Thor adalah salah satu superhero populer dari Marvel Comics yang digambarkan sebagai seorang dewa. Diciptakan oleh para pionir Marvel, seperti Stan Lee dan Jack Kirby, karakter yang mempunyai nama lengkap Thor Odinson ini pertama kali muncul sebagai karakter pendukung di komik Venus #1 (1950), dan akhirnya muncul secara penuh sebagai sang God of Thunder di komik Journey into Mystery #83 (1962). Dengan sejarah panjangnya tersebut, bisa dibilang Thor adalah salah satu superhero veteran di Marvel Universe.

Berkat popularitasnya di Marvel Comics, Thor akhirnya mendapatkan kesempatan emas untuk melakukan debut live action-nya di Marvel Cinematic Universe bersama para superhero veteran lainnya, seperti Iron Man, Hulk, dan Captain America. Mulai dari kemunculan pertamanya di film Thor (2011), sampai akhirnya menjadi superhero MCU pertama yang dipastikan akan mempunyai empat film solo, sang dewa dari Asgard ini masih tetap diperankan oleh the one and only, Chris Hemsworth.

Namun, ada sebuah rumor kurang mengenakan yang mengatakan bahwa film keempatnya yang akan pada 8 Juli nanti adalah film terakhir Hemsworth sebagai Thor di MCU. Rumor ini pertama kali muncul setelah film Thor: Love and Thunder merilis trailer perdananya beberapa hari lalu. Dalam trailer tersebut, Thor mengatakan, “Aku ingin memilih jalanku sendiri, menghargai setiap momen. Karena hari-hariku sebagai superhero telah berakhir.” Meskipun kalimat tersebut dikatakan di awal trailer, tetapi tidak sedikit penggemar yang merasa bahwa Thor akan mengatakan kalimat tersebut di akhir film Love and Thunder.

Mengingat Thor termasuk ke dalam jajaran superhero pertama di MCU, di mana dia mendirikan Avengers bersama Iron Man, Captain America, Black Widow, Hawkeye, dan Thor, bukan tidak mungkin dia juga akan menyusul para rekannya tersebut. Iron Man dan Black Widow telah diperlihatkan melakukan pengorbanan heroik di Endgame (2019), begitu juga Captain America yang memutuskan untuk pensiun. Adapun superhero veteran yang tampaknya masih aktif, seperti Hawkeye dan Hulk, seperti mereka tengah bersiap untuk memberikan tongkat estafetnya kepada penerus mereka, Kate Bishop dan She-Hulk.

Hal yang sama juga kemungkinan akan terjadi kepada Thor, mengingat Jane Foster (Natalier Portman) sudah dipastikan akan muncul sebagai Mighty Thor di film Love and Thunder. Di Marvel Comics sendiri, momen ketika Jane menjadi Mighty Thor awalnya dimaksudkan untuk mengganti peran Thor yang asli setelah berpuluh-puluh tahun di Marvel Universe, di mana dia diceritakan menjadi ‘Unworthy’ Thor yang tidak bisa mengangkat Mjolnir. Menariknya di film Love and Thunder, Jane memang terlihat menggunakan Mjolnir sebagai senjata andalannya, sementara dalam adegan lain Thor justru malah mengubur Stormbreaker-nya.

Tidak berhenti sampai di situ saja, di film Love and Thunder nanti yang akan menjadi antagonisnya adalah Gorr the God Buthcer (Christian Bale), di mana di Marvel Comics dia adalah supervillain mematikan yang telah membunuh banyak dewa-dewa Marvel, termasuk Falligar the Behemoth yang jasadnya terlihat juga di trailer filmnya. Mengingat Gorr bukanlah lawan yang mudah bagi Thor, baik di komik maupun di MCU nanti, mungkin kali ini nyawa sang God of Thunder akan benar-benar terancam. Jika seperti itu kasusnya, tidak ada yang bisa menjamin dia akan bertahan sampai akhir film.

Berdasarkan semua petunjuk tersebut, besar kemungkinan bahwa Love and Thunder akan menjadi film terakhir Hemsworth sebagai Thor. Sama seperti Robert Downey Jr. sebagai Iron Man dan Chris Evans sebagai Captain America, banyak penggemar yang merasa bahwa Hemsworth memang dilahirkan untuk berperan sebagai Thor Odinson. Namun, dengan situasi MCU seperti sekarang ini, di mana sudah banyak karakter lama yang digantikan oleh karakter baru, bukan tidak mungkin bahwa dia juga akan digantikan oleh Mighty Thor. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Mari kita doakan saja yang terbaik!