Ada banyak sekali peristiwa menarik yang muncul di serial Moon Knight episode 4 baru-baru ini. Salah satunya adalah ketika Marc Spector (Oscar Isaac) ditembak oleh Arthur Harrow (Ethan Hawke) dan malah berakhir di rumah sakit jiwa. Kemungkinan besar rumah sakit jiwa tersebut adalah ilusi yang diciptakan oleh dewi Ammit, karena Marc sedang mengantongi berhala Ammit saat tertembak. Dan dalam ilusi tersebut ternyata Marc bertemu dengan alter egonya sendiri dengan fisik yang terpisah, yaitu Steven Grant.

Ketika dia lari dari kejaran para perawat, Marc berakhir di sebuah ruangan yang di dalamnya terdapat sarkofagus. Dan dari sarkofagus tersebut ternyata keluar Steven yang langsung memeluk Marc. Setelah mereka mencocokan ingatan pada saat ditembak oleh Arthur, Marc dan Steven memutuskan untuk keluar dari ruangan tersebut. Di sebelah ruangan Steven ternyata ada sebuah sarkofagus yang bergetar hebat. Jika sarkofagus pertama berisi alter ego Marc yang bernama Steven, bukan tidak mungkin sarkofagus kedua juga berisi alter egonya yang ketiga, yaitu Jake Lockey!

Salah Satu Alter Ego Penting

Di Marvel Comics sendiri, Marc alias Moon Knight adalah karakter yang melakukan debutnya pada tahun 1975. Sampai sekarang dia digambarkan sebagai penderita gangguan identitas disosiatif alias kepribadian ganda, di mana di dalam tubuhnya ada lebih dari dua alter ego. Dan alter ego dari Marc yang pertama kali diperkenalkan adalah Steven Grant dan Jake Lockey. Jika Steven adalah seorang jutawan yang membiayai semua petualangan Moon Knight, Jake justru berperan sebagai seorang informan yang sangat diandalkan oleh alter ego lain.

Sebagai alter ego yang berprofesi sebagai sopir taksi, Jake mengetahui hampir semua seluk-beluk kota, begitu juga dengan semua informasi di dalamnya. Ketika Moon Knight akan beraksi pada malam hari, Jake adalah alter ego yang bertugas untuk mencari informasi terlebih dahulu pada siang hari. Dia biasanya memastikan terlebih dahulu apakah target yang tengah diburu oleh Moon Knight layak diringkus atau tidak. Berkat peran pentingnya ini, Jake sangat menentukan efektivitas dan efisiensi seluruh alter ego Marc ketika menjalankan tugasnya masing-masing.

Di komik Moon Knight Vol. 5 (2008), Jake bahkan sempat menggantikan posisi Marc sebagai alter ego utama, saat Moon Knight memalsukan kematiannya setelah terlihat dibunuh oleh tim supervillain Thunderbolt. Dengan identitas baru ini, dia melarikan diri ke Meksiko dan menetap di sana. Untuk pertama kalinya, Jake berinteraksi dengan antihero Marvel di Meksiko, termasuk dengan Punisher dan Zapata Brothers yang membantunya dalam mengalahkan gembong narkoba serta menyelamatkan seorang wanita.

Masa Depan Jake di Serial Moon Knight

Petunjuk tentang alter ego Marc yang ketiga sebenarnya sudah pernah disinggung di episode 3 yang berjudul ‘The Friendly Type’. Ketika Marc tengah mencari informasi untuk mengetahui tujuan Athur di Kota Mesir, dia terlihat kerepotan dalam mengendalikan alter egonya. Hal tersebut dikarenakan tubuhnya diambil alih secara bergantian oleh dirinya dan Steven. Namun, dalam satu momen, ketika Marc tersadar dalam keadaan telah membunuh banyak pengikut Arthur, Steven mengatakan bahwa bukan dia yang telah mengambil alih tubuhnya.

Dan sekarang, petunjuk yang terbaru memperlihatkan sebuah sarkofagus yang meminta dibuka oleh Marc dan Steven. Sayangnya, sebelum sempat membukanya, Marc dan Steven lebih dahulu terkejut karena melihat dewi kuda nil bernama Taweret. Jika benar sarkofagus kedua tersebut berisi alter ego Marc lain yang bernama Jake, kemungkinan besar dia akan memainkan peran yang sangat penting untuk kisah serial Moon Knight selanjutnya. Jake akan sangat dibutuhkan jika Marc dan Steven ingin melawan Arthur, karena sebelumnya mereka mungkin harus bersatu terlebih dahulu agar bisa hidup kembali.

Beberapa waktu lalu, Isaac sendiri pernah mengungkapkan bahwa akan ada lebih dari dua alter ego di dalam tubuh Marc. Kabar ini dia sampaikan langsung saat melakukan sesi wawancara dengan seorang reporter Spanyol dalam acara premier Moon Knight. Ketika reporter tersebut bertanya dalam bahasa Spanyol apakah dia merasa kesulitan untuk memerankan dua karakter sekaligus, Oscar menjawab, “Mungkin akan lebih dari dua [alter ego]. Bisa saja. Kalian harus melihat serialnya [sampai selesai].”

Dengan bersatunya Marc, Steven, dan Jake, maka kedepannya akan lebih mudah bagi mereka untuk melalui semuanya, termasuk menyelamatkan Khonshu agar mereka bisa mendapatkan kembali kekuatan sebagai Moon Knight / Mr. Knight. Jika Marc adalah orang Amerika, dan Steven adalah orang Inggris, sepertinya akan menarik jika Jake ternyata adalah orang Meksiko seperti peristiwa di Marvel Comics. Kita nantikan saja kemunculan Jake Lockley di dua episode terakhir Moon Knight yang akan tayang pada hari Rabu mendatang.