Guardians of the Galaxy adalah tim superhero galaksi yang pertama kali diperkenalkan oleh Marvel Comics pada tahun 2008. Sejak saat itu, tim Guardians yang dipimpin oleh Star-Lord ini kemudian makin berkembang dengan para anggota tambahan yang berasal dari seluruh penjuru galaksi, dari mulai manusia super sampai alien super. Hal yang sama juga diadaptasi oleh tim Guardians versi Marvel Cinematic Universe, di mana para anggotanya terdiri dari campuran antara manusia, alien, tumbuhan, dan hewan super.

Sejak pertama kali Guardians dihidupkan oleh sutradara James Gunn melalui film Guardians of the Galaxy (2014), banyak sekali penggemar setia MCU yang langsung menjadikan tim superhero ini sebagai favorit mereka. Di mulai dengan para anggota yang terdiri dari Star-Lord, Gamora, Drax the Destroyer, Rocket Racoon, dan Groot, tim favorit penggemar ini terus berkembang dengan anggota tambahan yang bergabung di GOTG 2 (2017), seperti Mantis, Nebula, dan Yondu Udonta. Setelah Yondu tewas kemungkinan besar Kraglin menggantikannya sebagai sekutu Guardians di GOTG 3 mendatang.

Menariknya, dalam sebuah postingan terbaru Gunn di Instagram pribadinya, dia terlihat mendapatkan sebuah merchandise dari tayangan The Guardians of the Galaxy Holiday Special, yang dimaksudkan untuk tayang lebih dahulu sebelum GOTG 3. Pada salah satu merchandise berbentuk telur tersebut terlihat wajah anjing ‘Cosmo the Space Dog’ yang kemungkinan besar akan memainkan peran penting di tayangan spesialnya. Siapa sebenarnya anjing lucu tersebut? Menariknya, di Marvel Comics sendiri, Cosmo adalah salah satu anggota Guardians yang dipimpin oleh Star-Lord.

Diciptakan oleh Andy Lanning dan Dan Abnett, Cosmo adalah anjing genius yang pertama kali muncul di komik Nova Vol. 4 #8 (2007) sebagai anjing percobaan dari Soviet Space Program alias CCCP (Союз Советских Социалистических Республик) yang dikirim ke luar orbit Bumi pada tahun 1960. Alih-alih hanya mengudara di sekitar Bumi, pesawat ruang angkasa Cosmo malah terombang-ambing sampai ke Knowhere, di mana mutasi luar angkasa yang dialami Cosmo justru mengubahnya menjadi anjing super. Di Knowhere sendiri, Cosmo kemudian menjadi anjing penjaga dan akhirnya bertemu dengan Nova.

Kemampuan super utama Cosmo sendiri meliputi telekinesis dan telepati, yang bisa bercabang menjadi kemampuan psionik, di mana dia bisa menembakan proyektil energi untuk membuat orang lain pingsan. Selain bisa menggerakan barang dan menghilang menggunakan energi telekinesisnya, telepati Cosmo juga memungkinkan dia untuk masuk ke dalam pikiran orang lain untuk berkomunikasi. Berkat kekuatannya tersebut, pada akhirnya dia direkrut oleh Guardians saat Nova menyarankan kepada tim super galaksi tersebut untuk bermarkas di Knowhere yang merupakan tempat tinggal Cosmo.

Dengan bocoran merchandise terbaru Guardians of the Galaxy yang dibagikan oleh Gunn, kemungkinan Cosmo akan menjadi anggota baru Guardians seperti di Marvel Comics. Tayangan The Guardians of the Galaxy Holiday Special sendiri mungkin dimaksudkan untuk menceritakan proses perekrutan Cosmo oleh Star-Lord dan kawan-kawan, agar anjing lucu ini bisa lebih dikenal sebelum kemunculannya di GOTG 3 pada tahun 2023 mendatang. Dan sepertinya akan lebih menarik lagi jika kehadiran Cosmo nanti pada akhirnya menjadi gerbang untuk memperkenalkan superhero Nova, yang merupakan sahabat terdekatnya.

Mengingat Gunn sendiri sempat menyatakan bahwa film GOTG 3 mendatang adalah film terakhir Guardians-nya, bukan tidak mungkin bahwa kehadiran Cosmo yang sebenarnya dimaksudkan untuk memperkenalkan Nova, yang baru saja dikonfirmasi akan mendapatkan film solonya sendiri di MCU. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Itulah pembahasan mengenai Cosmo the Space Dog yang kemungkinan akan menjadi anggota Guardians di tayangan The Guardians of the Galaxy Holiday Special, yang dijadwalkan untuk tayang pada bulan Desember 2022 di saluran streaming Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.