Salah satu momen mengejutkan yang terjadi di arc Monster Association adalah kemunculan sosok misterius yang sangat luar biasa yang kemudian dikenal dengan nama God. Ini sebenarnya bukan kemunculan pertama dari sosok God. Awalnya, God muncul dalam bentuk bayangan saja di chapter 109, dalam kilas balik yang menceritakan momen di mana Homeless Emperor mendapatkan kekuatan dari God.

God pun kemudian kembali muncul dalam arc Monster Association, di mana diperlihatkan dia mengambil kekuatan yang dia berikan kepada Homeless Emperor sebelumnya. Bukan hanya kekuatan, God juga mengambil nyawa dari Emperor karena dianggap gagal dalam tugasnya. Selain Homeless Emperor, karakter lain yang juga diberikan kekuatan oleh sosok God adalah Psykos-Orochi.

Hal tersebut terjadi sebelum pertarungan puncak melawan Tatsumaki. Kemunculan God tidak pelak menjadi perbincangan hangat para fans. Hal ini dikarenakan ada banyak tanda tanya besar terkait dengan sosok God. Masih belum ada penjelasan yang jelas mengenai sosok God sampai sejauh ini. Apakah dia benar-benar merupakan “tuhan”? Atau justru dia merupakan makhluk dari planet lain?

Sosok God kembali menjadi perbincangan para fans, setelah sosoknya muncul secara fisik dalam chapter 153 kemarin. Pada chapter tersebut diperlihatkan bagaimana Zombie Man hendak bertanya mengenai asal-usul kekuatannya kepada Homeless Emperor. Namun, saat Homeless Emperor hendak menjawabnya, dia melihat sosok yang mengerikan muncul dari balik kegelapan bulan. Sosok mengerikan tersebut tidak lain adalah God.

Berbicara tentang sosok God dan juga bulan, diyakini oleh banyak fans One-Punch Man bahwa God dan bulan memang memiliki semacam koneksi yang kuat. Hal ini bisa dilihat dari kemunculan bulan di latar belakang beberapa pertarungan epik antara asosiasi pahlawan melawan asosiasi monster. Bulan tersebut dianggap oleh para fans sebagai “mata” yang sedang mengawasi pertarungan tersebut.

Dan yang paling epik tentunya adalah sosok God yang muncul dan berdiri di atas bulan menampakan dirinya sebelum kemudian dia mengambil kekuatan dan nyawa Homeless Emperor. Meskipun belum ada konfirmasi resmi tentang asal-usul God, namun banyak spekulasi menyebutkan bahwa memang sosok God berasal dari bulan. Karena itulah dalam cerita di arc ini God dan bulan seolah saling terkoneksi.

Dan hal ini juga mungkin bisa menjelaskan mengapa kemudian bulan selalu muncul di latar belakang pertarungan dalam ceritanya. Namun, terdapat pertanyaan besar yang muncul dari spekulasi tersebut. Ketika Saitama bertarung melawan Boros dan Boros melempar Saitama ke bulan, mengapa kemudian Saitama tidak bertemu dengan God? Mungkin, saat itu, God memang masih belum muncul di dunia.

Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, sosok God kemungkinan bangkit kembali setelah ada seseorang yang membangkitkannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah mural kuno di altar bawah tanah milik Gyoro Gyoro, yang menyebutkan bahwa sosok God akan kembali muncul di bumi. Dan kemudian hal ini terbukti pada chapter kemarin ketika God muncul di hadapan Homeless Emperor.

God sepertinya masih akan menjadi misteri besar untuk beberapa waktu kedepan. Mungkin, sampai semua pertempuran antara monster dan pahlawan selesai. Kita masih belum tahu apa maksud dari kelahiran kembali sosok God ke bumi. Apakah dia ingin menghancurkan bumi atau justru ingin menciptakan kekacauan? Juga, dari mana sebenarnya asal-usul God. Apakah bulan memang menjadi tempatnya seperti spekulasi yang banyak beredar? Mudah-mudahan saja Yusuke Murata dan ONE akan memberikan kejelasan terkait sosok God dalam waktu dekat.