Tayang perdana pada tanggal 30 Maret lalu, serial Moon Knight telah memasuki minggu keempat penayangannya dengan episode terbaru yang berjudul ‘The Tomb’. Meskipun awalnya episode 4 ini lebih banyak menceritakan petualangan Marc Spector / Steven Grant (Oscar Isaac) dan Layla El-Faouly (May Calamawy) di makam Alexander the Great, tetapi bagian akhirnya justru memperlihatkan lebih banyak adegan yang membingungkan, termasuk kemunculan dewi kuda nil yang menggemaskan sekaligus mengerikan.

Ketika villain Arthur Harrow (Ethan Hawke) menembak Marc dengan pistol, alih-alih mati dan pergi ke akhirat, dia justru terbangun di sebuah rumah sakit jiwa dengan banyak karakter yang familier, termasuk Layla sebagai salah satu pasien, Arthur sebagai kepala dokter, dan Steven yang terpisah dari tubuhnya. Menjelang akhir episode 4, ketika Marc dan Steven berjalan di lorong rumah sakit untuk mencari jalan keluar, mereka dikagetkan oleh sosok kuda nil humanoid. Siapa sebenarnya sosok misterius ini dan apa hubungannya dengan Ammit? Mari kita bahas lebih lanjut, Geeks!

Dewi Mesir Kuno Baru di MCU

Meskipun awalnya sempat misterius, sebenarnya sosok kuda nil humanoid di akhir Moon Knight episode 4 adalah dewi Mesir kuno bernama Taweret, yang diisi suaranya oleh aktris Antonia Salib. Di mitologi Mesir kuno, Taweret yang juga muncul di mitologi Yunani sebagai Teoris ini adalah Dewi Kelahiran dan Kesuburan, yang digambarkan sebagai pelindung dari para ibu dan anak. Sebagai salah satu dewa yang cukup berpengaruh, Taweret sering terlihat dalam wujud kuda nil betina, dengan tubuh wanita, lengan harimau, dan ekor buaya.

Sedangkan di Marvel Comics sendiri, Taweret jarang sekali diceritakan, baik sebagai bagian dari Ennead yang ada di Marvel Universe maupun sebagai sosok yang terlibat dalam kisah Moon Knight. Kemunculan perdananya di serial Moon Knight episode 4, menandai debutnya sebagai dewi Mesir kuno baru di MCU. Berdasarkan penampilan sekilasnya, dia terlihat mempunyai fisiologi dengan kepala dan kaki kuda nil, serta tangan dan rambut manusia. Kemudian dari pakaiannya dia terlihat menggunakan pernak-pernik scarab biru di dadanya, dan juga mahkota berbentuk pelat seperti ciri khas dewi-dewi Mesir pada umumnya.

Lantas, Apa Perannya di Serial Moon Knight?

Baru-baru ini sutradara Moon Knight episode 4, Justin Benson & Aaron Moorhead, menjelaskan bahwa bagian terakhir dari episode yang mereka garap tersebut mengambil inspirasi dari komik Moon Knight Vol. 8 (2016) karya Jeff Lemire dan Greg Smallwood. Di komiknya terungkap bahwa rumah sakit jiwa tempat Marc terbangun sebenarnya adalah dimensi atau ilusi yang diciptakan oleh dewi Ammit untuk menipu Marc. Dewi tersebut bahkan menyamar sebagai kepala dokter dan memanipulasi Marc dengan mengatakan bahwa dia adalah pasien di rumah sakit jiwa tersebut sejak umurnya masih kecil.

Di komiknya Taweret memang tidak pernah muncul, tetapi ada kemungkinan dewi bersuara menggemaskan tersebut adalah bagian dari dewi Ammit sendiri. Dalam sejarah Kerajaan Baru Mesir yang terbentang dari enam belas sampai sebelas abad sebelum masehi, Taweret sering ‘salah’ diterjemahkan sebagai Ammit, karena keduanya sama-sama digambarkan sebagai dewi berkepala buaya atau kuda nil. Bedanya, jika Ammit adalah Dewi Kehancuran, Taweret adalah kebalikannya yaitu Dewi Kelahiran. Kemiripan antara dewi Taweret dan Ammit ini bahkan sampai sekarang masih cukup sering menjadi pembahasan.

Dalam jurnal seorang pegiat mitologi Mesir kuno, Manon Y. Schutz, bahkan disebutkan bawa Taweret dan Ammit bagaikan dua sisi dari koin yang tidak bisa dipisahkan, di mana seharusnya ada ‘sesuatu’ yang menghubungkan antara kedua dewi yang saling berlawanan ini. Berdasarkan fakta sejarah tersebut, bisa saja Taweret yang muncul di serial Moon Knight sebenarnya adalah alter ego Ammit, di mana hubungannya sama seperti Marc dengan Steven. Konsep kepribadian ganda sendiri telah menjadi premis yang menarik di serialnya, sehingga akan menarik juga jika antagonisnya mempunyai karakter yang serupa.

Meskipun Taweret di Moon Knight terlihat baik, kemungkinan dia akan menghalangi Marc dan Steven untuk kabur dari ilusi tersebut, mungkin karena dia adalah bagian dari dewi Ammit yang disembah oleh Arthur. Jika dia bukan alter ego Ammit, setidaknya mungkin dewi Taweret akan digambarkan sebagai sekutunya. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Itulah pembahasan tentang sosok dewi kuda nil dan teori tentang hubungannya dengan Ammit. Kita buktikan saja kebenarannya saat serial Moon Knight episode selanjutnya tayang di Disney+ pada hari Rabu besok.