Amado merupakan karakter villain yang sangat menarik dan juga luar biasa yang diperkenalkan dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Amado sendiri merupakan ilmuwan yang dimiliki oleh organisasi Kara, organisasi jahat yang muncul dalam serinya yang kini sedang berada di Konoha karena dia meminta bantuan untuk bisa mengalahkan Isshiki Otsutsuki.

Amado juga dikenal sebagai ilmuwan yang cerdas, bahkan bisa dianggap dia adalah ilmuwan yang paling cerdas di seri Boruto. Kecerdasan yang dia miliki sudah menghasilkan banyak senjata ninja mengerikan yang digunakan dalam pertarungan. Bahkan, bukan hanya senjata. Amado juga menciptakan cyborg yang mirip dengan manusia untuk kemudian menjadi anggota dari Kara.

Beberapa diantaranya adalah Boro, Delta, Code, Ao, Eida, dan masih banyak lainnya. Semuanya dibuat oleh Amado. Banyak fans yang kemudian memunculkan teori mengenai sosok Amado yang misterius, salah satunya adalah apakah sebenarnya Amado seorang Otsutsuki atau memiliki kekuatan Otsutsuki.

Banyak fans yang masih belum paham atau tidak mengerti bagaimana caranya Amado mampu memberikan kemampuan yang luar biasa kepada cyborg ciptaanya. Contohnya bagaimana caranya Amado mampu memberikan kemampuan Eida untuk bisa melihat ke masa lalu atau masa sekarang. Namun, berbicara mengenai kekuatan Amado, terdapat juga sebuah kemampuan lainnya dari sosok ilmuwan tersebut.

Terdapat sebuah teori yang cukup menarik yang dihadirkan oleh seorang fan bernama @Hidden_Leif di mana dijelaskan bahwa kekuatan Amado yang sebenarnya bukanlah kecerdasan yang dia miliki, melainkan pengendalian atau kendali. Bagaimana cara Amado untuk melakukan hal tersebut bisa dibilang sangat gila.

Meskipun begitu, ada banyak petunjuk yang mendukung teorinya seperti yang dijabarkan oleh sang pembuat teori. Pertama, saat Amado berada di ruang interogasi bersama Sasuke, Shikamaru, dan Naruto mereka sempat membahas mengenai sosok Isshiki yang mengendalikan tubuh Jigen menggunakan teknik Sukunahikona dan kemudian masuk melalui telinga Jigen.

Sebelum Amado menjelaskan mengenai hal tersebut, dia sempat tertawa yang mana membuat Shikamaru marah. Amado kemudian menjelaskan bahwa hal tersebut adalah sebuah “kesalahpahaman.” Namun, menurut teorinya sebenarnya yang ada dalam pikiran Amado adalah dia hendak melakukan hal yang sama kepada semua orang di ruangan tersebut – yaitu mengendalikan mereka.

Bukti lainnya adalah ketika kapal tanpa awak (drone) milik Delta kembali ke markas Kara, dalam salah satu panel nampak Amado sedang melakukan riset di komputernya. Dia sedang melakukan riset tentang tubuh manusia. Dan jika Geeks perhatikan dengan seksama, Jigen pun sedang meneliti tentang telinga.

Ketika Kashin Koji tiba untuk membunuh Jigen, Amado sempat mengatakan bahwa dia berhasil memiliki sebuah senjata rahasia berkat data yang dikumpulkan. Sebelumnya, Kashin Koji sempat menjadi incaran dari tim Ino-Shika-Cho di mana mereka mengejar anggota Kara tersebut. Yang menarik adalah sebelum mereka mengejar Kashin Koji, Kakashi sempat memberikan earpiece kepada ketiga shinobi muda itu.

Koji kemudian mengatakan bahwa data yang sudah dikumpulkan tersebut tidak ada kaitannya dengan tujuan utama Amado. Lalu, apa maksudnya? Ternyata informasi tersebut membantu Kashin Koji dan Amado menemukan di mana keberadaan tim Ino-Shika-Cho. Ketiga shinobi tersebut berlatih di luar karena mereka kesal, mereka tidak mampu menangkap Kashin Koji sehari sebelumnya.

