Shroud

Maximillian Coleridge alias Shroud adalah salah satu superhero Marvel yang mempunyai kemampuan sihir darkforce, di mana dia bisa menembakan proyektil kegelapan dan juga menciptakan portal ke dimensi kegelapan. Sayangnya, kemampuan hebat tersebut tidak pernah bisa didapatkan oleh Avengers, karena Shroud tidak ingin menjadi Avengers. Ketika Hawkeye mengajaknya bergabung di komik West Coast Avengers #1 karya Roger Stern, Shroud mengatakan bahwa dia tidak pantas untuk berada di Avengers, sebelum akhirnya dia menghilang secara misterius.

Doc Samson

Sebagai superhero yang memanfaatkan radiasi gamma seperti Hulk, Leonard Samson alias Doc Samson adalah contoh berhasil dari kekuatan gamma yang tidak mengubahnya menjadi monster. Dengan kekuatan super yang dimilikinya, Doc Samson bisa mengimbangi Hulk ketika bertarung dan bisa mengikat baja seperti simpul tali. Meskipun dia kuat, tetapi menurutnya dia adalah superhero yang tidak bisa diatur. Kalimat itu juga yang disampaikan kepada Vision ketika dia menolak ajakannya untuk bergabung dengan Avengers.

Jessica Jones

Di komik Alias #26 karya Brian Michael Bendis dan Michael Gaydos, Jessica pernah diceritakan berhenti menjadi superhero wanita bernama Jewel. Hal tersebut bisa terjadi setelah dirinya dikendalikan oleh supervillain Purple Man untuk membunuh Daredevil. Dalam prosesnya Avengers dan Defender harus bersatu untuk menghentikan Jessica sampak akhirnya dia bisa dikalahkan dan koma. Ketika dia tersadar, Avengers langsung menawari Jessica untuk bergabung dengan mereka, tetapi Jessica malah menolaknya dan bahkan memutuskan untuk berhenti sebagai superhero.

Songbird

Sebagai hasil eksperimen dari Power Broker, Melissa Gold alias Songbird adalah salah satu superhero wanita Marvel yang dikenal serba bisa. Selain mempunyai kekuatan super, dia juga bisa terbang serta mengeluarkan berbagai jenis suara dari mulutnya yang bisa melemahkan musuh. Berkat kemampuan super tersebut, Hawkeye pernah mengajaknya bergabung dengan Avengers di komik Avengers/Thunderbolts #6 karya Kurt Busiek. Namun Songbird menolaknya karena dia tidak ingin bekerja dengan orang-orang yang tidak dipercayainya.

Daredevil

Terakhir, superhero yang pernah menolak ajakan Avengers adalah Matt Murdock alias Daredevil. Dikenal sebagai superhero yang tidak mengenal rasa takut, Daredevil adalah superhero yang telah diincar sejak lama oleh Avengers. Namun, ketika Captain America mengajakannya bergabung di komik New Avengers #3 karya Brian Michael Bendis, Daredevil terpaksa menolaknya karena dia merasa tidak pantas, karena pada saat itu dia memang tengah menjadi buronan di Kota New York. Setelah kasusnya selesai, dia akhirnya mau berpetualang bersama Avengers untuk waktu yang cukup lama.

Kesepuluh superhero ini membuktikan bahwa tidak selamanya ajakan dari Avengers selalu menggiurkan. Karena ketika cara atau momennya kurang tepat, hal tersebut dapat membuat para superhero ini menolaknya. Meskipun sebagian superhero dari daftar ini pada akhirnya ada yang menjadi anggota Avengers, seperti Jessica Jones, Daredevil, dan Tigra, tetapi sejarah penolakannya akan terus diingat sebagai bukti bahwa proses perekrutan Avengers tidak selamanya berjalan mulus. Itulah sepuluh superhero yang menolak ajakan untuk bergabung dengan Avengers di Marvel Universe.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.