Sebelum Marvel Studios membawa Multiverse Marvel ke layar lebar, sebenarnya Sony Pictures telah lebih dahulu memperkenalkan konsep menarik tersebut melalui film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse yang dirilis pada tahun 2018. Disutradarai oleh Bob Persichetti, Peter Ramsey, dan Rodney Rothman, serta ditulis oleh Phil Lord, filmnya sendiri bercerita tentang petualangan Miles Morales / Spider-Man bersama varian Spider-Man lain untuk mengalahkan Wilson Fisk / Kingpin yang ingin membuka portal ke universe lain.

Kesuksesan film pertamanya, yang berhasil meraup pendapatan sekitar 5,4 triliun rupiah dari seluruh dunia, pada akhirnya membuat Sony memanfaatkan momentum tersebut untuk langsung menggarap sekuelnya. Pada akhir tahun 2021 lalu, terungkap bahwa sekuelnya akan dibagi menjadi dua film, dengan judul resmi Spider-Man: Across the Spider-Verse, di mana ‘Part One’ awalnya akan dirilis pada bulan April ini dan kemudian ditunda menjadi tanggal 7 Oktober 2022 karena alasan pandemi COVID-19.

Dan sekarang, Sony baru saja mengumumkan bahwa mereka kembali menunda perilisan film Spider-Man: Across the Spider-Verse (Part One) menjadi tanggal 2 Juni 2023, sekitar delapan bulan lamanya dari jadwal sebelumnya. Penundaan ini berdampak juga pada ‘Part Two’ yang awalnya akan dirlis pada tahun 2023 menjadi 29 Maret 2024, sekitar dua tahun dari berita ini dirilis. Sampai saat ini studio sendiri masih belum menjelaskan alasan mengapa film yang sangat diantisipasi oleh para penggemar ini harus ditunda.

Pengumuman penundaan ini terjadi tidak lama setelah film Morbius tayang perdana pada awal bulan April ini, di mana tidak sedikit penggemar yang menganggap bahwa film yang dibintangi oleh Jared Leto ini sebagai salah satu film Marvel terburuk sepanjang masa. Walaupun begitu, sampai saat ini Sony sendiri masih tetap berkomitmen dengan Sony’s Spider-Man Universe yang kedepannya akan menayangkan lebih banyak lagi film-film solo dari karakter yang berhubungan dengan Spider-Man, termasuk Madame Web yang jadwal perilisannya sekitar satu bulan sebelum Spider-Man: Across the Spider-Verse (Part Two).

Meskipun plotnya masih dirahasiakan, tetapi filmnya dipastikan akan kembali dibintangi oleh Shameik Moore sebagai Miles Morales, Hailee Steinfeld sebagai Spider-Gwen, Jake Johnson sebagai Peter B. Parker, Oscar Isaac sebagai Spider-Man 2099, Issa Rae sebagai Spider-Woman, dan Takuya Yamashiro sebagai Spider-Man Jepang. Dengan jadwal baru ini, sepertinya kita harus lebih bersabar lagi ya, Geeks, karena masih ada sekitar satu tahun lebih sampai film Spider-Man: Across the Spider-Verse (Part One) dirilis di bioskop.