Fantastic Beast 3 alias Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore adalah film kesebelas dari waralaba Wizarding World, yang didirikan pertama kali dengan film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001). Menjadi kisah prekuel ketiga setelah Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016) dan Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018), film ketiganya ini kembali disutradarai oleh David Yates yang mengarahkan filmnya berdasarkan naskah karya J. K. Rowling, pencipta sekaligus penulis dari novel-novel Harry Potter.

Film The Secrets of Dumbledore sendiri saat ini tengah tayang di seluruh dunia, tanpa terkecuali di Indonesia. Bercerita tentang Albus Dumbledore (Jude Law) yang mengirim Newt Scamander (Eddie Redmayne) dan teman-temannya, termasuk Jacob Kowalski (Dan Fogler), untuk menghentikan Gellert Grindelwald (Mads Mikkelsen) dan pasukannya. Meskipun film ketiganya ini sangat diantipasi oleh para penggemar setianya, tetapi penayangan The Secrets of Dumbledore pada minggu pertamanya masih dibawah film-film Wizarding World yang lain.

Performa The Secrets of Dumbledore ini pada akhirnya membuat Warner Bros. terpaksa menunda pengumuman terkait film Fantastic Beast 4. Baru-baru ini, The Wrap melaporkan bahwa WB akan menunda pengumuman tentang kisah lanjutan Fantastic Beast sekitar beberapa minggu atau bulan. Selain karena performa filmnya yang kurang memuaskan, baik secara finansial maupun respons dari para penonton, keputusan ini juga disebabkan karena WB baru saja berganti kepemimpinan yang mungkin akan berimbas pada berbagai proyek filmnya.

Walaupun begitu, terlepas dari dilanjutkan atau tidaknya Fantastic Beasts, studio sepertinya akan tetap melanjutkan waralaba Wizarding World dengan berbagai kisah spinoff lain yang lebih menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan antusiasme penggemar terhadap berbagai proyek spinoff-nya masih bisa dibilang sangat tinggi, seperti yang dialami oleh acara spesial Return to Hogwarts yang tayang pada awal tahun ini dan juga game Hogwarts Legacy yang rencananya akan dirilis pada tahun 2022 ini.

Meskipun nantinya Secrets of Dumbledore akan menjadi akhir dari kisah prekuel Fantastic Beasts, setidaknya WB yang kini telah berganti nama menjadi Warner Bros. Discovery ini akan tetap mempertahankan waralaba Wizarding World dengan kisah-kisah ajaibnya yang akan datang. Kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya tentang nasib Fantastic Beasts pada masa yang akan datang. Bagi yang belum menonton filmnya, saat ini The Secrets of Dumbledore masih bisa kalian saksikan di bioskop-bioskop terdekat.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.