Living Tribunal sendiri sebenarnya sudah melakukan pengawasan multiverse jauh sebelum MCU memasuki Fase 4 seperti sekarang ini. Di film Doctor Strange pertama, Living Tribunal sudah sempat menampakan dirinya kepada Strange, di mana hal tersebut disebabkan karena Dormammu dari Dark Dimension mencoba untuk menguasai Bumi. Sayangnya, adegan tersebut dihapus karena pada saat itu konsep multiverse masih terlalu dini untuk diperkenalkan. Selain itu, masih di film yang sama, Mordo juga sempat terlihat mempunyai senjata yang disebut ‘The Staff of the Living Tribunal’.

Kemudian tidak lama setelah film Avengers: Infinity War dirilis, penulis Christopher Markus dan Stephen McFeely juga sempat mengonfirmasi bahwa tadinya Strange akan hadir bersama Living Tribunal untuk menjatuhkan hukuman kepada Thanos setelah menyebabkan setengah kehidupan di universe musnah. Sampai saat ini masih belum diketahui apakah kemunculan yang dimaksud merupakan sebuah ilusi atau kenyataan. Yang jelas, diluar pengetahui kita, sebenarnya Strange sudah cukup familier dengan entias kosmik tersebut.

Berdasarkan beberapa pertemuannya tersebut, bukan tidak mungkin jika akhirnya Living Tribunal akan benar-benar terlibat dalam petualangan baru Doctor Strange kali ini, mengingat filmnya sendiri berfokus pada masalah multiverse yang memang seharusnya dijaga oleh entitas ‘maha sakti’ tersebut. Terlepas dari benar atau tidaknya teori kali ini, kemungkinan besar Living Tribunal memang akan memainkan peran penting di MCU kedapannya. Kita lihat saja nanti akan seperti apa pengaruhnya di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang akan tayang di bioskop Indonesia pada 5 Mei 2022.