Film Doctor Strange 2, atau yang berjudul resmi Doctor Strange in the Multiverse of Madness, merupakan tayangan MCU mendatang yang digadang-gadang akan mengekplorasi lebih jauh tentang Multiverse Marvel. Film yang digarap oleh Sam Raimi ini akan kabarnya akan menghadirkan banyak sekali cameo, termasuk kemunculan para karakter Marvel dari waralaba lama, X-Men dan Fantastic Four. Kemunculan mereka ini nantinya diharapkan akan melengkapi tim Illuminati versi Marvel Cinematic Universe.

Setelah tidak sengaja membuka portal multiverse di film Spider-Man: No Way Home, Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) kemungkinan besar akan menghadapi masalah multiverse yang jauh lebih berbahaya lagi di film solo keduanya nanti. Dan berdasarkan apa yang terlihat di trailer Doctor Strange 2, nantinya dia akan meminta bantuan kepada Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) dan juga para superhero lain yang mengenal multiverse, seperti America Chavez (Xochitl Gomez). Dan pada suatu titik di filmnya nanti, Strange juga dipastikan akan bertemu dengan para penjaga multiverse, Illuminati.

Pada bulan Maret lalu, majalah film Empire telah mengonfirmasi bahwa kelompok rahasia Illuminati akan muncul di Doctor Strange 2. Dan karena Illuminati Versi MCU Kemungkinan Akan Menjadi Penjaga Multiverse, mungkin para anggotanya juga akan diambil dari para varian yang paling mengenal multiverse. Jika benar seperti itu kriterianya, bukan tidak mungkin varian jahat Reed Richards alias Mister Fantastic dari Fantastic Four akan menjadi bagian dari Illuminati MCU. Di Marvel Comicsnya varian jahat Mister Fantastic yang dikenal sebagai ‘The Maker’ memang terbukti sangat mengenal Multiverse Marvel.

The Maker awalnya adalah varian Mister Fantastic yang pertama kali muncul di komik Ultimate Fantastic Four #1 (2004). Setelah mengalami tragedi yang bertubi-tubi, termasuk melihat orang yang sangat disukainya menikahi orang lain, Mister Fantastic pada akhirnya berubah menjadi sosok supervillain multiverse bernama The Maker yang ingin mencari universe ideal baginya. Premis yang sama mungkin akan menjadi motivasinya juga di film Doctor Strange 2, di mana dia akan menjadi salah satu anggota penting Illuminati sambil mencari universe yang menurutnya paling ideal untuk dia tempati.

Sebelumnya sempat dipastikan bahwa karakter Charles Xavier alias Professor X di Illuminati MCU akan kembali dihidupkan oleh Patrick Stewart yang sebelumnya membintangi waralaba X-Men. Itu artinya, ada kemungkinan juga bahwa Mister Fantastic yang kali ini kita teorikan sebagai The Maker, akan kembali diperankan oleh aktor Ioan Gruffudd yang sebelumnya membintangi film Fantastic Four (2005) dan Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer (2007). Kembalinya Gruffudd ini sepertinya akan bisa menghidupkan karakter jahat dari The Maker dengan sangat baik.

Dengan motivasinya yang ingin mencari universe ideal untuk dia kuasai, kehadiran The Maker di MCU mungkin tidak akan langsung menjadi supervillain multiverse, melainkan sebagai sosok yang akan menghalangi jalan Doctor Strange pada suatu titik. Kemunculannya di Doctor Strange 2 nanti mungkin awalnya akan diperlihatkan sebagai sosok Mister Fantastic Lama, barulah menjelang akhir film, dia akan terlihat menggunakan topeng The Maker yang menjadi ciri khasnya, sebagai pertanda bahwa dia telah siap menjadi supervillain selanjutnya di berbagai proyek MCU yang akan datang.

Itulah pembahasan mengenai potensi kemunculan varian jahat Mister Fantastic alias The Maker di film Doctor Strange 2 mendatang. Kehadiran The Maker ini dapat menjadi ‘gimmick’ yang menyenangkan bagi para penggemar, karena hanya dengan begitu, Marvel bisa menghadirkan supervillain tangguh sekaligus mempertahankan aktor lama seperti Gruffudd. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kebenarannya akan segera terungkap, saat film Doctor Strange in the Multiverse of Madness tayang pada 5 Mei 2022 besok.