Tidak lama setelah Disney mendapatkan sebagian besar hak atas karakter Marvel pada tahun 2000-an, mereka bersama Marvel Studios langsung memutuskan untuk mendirikan sebuah jagat sinematik Marvel yang disebut Marvel Cinematic Universe. Di mulai dengan film Iron Man yang dirilis pada tahun 2008 silam, sampai saat ini Disney tercatat telah merilis 27 film dan 6 serial Marvel, yang semuanya terintegrasi dengan MCU dan juga sebagian besar tayangan Marvel selanjutnya, baik di bioskop maupun di Disney+.

Saat berita ini dirilis, Disney sendiri tengah menayangkan serial keenamnya yang berjudul Moon Knight di saluran streaming Disney+. Selain itu, sebentar lagi mereka juga akan merilis film Doctor Strange 2 yang digadang-gadang akan memperkenalkan Multiverse Marvel yang sebenarnya, setelah sebelumnya sempat disinggung di serial Loki, What If…?, dan juga film Spider-Man: No Way Home, yang bekerja sama dengan Sony Pictures selaku pemegang hak atas karakter Spider-Man. Tema multiverse inilah yang nantinya akan menjadi salah satu bumbu utama untuk berbagai fase MCU selanjutnya.

Baru-baru ini, dalam acara CinemaCon 2022 yang berlangsung di Las Vegas, Disney baru saja mengumumkan jadwal rilis untuk berbagai film Marvel selanjutnya, khususnya yang direncanakan untuk tayang pada tahun 2022 dan juga 2023. Dilansir dari ComicBook.com, berikut jadwal rilis global untuk enam film Marvel yang akan datang. Doctor Strange in the Multiverse of Madness (6 Mei 2022), Thor: Love and Thunder (8 Juli 2022), Black Panther: Wakanda Forever (11 Nov 2022), The Marvels (17 Februari 2023), Guardians of the Galaxy Vol. 3 (5 Mei 2023), dan Ant-Man and The Wasp: Quantumania (28 July 2023).

Perlu dicatat bahwa jadwal rilis enam film Marvel ini berlaku untuk perilisan global, khususnya yang mengacu pada jadwal rilis di Amerika. Untuk negara-negara Asia sendiri biasanya akan mendapatkan jadwal rilis yang lebih cepat. Misalnya film Doctor Strange 2 alias Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang akan dirilis lebih cepat satu hari di seluruh bioskop Indonesia, yaitu mulai tanggal 5 Mei besok.

Menjelang perilisan filmnya, Doctor Strange 2 kabarnya akan menghadirkan banyak sekali cameo kejutan di filmnya, serta peristiwa multiverse yang kemungkinan akan berimbas pada Marvel secara keseluruhan. Selain dijanjikan akan menjadi film Marvel yang paling mengerikan, sebelum filmnya diputar di bioskop Disney juga akan menayangkan terlebih dahulu trailer dari sekuel Avatar yang berjudul Avatar: The Way of Water. Itulah mengapa ada banyak sekali alasan untuk tidak melewatkan film Doctor Strange 2 di bioskop nanti.