Ketika Amado tiba dan bertemu dengan tim tersebut, Amado kemudian nampak memukul Shikadai dengan menyuntikan sesuatu ke dalam telingannya. Amado menjelaskan bahwa itu hanyalah obat biasa, yang mana rasanya mustahil bahwa itu hanyalah sebuah obat biasa. Sebenarnya, menculik atau menjadikan Shikadai sebagai sandera bukanlah bagian dari rencana utama Amado.

Namun, hal tersebut bisa dipastikan akan membuat Shikamaru lengah dan kehilangan ketenangannya, yang mana hal tersebut terbukti. Kemudian ada kejadian menarik lainnya ketika Kawaki masuk ke ruangan di mana Amado berada. Amado mengatakan bahwa dia senang Kawaki ada di sana. Dia ingin melihat sesuatu dengan mata kepalanya sendiri.

Amado dianggap sudah mengetahui bahwa Karma milik Kawaki akan menghilang. Sehingga, dia harus memeriksa sesuatu dari tubuh Kawaki. Ketika Karma di tubuh Kawaki menghilang akibat Jigen tewas oleh Kashin Koji, nampak muncul partikel-partikel kecil yang melayang di udara. Amado sendiri nampak memperhatikan momen tersebut dengan seksama.

Menurut teorinya, Amado mungkin menggunakan mata modifikasinya sebagai sebuah mikroskop untuk meneliti fenomena tersebut. Yang menarik juga adalah di chapter sebelumnya, Katasuke sempat mengatakan kepada Kawaki bahwa darah dari Kawaki dipenuhi oleh partikel nano (nanomachines). Hal ini seolah mengonfirmasi bahwa seluruh badan Kawaki adalah alat.

Jika kemudian di dalam tubuh Kawaki terdapat sebuah “alat” untuk mengendalikan Kawaki (entah virus, partikel nano, dsb) bisa saja virus tersebut menyebar dan “menginfeksi” yang lain. Jika Geeks perhatikan, semenjak saat itu semua orang di Konoha sepertinya perlahan mulai percaya terhadap Amado – meskipun masih ada sedikit rasa curiga terhadapnya.

Shikamaru secara mengejutkan tidak memiliki rencana untuk menghadapi Isshiki, saat dia muncul di Konoha. Ini dianggap sebagai pertanda pertama bagaimana Amado mulai mengendalikan semuanya. Bagaimana Kawaki terus menerus mendengar suara Amado yang membuat Kawaki frustasi juga bisa menjadi petunjuk bahwa Amado seolah sedang mengendalikannya.

Dari sekian banyak orang yang berhasil “dikendalikan” oleh Amado, Sasuke menjadi satu-satunya yang berhasil lolos dari hal tersebut. Sasuke menyadari bahwa ada sesuatu yang aneh terjadi. Sasuke sendiri melihat shinobi Konoha melakukan tugas yang sia-sia untuk memantau bekas Claw Marks Code yang menurut Sasuke itu adalah pengalih perhatian.

Mengapa kemudian Sasuke bisa tahan terhadap kendali Amado? Kemungkinan Sasuke sudah memiliki daya tahan terhadap kendali berkat masa lalunya bersama Orochimaru. Jika kemudian Amado memang berhasil mengendalikan semua orang, hanya tinggal masalah waktu bagi Amado untuk kemudian membawa Kawaki keluar dari desa Konoha.

Jadi, kesimpulannya, Amado menggunakan semacam alat mikroskopik ninja untuk mengendalikan orang-orang melalui telinga mereka. Konsepnya mirip seperti Isshiki yang mengendalikan Jigen melalui telinga. Masih belum diketahui siapa saja karakter atau sosok yang sudah berhasil dikendalikan oleh Amado selain para shinobi Konoha. Yang pasti Amado diyakini sebagai kriminal terbesar dan villain utama dari serinya, mirip seperti sosok Zetsu Hitam yang mengendalikan berbagai kejadian yang ada di seri Naruto.