Dalam seri One Piece pedang menjadi salah satu senjata yang lumrah digunakan oleh para karakter. Mulai dari bajak laut, bandit gunung, bahkan angkatan laut dan juga Pemerintah Dunia menggunakan pedang sebagai senjata mereka. Monkey D. Luffy, yang merupakan protagonis utama dalam serinya, juga diperlihatkan memiliki pedang dalam arc Wano Country ini.

Yang menarik adalah dalam cerita One Piece pedang memiliki klasifikasinya sendiri, mulai dari yang level rendah sampai yang level tinggi. Masing-masing kategori juga menentukan seberapa kuat dan tangguh pedang tersebut. Ada kurang lebih tiga klasifikasi/kategori pedang dalam cerita One Piece yaitu Meito, Yoto, dan Kokuto. Meito sendiri bisa diartikan sebagai pedang yang populer.

Pedang Meito adalah pedang yang sudah sangat dikenal oleh banyak orang. Mereka akan tahu pedang tersebut hanya dengan melihatnya. Kedua, Kokuto yang bisa diartikan sebagai pedang hitam. Pedang Kokuto adalah pedang yang memiliki koneksi kuat dengan penggunanya. Menurut Tenguyama, si pengguna harus memiliki koneksi yang mendalam (juga dilapisi Haki) sehingga pedang tersebut berubah warna menjadi hitam.

Terakhir adalah Yoto yang bisa diartikan sebagai pedang kutukan. Pedang Yoto biasanya memiliki sebuah kutukan yang akan dirasakan oleh para pengguna pedangnya. Namun, hal tersebut bisa dihindari jika keberuntungan si pengguna lebih unggul atau memiliki tekad yang lebih besar. Selain tiga klasifikasi di atas, ada juga tiga sub klasifikasi lain yang menentukan grade atau tingkat kesempurnaan pedangnya.

Misalnya Saijo O Wazamono atau yang bisa diartikan sebagai pedang dengan kualitas supreme atau sempurna. Ada kurang lebih 12 pedang yang sampai sejauh ini diketahui masuk dalam klasifikasi ini. Contohnya adalah Yoru yang merupakan pedang milik Dracule Mihawk atau Shodai Kitetsu dan juga Mura Kumogiri milik Whitebeard.

Kemudian, grade selanjutnya adalah O Wazamono atau yang bisa diartikan sebagai pedang dengan kualitas baik. Kualitas dari pedang ini satu tingkat di bawah dari kualitas sempurna. Ada kurang lebih 21 pedang yang sampai sejauh ini diketahui masuk dalam klasifikasi ini. Contohnya adalah Wado Ichimonji dan Shusui yang ada di tangan Roronoa Zoro.

Terakhir, Ryu Wazamono atau yang bisa diartikan sebagai pedang dengan kualitas menengah. Pedang ini memiliki kekuatan satu tingkat di atas pedang normal, namun satu tingkat di bawah kualitas baik. Ada kurang lebih 50 pedang yang sampai sejauh ini diketahui masuk dalam klasifikasi ini, seperti pedang Yubashiri yang pernah dimiliki oleh Zoro atau dua pedang milik Tashigi.

Sebagian besar pedang yang dihadirkan dalam ceritanya masuk dalam salah satu klasifikasi tersebut. Namun, ternyata masih ada juga beberapa pedang lainnya yang masih belum diketahui masuk ke dalam grade mana. Pedang-pedang tersebut adalah pedang Pretzel milik Charlotte Cracker, Raiu pedang milik Shiryu, Shirauo pedang milik Charlotte Amande, Durandal pedang milik Cavendish, dan terakhir adalah Oto dan Kogarashi pedang milik Shiki the Golden Lion.

Melihat bagaimana ketangguhan dari pedang-pedang tersebut, kemungkinan besar sebagian masuk dalam grade O Wazamono dan sebagian lainnya masuk dalam kategori Saijo O Wazamono. Pedang Raiu, Pretzel, Shirauo, dan Durandal mungkin masuk dalam kategori grade O Wazamono seperti halnya Shusui dan Wado Ichimonji. Namun, Oto dan Kogarashi milik Shiki mungkin masuk dalam kategori Saijo O Wazamono mengingat kedua pedangnya adalah pedang legendaris. Namun, semua ini tentunya masih sekedar spekulasi dan butuh konfirmasi selanjutnya dari Oda Sensei terkait hal ini.