Multiverse Marvel adalah sebuah konsep multi universe komik yang pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 70-an melalui komik The Avengers karya Stan Lee dan Jack Kirby. Selama itu juga Multiverse Marvel telah melahirkan ribuan dunia, di mana di dalamnya ada banyak sekali inkarnasi dari para superhero populer. Meskipun kebanyakan dari mereka mempunyai beberapa kemiripan dengan versi utama di Earth-616, tetapi tidak sedikit juga di antaranya yang justru terlihat nyeleneh. Bukan hanya dari segi desainnya saja, tetapi kisah latar belakangnya juga. Berikut 5 varian superhero paling aneh di Multiverse Marvel!

Iron Hammer

Dalam peristiwa Infinity Wars #3, Gamora pernah diceritakan secara tidak sengaja menciptakan sebuah pocket dimension yang disebut Warp World. Di dalam dimensi tersebut nama, latar belakang, dan karakter Tony Stark alias Iron Man diceritakan bergabung dengan Thor Odinson dan menjadi sosok baru bernama Stark Odinson alias Iron Hammer. Karakter ini terlihat mengenakan armor Asgardian berwarna merah dan biru, serta mempunyai palu saktinya sendiri yang disebut Mjolniron. Hal aneh dari superhero bernama Iron Hammer ini justru telah melahirkan sosok populer yang tidak kalah keren dari versi utamanya.

Croctor Strange

Di Multiverse Marvel sendiri ada sebuah universe nyeleneh yang disebut Larval Earth alias Earth-8311, di mana di universe alternatif ini semua karakter Marvel digambarkan sebagai binatang. Meskipun semua karakter di Larval Earth bisa dibilang aneh, tetapi tidak ada yang lebih menarik dari Croctor Strange, yaitu Doctor Strange versi buaya yang terlihat elegan dengan kumis tipisnya. Walaupun mempunyai tampilan reptilia, Croctor Strange tetap tidak bisa dianggap remeh, karena dia adalah seorang ahli sihir Mystic Art, anggota Unhumanati (varian Illuminati), sekaligus Sorcerer Supreme di semestanya.

Scarlet Warlock

Selain Strange, penyihir lain yang mempunyai varian aneh di multiverse adalah Wanda Maximoff alias Scarlet Witch. Dikenal sebagai Scarlet Warlock yang berasal dari Earth-127, varian ini mempunyai penampilan yang sangat mirip seperti Scarlet Witch, di mana dia terlihat mengenakan bondu dan kostum merah yang sangat terbuka. Bedanya, Scarlet Warlock adalah seorang pria berotot yang merupakan gabungan dari empat karakter sekaligus, yaitu Wolverine, Mesmero, Quicksilver, dan Magneto. Itulah mengapa dia mempunyai kemampuan yang konon jauh lebih hebat dari Scarlet Witch.

Spider-Punk

Jika Peter Parker adalah remaja kulit putih dan Miles Morales adalah remaja kulit hitam yang menjadi Spider-Man dengan caranya masing-masing, di Earth-138 ada seorang pria kulit hitam bernama Hobart Brown yang menjadi manusia laba-laba dan mengadaptasi nama ‘Spider-Punk’. Dijuluki sebagai Spider-Man yang anarkis, Spider-Punk mempunyai penampilan dan juga cara berpikir yang sangat liar. Alih-alih mengandalkan jaringnya ketika beraksi, dia justu mempunyai senjata andalannya sendiri yang pada dasarnya adalah sebuah gitar listrik. Penampilan aneh sekaligus sangarnya tersebut terlahir karena Norman Osborn adalah penguasa di semestanya, dan mau tidak mau Spider-Punk harus melawan.

Golden Oldie

Bukan hanya Spider-Man saja yang mempunyai varian aneh, ternyata Bibi May juga tidak luput dari anomali multiverse tersebut. Di Earth-8417, alih-alih menjadi bibi Peter Parker alias Spider-Man yang tua renta dan tidak berdaya, Bibi May yang mempunyai nama asli Maybelle Parker ini justru diceritakan menjadi herald Galactus seperti Silver Surfer di Earth-616. Namun, setelah Galactus menemukan makhluk humanoid berbentuk adonan donat bernama Dough Boy, May alias Golden Oldie dipersilakan untuk pulang ke Bumi, lengkap dengan semua kekuatan kosmiknya sebagai mantan herald Galactus.

Kelima varian aneh dari universe alternatif ini membuktikan bahwa ada kemungkinan yang tidak terbatas bagi seorang karakter di Multiverse Marvel, dari mulai latar belakang yang sama sekali berbeda, sampai jenis kelamin yang ternyata tidak selalu sama. Itulah lima varian aneh dari superhero Marvel yang tersebar di Multiverse Marvel. Dari kelima varian ini, mana yang menurut kalian paling keren, Geeks?