Siapa yang tidak mengenal Darkseid? Supervillain yang mengklaim dirinya sebagai Dark God ini telah menjadi karakter penting yang terlibat dalam berbagai kisah besar DC. Memulai debutnya pada tahun 1970, Darkseid tercatat sebagai antagonis utama di berbagai peristiwa ikonik di DC Universe, termasuk Final Crisis, kemudian Darkseid War pada era New 52, dan yang terbaru di kisah multiverse DC yang berjudul Infinite Frontier. Dari dulu sampai sekarang, kekuatan utamanya masih tetap sama, yaitu Omega Beam.

Dengan kekuatan yang terlampau kuat tersebut, Darkseid percaya bahwa dia bisa membunuh orang lain hanya dengan menembakan Omega Beam kepada orang tersebut, di mana energi laser yang keluar dari matanya tersebut masih bisa dia kendalikan sampai benar-benar mengenai target. Namun, satu hal yang tidak dia sadari, ternyata kekuatan sakti tersebut mempunyai kelemahan yang sangat fatal dan dapat berimbas pada dirinya sendiri pada masa yang akan datang.

Di komik Flashpoint Beyond #0 karya Geoff Johns dan Eduardo Risso yang baru saja dirilis, di mana kisahnya sendiri melanjutkan peristiwa Flashpoint (2011) dan Justice League Incarnate (2021), Thomas Wayne alias Doctor Batman ternyata masih hidup dalam keadaan segar bugar, padahal sebelumnya dia diperlihatkan tewas setelah ditembak oleh Darkseid menggunakan Omega Beam-nya di kisah Incarnate. Alih-alih mengirimnya ke akhirat, ternyata Omega Beam Darkseid justru malah mengirimnya ke masa lalu.

Darkseid sendiri sampai saat ini masih belum mengetahui bahwa kekuatan andalannya ternyata sama sekali tidak membunuh korbannya, melainkan mengirimnya ke suatu dimensi alternatif atau masa lalu. Hal yang sama juga pernah terjadi di kisah Final Crisis, ketika Darkseid menembakan Omega Beam untuk membunuh Batman versi Bruce Wayne, di mana dia terlihat berubah menjadi tulang-belulang dan membuat para anggota Justice League lain bersedih, ternyata Batman yang asli masih hidup di zaman prasejarah.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kekuatan Omega Beam milik Darkseid dapat membuat targetnya ‘menghilang’ hanya dengan sekali tembak. Namun, sekarang akhirnya terungkap bahwa kelemahan fatalnya justru malah membuat para superhero kembali ke masa lalu. Hal tersebut tentunya akan menjadi sangat berbahaya bagi Darkseid sendiri, karena para superhero tersebut jadi bisa menghimpun kekuatan yang lebih besar, sampai akhirnya menemukan jalan untuk kembali.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.