Dalam seri manga Boruto: Naruto Next Generation, para fans sudah sering kali mencoba untuk menebak dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan situasi pada masa yang akan datang di Konoha. Seperti yang Geeks ketahui, di awal serinya diperlihatkan bagaimana Kawaki dan Boruto dewasa saling bertarung satu sama lain. Konoha sendiri diperlihatkan sudah hancur lebur dan rata dengan tanah.

Dalam momen tersebut, para fans sendiri banyak yang berasumsi bahwa Kawaki adalah orang yang sudah menghancurkan Konoha dan juga sosok yang sudah membunuh Naruto. Melihat bagaimana Kawaki sebelumnya, saat dia berada di bawah kendali Isshiki dan Kara, kejadian pada masa yang akan datang tersebut mungkin dirasa masuk akal.

Tetapi, pada kenyataanya sekarang Kawaki sudah berubah. Kawaki bukan hanya berhasil berubah menjadi lebih baik, namun juga dia sekarang sudah dianggap sebagai anak sendiri oleh Naruto. Kawaki pun bahkan menganggap Naruto sebagai figur ayah yang selama ini tidak pernah ada dalam hidupnya. Di sisi lain, hubungannya dengan Boruto pun seperti layaknya seorang saudara.

Jadi, apa yang kemudian menjadi pemicu pertarungan antara Kawaki dan Boruto yang membuat Konoha menjadi hancur berantakan? Mungkin hal ini ada kaitannya dengan Otsutsuki yang ada di dalam tubuh Boruto, dengan kata lain pertarungan tersebut disebabkan oleh sosok Momoshiki Otsutsuki. Bagaimana kemudian Momoshiki menjadi pemicu dari hal tersebut?

Seperti yang dihadirkan dalam chapter sebelumnya, Momoshiki mengatakan bahwa proses Otsutsukifikasi dari sosok Boruto sudah mencapai 82% dan dia terpaksa menggunakan sisa prosesnya untuk menghidupkan kembali sosok Boruto yang sudah terluka parah akibat diserang oleh Kawaki. Momoshiki mengatakan bahwa meskipun proses Otsutsukifikasinya terhenti, namun karena sudah di atas 80% maka Boruto sudah resmi menjadi sosok Otsutsuki baru.

Selain itu, Momoshiki juga mengatakan bahwa karena proses Otsutsukifikasinya terhenti maka dia pun tidak akan bisa bereinkarnasi di tubuh Boruto. Namun, terdapat sebuah spekulasi di kalangan fans di mana disebutkan bahwa bisa jadi apa yang diungkapkan oleh Momoshiki tersebut adalah sebuah kebohongan. Momoshiki mungkin tidak bisa bereinkarnasi kembali di tubuh Boruto, namun dia masih bisa tetap mengendalikan Boruto.

Boruto sendiri mengatakan di chapter 68 kemarin bahwa dia sudah bisa mengendalikan kekuatan Karma Momoshiki dengan lebih baik. Artinya, tidak menutup kemungkinan bahwa Momoshiki kembali dan akan mampu mengendalikan Boruto terlepas dari Boruto kini sudah mampu mengendalikan kekuatan Karma tersebut dengan lebih baik. Di sisi lain, dalam chapter 67 tidak disebutkan bahwa Momoshiki tewas.

Yang dia katakan adalah dia tidak bisa lagi bereinkarnasi di tubuh Boruto, tetapi bukan berarti dia tewas. Secara teknis, artinya Momoshiki masih tetap ada di tubuh Boruto yang membuka peluang Momoshiki kembali dan akan mampu mengendalikan Boruto. Dan bisa jadi inilah yang mungkin kemudian menjadi pemicu pertarungan antara Kawaki dan Boruto pada masa yang akan datang, yang membuat seluruh Konoha hancur lebur.

Kemungkinan skenario yang terjadi pada momen tersebut adalah Boruto, yang dikendalikan oleh Momoshiki, berhasil menghancurkan semua wilayah yang ada termasuk Konoha. Kawaki sendiri berusaha untuk menghentikan apa yang dilakukan oleh Boruto, karena dia rela melakukan apa pun untuk bisa melindungi Naruto dan juga Konoha – termasuk menghadapi “saudaranya” sendiri yaitu Boruto. Jika hal tersebut memang benar terjadi tentunya itu akan menjadi sebuah ironi besar. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.