Dari sekian banyak waralaba film animasi 3D, Toy Story adalah yang umurnya cukup panjang. Dirilis perdana pada tahun 1995, waralabanya terus berkembang sampai akhirnya menjadi sangat populer ketika mencapai film keempatnya yang berjudul Toy Story 4 pada tahun 2019 lalu. Bercerita tentang para mainan yang bisa hidup, salah satu karakter utamanya adalah sebuah mainan astronaut bernama Buzz Lightyear, yang sebentar lagi karakternya akan segera kembali dengan film spinoff Toy Story berjudul Lightyear.

Alih-alih kembali dalam bentuk mainan, Lightyear sendiri akan menceritakan peristiwa di kehidupan asli, di mana Buzz digambarkan sebagai seorang astronaut Star Command yang sangat diandalkan. Diisi suaranya oleh Chris Evans, kisah petualangan awalnya akan dimulai dengan Buzz dan para kru Star Command lain yang terdampar di sebuah planet asing. Untuk membuatnya mereka bisa kembali, Star Command memutuskan untuk melakukan serangkaian uji coba penerbangan yang membuat Buzz mendapatkan masalah lain, seperti yang bisa dilihat di trailer terbaru Lightyear di bawah ini:

Dalam trailer yang baru saja dibagikan oleh Pixar melalui saluran Youtube resminya ini, terlihat bagaimana rekan Buzz, Commander Alisha Hawthorne (Uzo Aduba), mencoba menerbangkan Buzz dengan sebuah pesawat luar angkasa. Ketika berhasil menembus langit, Buzz malah mengalami kejadian tidak terduga, di mana pesawatnya malah menembus ruang dan waktu. Ketika kembali ke planet asal tempat dia mengudara, Buzz menemukan fakta bahwa waktu telah berlalu selama 62 tahun 7 Bulan 5 hari.

Buzz melihat planet tersebut telah berubah dengan teknologi yang jauh lebih canggih, sekaligus keadaan alam yang lebih berbahaya karena ada banyak robot-robot alien yang merupakan anak buah Emperor Zurg (Joh Brolin). Hanya ditemani oleh seekor robot kucing bernama Sox (Peter Sohn), Buzz akhirnya bertemu dengan cucu Alisha bernama Izzy Hawthorne (Keke Palmer) serta timnya, Darby Steel (Dale Soules) dan Mo Morrison (Taika Waititi). Mereka ternyata sangat membutuhkan pilot seperti Buzz untuk menghancurkan kapal alien milik Zurg.

Dengan dirilis trailer baru Lightyear ini, sekarang kita jadi mengetahui bahwa filmnya akan mengangkat tema time travel, di mana kemungkinan besar hal tersebut terjadi secara tidak sengaja karena pesawat luar angkasa Buzz terbang terlalu cepat setelah menggunakan bahan bakar alternatif yang ditemukan di planet tersebut. Kita nantikan saja aksi Buzz dan teman-teman barunya ini di film Lightyear, yang akan dirilis sekitar dua bulan lagi pada 17 Juni 2022.