Meskipun tidak setua Namor the Submariner atau Captain America, tetapi Tony Stark alias Iron Man adalah salah satu superhero Marvel dengan kisah terbanyak di Marvel Universe. Diciptakan oleh para legenda Marvel Comics, seperti Stan Lee, Larry Lieber, Don Heck, dan Jack Kirby, Iron Man adalah superhero yang telah melakukan debutnya sejak enam puluh tahun lalu melalui komik Tales of Suspense #39. Dan selama itu juga, sebagai seorang genius yang mengandalkan teknologi ciptaannya, Iron Man telah menciptakan banyak armor canggih untuk membantunya menjadi ‘superhero’ tangguh di Marvel Universe.

Sampai saat ini, terhitung sudah ada lebih dari 70 armor yang telah diciptakan oleh Iron Man. Dimulai dengan armor klasik Mark I yang dia ciptakan menggunakan bahan-bahan seadanya, sampai armor Mark LXXI alias Model 71 yang terbuat dari partikel nano adamantium, hampir semua armornya ini bisa dibilang selalu berhasil mengungguli semua lawannya. Namun dari sekian banyak armor canggih tersebut, ternyata ada satu armor yang terbukti sangat lemah, yaitu Mark VII alias Model 7.Tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas lebih dalam tentang armor Iron Man yang paling rapuh ini, Geeks!

Diciptakan Untuk Misi Siluman

Saat Iron Man melaksanakan misi ke stasiun ruang angkasa milik Roxxon Corporation, dia menyadari bahwa armor Mark V alias Space Armor yang digunakannya dapat terdeteksi dengan mudah oleh radar perusahaan konglomerat tersebut. Sejak saat itu, Iron Man kemudian berinisiatif untuk menciptakan sebuah armor yang berfokus pada mode stealth atau siluman. Dan Mark VII adalah armor siluman pertama yang diciptakan oleh Iron Man pada tahun 1981. Di komik Iron Man #152, Iron Man menggunakan armor ini untuk melakukan misi siluman ke markas Heaven’s Hand di Jerman Timur.

Pada saat itu armor berwarna hitam yang diberi nama Stealth Armor ini dia gunakan untuk menyelamatkan gebetannya yang bernama Bethany Chase. Terbuat dari logam yang bisa menyerap gelombang radar, Stealth Armor terbukti bisa menghindari deteksi radar dengan sangat baik. Namun, ketika Iron Man menggunakan sonic scan untuk mencari tahu lokasi Beth, segerombolan drone langsung mengetahui posisinya dan langsung mengejarnya. Dalam prosesnya, drone-drone tersebut menembaki Iron Man dengan laser yang membuatnya kewalahan. Syukurnya, Iron Man berhasil melarikan diri ke markasnya.

Dalam keadaan terluka, setibanya di markas rahasia, Iron Man langsung merobek Stealth Armor yang rusak dengan tangan kosong, tidak seperti kebiasaan sebelumnya di mana dia selalu membutuhkan bantuan mesin lain untuk melepas armor-armornya. Selama lebih dari lima tahun, Iron Man tidak pernah menggunakan kembali Stealth Armor ini, sampai akhirnya pada tahun 1988 dia memakainya kembali untuk menyusup ke markas Uni Soviet di kisah Armor Wars. Bedanya, dalam penggunaan yang kedua ini, Iron Man telah belajar dari kesalahan sebelumnya dengan membuat Stealth Armor menjadi sedikit lebih baik.

Alasan Iron Man Mark VII Lemah

Sebelum membahas pembaruan yang diberikan oleh Iron man kepada Stealth Armor alias Mark VII, mari kita bahas terlebih dahulu alasan mengapa armor ini disebut sebagai armor Iron Man paling lemah. Kesalahan pertama yang dilakukan oleh Iron Man pada saat menciptakan armor Mark VII adalah dengan tidak memperhatikan kekuatan logam pembentuknya. Secara fungsi, logam yang digunakan untuk menciptakan Mark VII memang mampu menyerap gelombang radar dengan sangat efektif, tetapi secara kekuatan, logamnya terlalu rapuh untuk melindungi Iron Man dari berbagai serangan.

Kemudian kesalahan kedua, di mana kesalahan ini adalah kecerobohan paling fatal yang dilakukan Iron Man pada armor Mark VII, dia sama sekali tidak melengkapi armor siluman ini dengan senjata. Alih-alih menutupi kualitas armornya yang rapuh, Iron Man justru malah membuang semua persenjataan yang biasanya ada oleh setiap armornya. Itulah mengapa ketika dia diserang oleh drone, Iron Man tidak menyerang balik dengan menembakan repulsor energinya, karena memang Mark VII tidak dilengkapi oleh repulsor.

Berbagai kelemahan inilah yang akhirnya menjadi alasan mengapa Iron Man tidak pernah menggunakan armor Mark VII alias Stealth Armor lagi selama lebih dari lima tahun. Sampai akhirnya dia membutuhkan armor untuk misi siluman ke markas Uni Soviet, barulah Iron Man memberikan pembaruan kepada Stealth Armor dengan beberapa senjata tambahan untuk menutupi kelemahan armornya yang sangat rapuh. Itulah pembahasan mengenai armor Iron Man paling lemah sepanjang masa di Marvel Universe. Sampai saat ini masih belum ada armor Iron Man lain yang terbukti lebih buruk dari Stealh Armor.