Fast & Furious adalah salah satu waralaba film aksi yang selalu dinantikan oleh para penggemar. Berkat kesuksesan film kesembilannya yang berjudul F9, Universal selaku perusahaan film yang menaungi waralabanya telah memberikan lampu hijau kepada sutradara Justin Lin untuk melanjutkan Fast & Furious dengan film kesepuluh dan kesebelasnya. Kedua film yang digadang-gadang akan menjadi film terakhir dari waralabanya tersebut, rencananya akan diproduksi secara back-to-back alias bersamaan.

Justin Lin sendiri adalah sutradara yang paling banyak menggarap film-film Fast & Furious. Setelah terlibat sebagai sutradara dalam film ketiga yang berjudul The Fast and the Furious: Tokyo Drift, Lin terus melanjutkan waralabanya dengan berbagai sekuel selanjutnya, termasuk Fast & Furious 4, Fast Five, dan Fast & Furious 6. Setelah absen di dua film selanjutnya, Lin akhirnya kembali mengarahkan film terbarunya yang berjudul F9.

Dan sekarang, sebuah kabar kurang mengenakan baru saja dilaporkan oleh ComicBook.com, yang mengungkap bahwa sutradara Justin Lin memutuskan untuk mundur dari kursi sutradara film kesepuluh Fast & Furious alias Fast X. Dalam pernyataan terbarunya, Lin mengatakan “Dengan dukungan dari Universal, saya harus mengambil keputusan yang sulit untuk mundur sebagai sutradara Fast X. Walaupun begitu, saya tetap terlibat dalam proyeknya sebagai produser.”

Dalam pernyataan terbarunya tersebut, Lin juga menambahkan bahwa dia sangat bersyukur telah terlibat dalam waralaba Fast & Furious selama lebih dari sepuluh tahun. “Selama lebih dari 10 tahun dengan lima film, kami telah berhasil mengambil adegan dari para aktor, aksi, serta kejar-kejaran mobil terbaik,” tambah Lin. “Sebagai seorang anak imigran dari Asia, saya sangat bangga bisa membawa keberagaman dalam sejarah film. Saya akan selamanya berterima kasih kepada para jajaran pemeran, kru, dan studio atas dukungan dan sambutan mereka kepada saya sebagai keluarga Fast & Furious.”

Sejauh ini masih belum diketahui mengapa Lin memilih hengkang dari film Fast X yang baru saja memulai produksinya ini. Apa pun itu, kita doakan saja semoga semuanya mendapatkan yang terbaik, baik Lin maupun film Fast X. Sampai saat ini Universal sendiri masih belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan Lin untuk menyutradarai filmnya. Jika mundurnya Lin ini tidak berimbas pada produksinya, kemungkinan besar film Fast X akan tetap dirilis pada 19 Mei 2023 mendatang.