Diperkenalkan di bagian terakhir dalam seri Naruto Shippiden dan kemudian dikembangkan kembali dalam seri Boruto: Naruto Next Generation, klan Otsutsuki adalah klan yang sangat luar biasa dengan para anggotanya yang memiliki kekuatan layaknya seorang dewa. Hal tersebut wajar memang karena klan Otsutsuki diketahui bukan berasal dari bumi melainkan dari planetĀ  lain.

Kaguya dan Isshiki adalah Otsutsuki pertama yang tiba di bumi, di mana mereka memutuskan untuk menjadikan bumi target mereka selanjutnya. Namun, kemunculan mereka justru menjadi penyebab lahirnya sistem Chakra, klan ninja, dan berbagai hal yang berkaitan dengan shinobi. Bukti kedahsyatan dari klan ini bisa dilihat dari teknik yang mereka gunakan. Apa saja?

Temporal Rewind

Pengguna Rinnegan seperti halnya Sasuke mampu memanipulasi ruang dan waktu dengan menggunakan teleportasi. Namun, bagi klan Otsutsuki hal itu sudah menjadi kemampuan dasar mereka, khususnya Urashiki. Urashiki memiliki teknik yang membuatnya mampu untuk memundurkan waktu selama beberapa detik dan memprediksi serangan selanjutnya. Jutsu ini sangat berguna menghadapi Sasuke dan Boruto.

Selain itu, teknik ini juga terbukti sangat berguna untuk menghadapi versi sebelumnya dari Naruto dan Jiraiya. Meskipun begitu, satu-satunya “efek samping” dari penggunaan teknik ini adalah penggunanya menjadi rentan terhadap sekitarnya. Misalnya, ketika Urashiki terjebak di dalam teknik perut katak milik Jiraiya dan terkena racun akibat hal tersebut karena Urashiki mencoba untuk menghindari serangan Bunshin dari Naruto.

Tenseigan

Tenseigan merupakan sebuah teknik Doujutsu yang dimiliki oleh klan Otsutsuki dan juga klan Hyuuga yang muncul dalam novel Naruto: The Last Movie, dan juga sempat disinggung dalam versi filmnya. Toneri Otsutsuki adalah pengguna dari Doujutsu tersebut di mana dia percaya bahwa teknik tersebut bisa menghancurkan seluruh umat manusia.

Tenseigan sendiri merupakan Doujutsu yang menggabungkan antara chakra Otsutsuki dan Doujutsu Byakugan yang dimiliki oleh klan Hyuuga, dan kemudian menjadi sebuah teknik yang baru. Teknik mata ini terbukti sangat luar biasa karena mampu membangkitkan sosok raksasa, menghancurkan bulan dan menggunakan teknik Truth-Seeking Balls. Tetapi, teknik ini sangat rapuh di mana tekniknya mampu dimentahkan hanya dengan satu pukulan Naruto.

Chakra Edible Creation

Momoshiki Otsutsuki menggunakan teknik mengerikan ini untuk meningkatkan chakra miliknya. Dengan menggunakan Rinnegan miliknya, Momoshiki akan menyerap seluruh energi chakra dari target atau musuhnya yang kemudian dirubah menjadi buah chakra. Buah chakra tersebut kemudian akan dimakan oleh Momoshiki, dan efeknya Momoshiki akan mengalami peningkatan kekuatan dan tubuhnya akan berubah menjadi sosok iblis.

Selain mampu menyerap chakra musuhnya ke dalam bentuk buah chakra, penggunanya juga bisa merubah chakra yang sudah dia serap ke dalam bentuk pil, di mana selain peningkatan kekuatan penggunanya juga akan mendapatkan keabadian. Namun, sisi negatifnya adalah untuk tetap bisa berada dalam form terbaiknya, penggunanya harus terus menyerap energi atau chakra musuh. Hal ini sempat diperlihatkan saat Momoshiki merubah Kinshiki menjadi buah chakra.

Tool Creation Technique

Teknik unik ini membuat penggunanya mampu memotong benda apapun, bahkan planet sekali pun. Momoshiki, Kinshiki, dan Urashiki merupakan pengguna dari teknik ini. Dan terbukti bahwa teknik luar biasa ini mampu membuat Sasuke dan Naruto cukup kewalahan. Saking dahsyatnya, teknik ini mampu menciptakan kawah jika kemudian menyentuh tanah. Selain bisa berubah menjadi berbagai senjata atau benda yang diinginkan oleh penggunanya, mereka juga bisa mengendalikannya secara telekinesis.

Sukunahikona/Daikokuten

Kombinasi dari dua teknik ini menjadi salah satu teknik klan Otsutsuki yang unik dan juga luar biasa sekaligus mengerikan. Dengan teknik ini penggunanya bisa mengecilkan benda, senjata, atau apa pun ke dalam ukuran mikro. Dan jika diinginkan, penggunanya juga bisa mengembalikan benda-benda tersebut ke ukuran normalnya dalam waktu singkat.

Isshiki Otsutsuki adalah pengguna dari teknik ini, di mana dengan menggunakan teknik inilah dia mampu bertahan hidup di tubuh Jigen dan juga berhasil membuat Kashin Koji, Naruto, dan Sasuke kewalahan. Satu-satunya cara untuk bisa menghentikan teknik ini adalah menggunakan Baryon Mode seperti yang dilakukan oleh Naruto.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2