Dari sekian banyak superhero yang debut di Marvel Comics pada tahun 70-an, bisa dibilang Moon Knight adalah superhero yang akhir-akhir ini namanya makin populer di kalangan penggemar. Hal itu bisa terjadi karena pada saat ini Disney bersama Marvel Studios tengah menayangkan serial live action-nya di saluran streaming Disney+. Sebagai bagian dari Fase 4 Marvel Cinematic Universe, saat ini serial Moon Knight sendiri telah memasuki minggu kelima penayangannya dengan cerita yang mengungkap masa lalu kelam Marc Spector.

Dalam salah satu adegannya, terungkap bahwa Marc secara tidak sengaja telah membuat adiknya meninggal, setelah mengajaknya ke sebuah gua yang terendam banjir. Meskipun tidak diceritakan secara detail siapa identitas asli adik Marc tersebut, ternyata di Marvel Comics nama lengkap adik kandung Marc tersebut adalah Randall Spector. Bedanya, di Marvel Comics dia tidak diceritakan mati sejak kecil, melainkan tumbuh dewasa sebagai seorang pembunuh berantai yang kemudian menjadi supervillain bernama Shadowknight. Seperti apa kisah Randall Spector di Marvel Comics, mari kita bahas lebih lanjut, Geeks!

Sangat Membenci Kakaknya

Pertama kali muncul di komik Hulk! (1979) karya Doug Moench, masa kecil Randall Spector diceritakan mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan kakaknya, yaitu Marc Spector. Namun, sering berjalannya waktu, Rand justru tumbuh sebagai remaja yang selalu iri kepada kakaknya tersebut. Itulah mengapa ketika mereka berdua dewasa dan menjadi tentara Amerika, Rand sengaja membuat Marc marah dengan mengkhianatinya dalam sebuah misi, di mana hal tersebut pada akhirnya memaksa Marc untuk melukai Rand dengan melemparkan granat kepadanya dalam sebuah pertarungan.

Alih-alih bertobat, setelah peristiwa tersebut Rand malah makin menggila dengan menjadi seorang pembunuh berantai. Beberapa bulan kemudian, saat Marc terbunuh dan dihidupkan kembali oleh Khonshu sebagai avatarnya yang bernama Moon Knight, pada saat yang bersamaan Rand juga menemukan Makan Firaun Seti. Di dalam makam tersebut, Rand menemukan sebuah gulungan Mesir kuno yang menyatakan bahwa sebenarnya ada dua Khonshu yang harus saling membunuh agar menjadi lebih sempurna, di mana itu dia terjemahkan bahwa dia harus membunuh Marc agar bisa menjadi Moon Knight.

Sejak saat itulah Rand mulai memburu kakak kandungnya tersebut, dari mulai mengambil identitas supervillain sebagai Nepthys, kemudian Hatchet-Man, sampai akhirnya menjadi Shadowknight yang jauh lebih tangguh dan brutal. Ketika menjadi Shadowknight inilah dia mulai menjadi ancaman yang serius bagi Marc sebagai Moon Knight. Shadowknight tidak segan-segan menyerang kekasih Moon Knight bernama Marlene yang pada saat itu sedang hamil. Dan pada titik inilah Moon Knight hilang kesabaran dengan mengejarnya dan memenggal Shadowknight menggunakan senjata Sapphire Crescent.

Tekadnya Membuat Sulit Mati

Ketika memulai perjalanannya sebagai seorang pembunuh berantai, Rand memutuskan untuk menggunakan topeng halloween dan juga kapak ketika beraksi. Dan kemudian setelah menemukan identitas baru sebagai Shadowknight, barulah dia mengembangkan sebuah kostum penuh yang sulit ditembus, baik oleh senjata fisik maupun sihir. Meskipun dia mempunyai tubuh seorang manusia biasa, tetapi tekadnya telah membuat Shadowknight sangat sulit untuk mati. Sebelum dibunuh menggunakan Sapphire Crescent, dia selalu berhasil kembali untuk membalas dendam kepada Moon Knight.

Salah satu rahasia mengapa dia seakan-akan bisa hidup kembali adalah karena sihir ‘lunar treatment’ yang dia dapatkan dari dewi Mesir kuno bernama Nepthys. Itulah mengapa, selain bisa cepat pulih dari setiap lukanya, Shadowknight juga dikenal sebagai supervillain yang mempunyai kekuatan dan daya tahan tubuh super. Dengan berbagai kekuatan super yang dimilikinya ini, ditambah lagi dengan keahliannya dalam pertarungan jarak dekat, Shadowknight hampir selalu berhasil mengimbangi Moon Knight yang pada dasarnya adalah avatar dari Dewa Bulan Khonshu.

Karena kemunculan Shadowknight di Marvel Comics masih belum begitu banyak, tidak dijelaskan apa sebenarnya yang menjadi kelemahan Shadowknight, bahkan sampai dirinya diperlihatkan tewas di tangan kakaknya sendiri, yaitu Moon Knight. Apakah kisah Marvel Comics ini akan diadaptasi juga di MCU? Kemungkinan besar hal tersebut tidak akan terjadi di MCU, karena adik Marc sudah diceritakan tewas sejak mereka berdua masih kecil. Namun, siapa yang tahu ya, Geeks. Jangan lewatkan episode terakhir serial Moon Knight yang akan tayang pada hari Rabu depan hanya di Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.