Nathaniel Richards alias Kang the Conqueror adalah supervillain Marvel yang telah melakukan debutnya sejak tahun 1964 silam. Dan sekarang, berkat popularitasnya sebagai lawan Avengers yang sering melakukan perjalanan waktu, Kang digadang-gadang akan menjadi sang ‘Big Bad Villain’ di Saga baru Marvel Cinematic Universe, mirip seperti Thanos di Infinity Saga sebelumnya. Diperankan oleh Jonathan Majors, tanda-tanda Kang sudah mulai diperkenalkan di serial Loki melalui sosok He Who Remains yang menciptakan TVA.

Selain He Who Remains, Kang The Conqueror yang asli juga dipastikan akan muncul di film Ant-Man 3 mendatang sebagai supervillain utamanya. Konsep varian sebenarnya sangat erat dengan Kang, karena di MCU sendiri, konon dia adalah orang pertama yang melakukan petualangan antar universe dan juga timeline untuk menguasai universe lain. Karena hal tersebut juga, banyak penggemar yang menganggap bahwa Kang bisa muncul kapan saja dan di tayangan MCU mana saja. Menariknya, ada sebuah easter egg di series Moon Knight yang seakan-akan mengonfirmasi keberadaan varian Kang the Conqueror lain di MCU.

Di episode 3 yang berjudul ‘The Friendly Type’, selain He Who Remains yang telah lebih dahulu debut, terlihat sebuah logo yang mirip seperti sosok Rama-Tut di jaket denim yang digunakan oleh pengikut Arthur Harrow (Ethan Hawke). Logo tersebut terlihat jelas ketika Marc Spector alias Moon Knight (Oscar Isaac) tengah menginterogasi salah satu pengikut Arthur untuk mengetahui lokasi makam Dewa Ammit. Sekilas logo berbentuk gambar hitam tersebut mirip seperti mahkota yang digunakan oleh Rama-Tut di Marvel Comics, tepatnya ketika dia melakukan perjalanan waktu dari abad ke-30 ke zaman Mesir kuno.

Siapa sebenarnya Rama-Tut? Di Marvel Comics sendiri, Rama-Tut adalah nama pertama yang dipakai Natahaniel Richards ketika dia pertama kali melakukan perjalanan waktu ke masa lalu di komik Fantastic Four #19 (1963). Nama tersebut dia ambil karena dia mendarat di zaman Mesir kuno, di mana para Firaun masih berkuasa. Setelah berhasil menguasai wilayah Mesir berkat teknologi yang dia bawa dari abad-31, dia kemudian mengukuhkan dirinya sebagai seorang Firaun yang wajib disembah oleh para pengikutnya. Kekuasaannya berakhir setelah Fantastic Four datang dan mengalahkannya.

Mesir kuno sendiri menjadi tema yang sangat penting di serial Moon Knight, karena Marc/Steven adalah avatar dari Dewa Bulan Mesir kuno yang bernama Khonshu. Selain Khonshu, di episode 3 juga telah dikonfirmasi bahwa ada banyak sekali dewa Mesir lain yang menjadi bagian dari sembilan dewa Ennead, seperti Dewa Akhirat Osiris, Dewi Kehidupan Isis, Dewa Langit Horus, Dewi Cinta Hathor, Dewi Hujan Tefnut, Dewa Padang Pasir Seth, Dewa Kematian Anubis, dan Ammit yang disembah oleh Arthur dan pengikutnya.

Meskipun tidak ada penjelasan resmi terkait easter egg Rama-Tut ini, mungkin tanpa sepengetahuan penggemar, sebenarnya dia sudah ada sejak zaman dahulu sebagai salah satu Firaun di MCU. Karena jaket tersebut digunakan oleh penyembah Ammit, mungkin Rama-Tut mempunyai hubungan dengan dewi tersebut pada masa lampau. Dan akan menjadi lebih menarik lagi jika pada akhirnya diungkap bahwa di lokasi makan Ammit, ternyata disampingnya ada makam Rama-Tut juga yang tengah menunggu dibangkitkan.

Jika seperti itu kasusnya, mungkin Rama-Tut akan menjadi ancaman lain selain Kang the Conqueror yang nanti muncul di film Ant-Man 3, sedangkan dia sendiri kedepannya akan menjadi ancaman bagi superhero lain, jika bukan Moon Knight, mungkin Fantastic Four yang saat ini filmnya tengah dikembangkan oleh Kevin Feige dan Jon Watts. Sepertinya akan menarik jika film Fantastic Four versi MCU nanti menghadirkan Rama-Tut sebagai antagonisnya, sama seperti kemunculan pertamanya di Marvel Comics.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.