Semua penggemar setia DC kemungkin besar pasti pernah mendengar nama Joker, tetapi sangat sedikit sekali yang benar-benar mengenal badut nyeleneh tersebut secara keseluruhan. Karena dari sekian banyak supervillain yang ada di DC Universe, dia adalah salah satu karakter yang nyentrik sekaligus misterius. Bahkan bagi Batman sekalipun, dia tidak terlalu mengenal seperti apa karakter musuh bebuyutannya ini. Satu hal yang cukup jelas dari Joker adalah fakta bahwa dia adalah supervillain yang sangat berbahaya.

Selain kegilaannya yang bisa mendominasi siapa pun, Joker juga dikenal sebagai orang dengan gangguan mental, yang bisa menciptakan sebuah ‘racun’ untuk membuat orang lain menjadi gila seperti dirinya, racun tersebut dikenal juga juga dengan sebutan ‘Joker Toxin’. Dalam beberapa kesempatan, Joker tampak bisa membuat ramuan Joker Toxin dari bahan-bahan sederhana, seperti yang diceritakan di komik Batman: A Death in the Family, di mana dia membuatnya dari campuran cairan pembersih lantai.

DC Berikan Joker “Kekuatan” Super!, Greenscene

Meskipun Joker tidak mempunyai kekuatan fisik super atau bisa menembakan laser dari matanya, tetapi Joker Toxin juga bisa dibilang sebagai salah satu kekuatan supernya, daripada hanya sekadar keahlian meramu racun. Dampak berbahaya dari ‘kekuatan super’ Joker ini pernah diperlihatkan lebih mengerikan di komik Batman: Endgame karya Scott Snyder dan Greg Capullo. Di komiknya diceritakan bahwa Joker telah menginfeksi sebagian besar anggota Justice League kecuali Batman dengan Joker Toxin-nya.

Peristiwa Endgame tersebut memperlihatkan karakter ikonik, seperti Superman, Flash, Wonder Woman, Green Lantern, bahkan Cyborg, berubah menjadi sosok kejam yang tidak pernah berhenti tertawa. Sama seperti kebanyakan korban Joker Toxin, para Justice League terlihat mengalami perubahan fisiologi, termasuk kulit yang memucat dan senyum yang permanen. Dengan cepat Joker berhasil menyebarkan racun supernya ini ke seluruh penjuru Gotham, sampai akhirnya menginfeksi seluruh masyarakat bahkan kepolisian.

Jika bukan karena Batman yang berhasil menemukan obat penawar untuk Joker Toxin, mungkin akan terjadi pandemi Joker di seluruh dunia. Dampak yang sangat buruk sekaligus mematikan tersebut, secara tidak langsung telah menegaskan bahwa ternyata diam-diam DC telah memberi kekuatan super yang berbahaya kepada sang Clown Prince of Crime tersebut. Bagaimana menurut kalian, Geeks, apakah Joker Toxin layak disebut sebagai salah satu kekuatan supernya?