Fakta mengejutkan muncul di chapter sebelumnya, saat pertarungan Jinbei melawan Who’s Who dalam seri manga One Piece. Dalam momen tersebut diketahui bahwa Who’s Who ternyata dahulunya merupakan bagian dari kelompok CP-9 sebelum kemudian dia dipenjara karena gagal untuk menjaga buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika. Dan ternyata yang mencuri buah iblis tersebut adalah Shanks dan kelompoknya.

Seperti yang kita ketahui, buah iblis Nika sempat dicuri oleh Shanks dan kelompok bajak laut Rambut Merah. Hal ini diperlihatkan di chapter Romance Dawn yang menjadi cerita awal di serinya. Namun, sayangnya, buah iblis tersebut kemudian tidak sengaja dimakan oleh Luffy. Dan akhirnya, kita melihat sosok Luffy yang tangguh dengan kemampuan Nika seperti sekarang.

Namun, yang masih menjadi pertanyaan adalah mengapa kemudian Shanks dan kelompoknya mencuri buah iblis tersebut? Meskipun begitu sebagian fans mencoba untuk menebak apa yang sebenarnya dilakukan oleh Shanks. Salah satu spekulasi yang menarik adalah Shanks dan kelompoknya memang sengaja mengumpulkan berbagai buah iblis yang ada di seluruh dunia.

Shanks dan kelompoknya sengaja berlayar ke berbagai lautan, dengan tujuan untuk mencari buah iblis. Memang, tujuannya mungkin terdengar mirip seperti Blackbeard. Yang membedakan adalah Shanks melakukan hal itu bukan untuk diberikan kepada krunya, melainkan untuk mencegah ada orang yang tidak bertanggung jawab memakan buah iblisnya, dan kemudian memanfaatkan kekuatan dahsyat yang mereka miliki untuk berbuat kejahatan.

Shanks mungkin dengan sengaja hendak mencuri buah iblis Nika dan kemudian menyimpannya di suatu tempat. Ada beberapa poin yang mendukung spekulasi tersebut. Pertama, Shanks tidak memiliki kekuatan buah iblis. Shanks adalah satu-satunya Yonko atau empat penguasa samudera, yang tidak memiliki dan mengandalkan kemampuan buah iblis. Oda sendiri belum memberikan penjelasan mengapa kemudian Shanks tidak memiliki kekuatan buah iblis.

Apakah Shanks memang tidak membutuhkannya? Apakah Shanks dirasa sudah cukup kuat tanpa buah iblis? Atau mungkin Shanks sengaja mencari buah iblis tertentu yang tidak lain adalah buah iblis Nika? Hal ini tentu sangat luar biasa karena kelompok Rambut Merah menjadi satu-satunya kelompok bajak laut yang mana tidak ada satu pun krunya yang merupakan pengguna buah iblis, bahkan diantara kelompok Yonko lain.

Satu-satunya kemampuan yang mendekati kemampuan buah iblis adalah teknik “teleportasi” yang dilakukan Lucky Roo, namun bisa jadi itu hanyalah Rokushiki atau kemampuan Haki miliknya. Alasan selanjutnya adalah Blackbeard. Seperti yang disebutkan di atas, Shanks melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Blackbeard. Bedanya, Blackbeard melakukannya untuk dia dan kelompoknya.

Blackbeard sendiri sudah sejak lama diprediksi akan menjadi sosok yang merepotkan Shanks. Bahkan, ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa mereka berdua akan bertarung dan Blackbeard akan membunuh Shanks. Karena itulah, salah satu tujuan Shanks mengumpulkan semua buah iblis yang ada bisa jadi adalah agar Blackbeard tidak lagi bisa mencuri atau mengambil buah iblis lainnya. Shanks tahu bahwa Blackbeard akan melakukan tindakan kejahatan dengan buah iblis tersebut.

Shanks mungkin sengaja mencuri buah iblis Nika untuk menambah koleksinya, dan juga agar tidak ada orang yang menyalah gunakan kekuatannya. Di chapter 1 diperlihatkan bagaimana mereka mengunci rapat dan sangat menjaga buah iblis Nika, yang mana mungkin masuk akal jika kemudian Pemerintah Dunia menganggapnya sebagai sesuatu yang berharga. Shanks juga awalnya sangat marah terhadap Luffy yang memakan buahnya karena dia tahu bahwa buah itu sangat penting.

Selain itu, Shanks sendiri mungkin berpendapat bahwa buah iblis Nika tersebut harus dimakan oleh orang yang dianggap tepat menurutnya. Siapa orang tepat menurut Shanks? Tidak lain adalah orang yang mewarisi tekad dari sang kapten, Gol D. Roger. Mungkin sebelum kematiannya, Roger sempat meminta Shanks untuk mengambil Buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika tersebut dan menyimpannya dari pihak Pemerintah Dunia, karena dia tahu buah iblisnya menjadi senjata yang ampuh untuk mengalahkan mereka.

Roger tidak mau buah iblisnya jatuh ke tangan orang yang salah. Roger ingin orang yang memakannya mewarisi tekad Joy Boy dan tekadnya. Meskipun Shanks pada awalnya marah dan terkejut saat Luffy tidak sengaja memakan buah iblisnya, setelah dia mendengar perkataan yang sama dengan Roger akhirnya dia pun yakin dan rela bertaruh kepada Luffy bahwa dia adalah sosok yang dinantikan selama ini oleh Roger.

Dan sepertinya pertaruhan Shanks terhadap sosok Luffy terbukti tepat. Di chapter 1043 kemarin, kita melihat bagaimana Luffy “dikonfirmasi” bahwa dia adalah sosok Joy Boy selanjutnya, sosok yang mewarisi tekad Joy Boy dan Roger. Luffy pun sepertinya berhasil membangkitkan kemampuan buah iblis Nika. Dan pada chapter selanjutnya, kita pun melihat kedahsyatan dari buah iblis tersebut, yang mana menurut Gorosei dianggap sebagai buah iblis paling mengerikan di seluruh dunia. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Shanks masih akan terus mengumpulkan berbagai buah iblis yang ada di seluruh dunia.