Klan Otsutsuki merupakan salah satu klan misterius yang muncul dalam franchise Naruto. Sampai sejauh ini, masih belum banyak informasi yang diketahui mengenai klan ini selain beberapa informasi penting yang dihadirkan dalam ceritanya. Misalnya, klan Otsutsuki merupakan klan yang berasal dari planet lain yang sangat jauh. Kemudian mereka adalah klan yang sering menghancurkan berbagai planet.

Klan Otsutsuki juga bisa dibilang merupakan klan terkuat di sepanjang serinya. Masih belum diketahui berapa jumlah pasti dari seluruh anggota klan ini. Namun, tidak semua dari anggota klan Otsutsuki tersebut menjadi karakter yang populer. Salah satunya adalah Kanna Otsutsuki. Mungkin tidak semua orang mengenal atau mengetahui sosok ini.

Siapa Kanna Otsutsuki

Kanna Otsutsuki pada awalnya hanyalah seorang gadis biasa. Dia tinggal di sebuah desa yang damai dan indah, di mana desanya meminta bantuan kepada sosok Asura Otsutsuki. Desa tempat Kanna tinggal sempat diserang sebuah wabah misterius, yang membuat dia dan penduduk lainnya harus merasakan efek dari penyakit tersebut.

Mengetahui hal ini, Hagoromo kemudian memerintahkan Asura untuk datang ke desa tersebut dan menyelesaikan permasalahannya. Namun, ketika Asura datang ke desanya, dia sempat disangka sebagai penjahat oleh Kanna. Kanna mencoba melawan dan terluka, namun kemudian Hagoromo pun menyembuhkan luka yang Kanna alami. Kanna sendiri kemudian mulai percaya terhadap sosok Asura.

Seiring berjalannya waktu, Asura dan Kanna menjalin hubungan yang dekat. Banyak hal yang kemudian Kanna pelajari dari sosok Asura, termasuk Ninshu atau sebuah aliran yang menjadi cikal bakal lahirnya Chakra. Dan perkembangan dari chakra tersebut kemudian melahirkan apa yang kemudian disebut sebagai Ninjutsu, yang banyak digunakan oleh para shinobi saat ini.

Dengan hubungan yang sangat dekat tersebut membuat Kanna akhirnya memiliki perasaan terhadap Asura. Kanna juga mengetahui bahwa Asura dipilih oleh Hagoromo untuk meneruskan penyebaran Ninshu ke seluruh dunia. Dan pada suatu ketika, Kanna dan Asura pun menjalin sebuah ikatan pernikahan. Dari pernikahannya kemudian lahir dua anak laki-laki dan satu anak peremuan. Mereka adalah leluhur dan klan Senju serta Uzumaki.

Kanna sebenarnya bukan sosok yang terlalu menonjol semenjak kemunculannya di seri Naruto Shippuden. Hal ini dikarenakan Kanna bisa dibilang merupakan karakter pendukung dalam serinya. Kanna juga merupakan karakter eksklusif anime, di mana artinya dia tidak muncul dalam cerita versi manganya.

Kanna sendiri terlihat terakhir kali saat dia bersama Asura menemani Hagoromo di momen-momen terakhirnya sebelum dia meninggal. Bagi Kanna, Hagoromo adalah sosok ayah yang sangat luar biasa, karena itulah dia sangat sedih ketika Hagoromo meninggal dunia. Kanna juga merupakan sosok yang baik dan terbuka terhadap berbagai opininya, dan selalu berusaha untuk membantu desanya.

Apakah Kanna memiliki kekuatan? Jawabannya adalah ya. Namun, kekuatan yang dimaksud bukan kekuatan dahsyat yang digunakan untuk menghabisi atau menyerang musuh. Melainkan untuk menyembuhkan dan mengobati orang lain. Selain menyembuhkan seluruh penduduk, termasuk Kanna, Asura juga mengajari Kanna teknik Mystical Palm yang sering digunakan oleh para ninja medis, seperti Sakura.

Teknik tersebut digunakan untuk meningkatkan kemampuan penyembuhan dari seseorang dengan cara mengalirkan chakra dari tubuh satu ke tubuh yang lain. Jadi, dengan kata lain, bisa dibilang Kanna merupakan “nenek moyang” dari seluruh ninja medis yang ada di dunia Naruto dengan kekuatan yang dia pelajari.