Ada banyak sekali penyihir yang kisah dan latar belakangnya telah diperkenalkan dengan cukup baik oleh Marvel. Dan dari sekian banyak penyihir tersebut, Doctor Stephen Strange dan Wanda Maximoff alias Scarlet Witch adalah dua penyihir yang akhir-akhir ini namanya menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar. Hal tersebut bisa terjadi karena mereka berdua sebentar lagi akan beraksi di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang merupakan bagian dari Fase 4 Marvel Cinematic Universe.

Terlepas dari status mereka sebagai penyihir terkuat, yang selalu diperdebatan oleh banyak penggemar, sebenarnya Scarlet Witch dan Doctor Strange mempunyai perbedaan sihir yang sangat fundamental. Apalagi mereka berdua mempunyai latar belakang yang sangat berbeda sebagai penyihir. Doctor Strange mendapatkan statusnya sebagai ahli mystic art setelah melalui banyak pelatihan sihir, di sisi lain chaos magic justru telah mengalir deras di dalam darah Scarlet Witch sejak kemunculan pertamanya. Tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas seperti apa perbedaan besar antara sihir Scarlet Witch dan Doctor Strange!

Doctor Strange: Master of the Mystic Arts

Pada dasarnya Doctor Strange adalah seorang manusia biasa yang mulai mempelajari ilmu sihir dengan bantuan para ahli sihir mystic art, khususnya Ancient One. Ketika mendapatkan gelar sebagai Sorcerer Supreme, kadang-kadang Strange juga meminjam kekuatan dari makhluk lain yang disebut ‘Principalities’, seperti Dormammu, Satannish, dan Vishanti. Di komik Doctor Strange #384 (2018), Strange juga pernah diceritakan meminjam kekuatan Pohon Dunia Yggdrasill dan mengeluarkan kekuatan Void ketika berusaha mengambil gelar Sorcerer Supreme-nya yang direbut Loki.

Selain mengandalkan kemampuan sihirnya sendiri atau meminjam kekuatan dari makhluk lain, Strange juga menguasai banyak pengetahuan sihir yang memungkinkan dia untuk melakukan banyak hal, termasuk memanipulasi elemen, teleportasi, menciptakan ilusi, bahkan mengendalikan waktu dengan bantuan Eye of Agamotto. Strange sendiri sangat mengandalkan kemauan, konsentrasi, dan upayanya dalam mempertahankan ilmu sihir, karena pada umumnya dia ‘meminjam’ setiap sihirnya dari makhluk lain yang lebih sakti.

Di MCU sendiri, Strange selalu terlihat menggunakan kemampuan sihir manipulasinya dengan sangat efektif, di mana hal tersebut bisa dia lakukan setelah melalui berbagai macam pelatihan yang sangat intens. Untuk menghemat waktu berlatih, Strange sering terlihat meninggalkan tubuhnya ketika tertidur dan mulai berlatih dalam mode astral. Peristiwa Infinity Wars (2018), bahkan dengan sangat jelas memperlihatkan kemampuan sihir Strange yang hampir mengimbangi Thanos, padahal pada saat itu sang Mad Titan telah mempunyai beberapa Infinity Stone yang terpasang di Infinity Gauntlet-nya.

Scarlet Witch: Queen of Chaos

Di sisi lain, Scarlet Witch adalah sosok yang sejak awal sudah diberkahi kemampuan sihir. Sementara Marvel Comics menceritakan bahwa Scarlet menjadi penyihir setelah menjadi kelinci percobaan High Evolutionary, MCU memperlihatkan bahwa kemampuan sihirnya bangkit setelah terpapar Mind Stone saat terlibat eksperimen Hydra yang diprakarsai oleh Baron Strucker. Kemampuan sihir yang pada akhirnya dikenal sebagai Chaos Magic ini memungkinkan Scarlet untuk memanipulasi realitas sampai ke tingkat yang bahkan tidak bisa dibayangkan oleh penyihir lain.

Di Marvel Comics sendiri sempat dijelaskan bahwa Chaos Magic milik Scarlet sebenarnya berasal dari sisa energi Elder God Chthon. Dengan sisa energi Elder God yang dikombinasikan dengan potensi sihirnya, Scarlet tidak hanya memanipulasi realitas saja, tetapi juga bisa menembakan proyektil sihir, terbang, melakukan telepati serta telekinesis, teleportasi, dan menciptakan ilusi. Sihirnya sering disebut juga sebagai ‘kutukan’, di mana dia bisa mewujudkan apa yang ada di dalam pikirannnya menjadi sesuatu yang nyata, termasuk menghidupkan sesuatu yang sudah mati atau mematikan sesuatu yang hidup.

Sampai sekarang tidak ada yang mengetahui batasan dari kemampuan sihir dari Scarlet. Di film Infinity Wars, Scarlet bahkan bisa menghancurkan Mind Stone di kepala Vision, sambil menahan Thanos seorang diri. Kemudian serial solonya, WandaVision, dia bisa mengubah realitas sebuah kota menjadi seperti yang ada di pikirannya, termasuk menghidupkan ‘kesadaran’ Vision, serta menciptakan dua anak kembarnya, Billy dan Tommy Maximoff. Dalam buku Darkhold bahkan disebutkan bahwa Scarlet Witch adalah sosok yang mampu menandingi Sorcerer Supreme sekaligus ditakdirkan untuk menghancurkan dunia.

Berbeda dengan Strange, sihir Scarlet tidak membutuhkan kekuatan sihir dari luar. Meskipun sihir Chaos Magic-nya terpaut pada Elder God Cthon, tetapi secara keseluruhan semuanya tergantung pada kemampuannya dalam mengolah energi sihir. Perbedaan kemampuan sihir ini lah yang pada akhirnya membuat Doctor Strange dan Scarlet Witch mempunyai keunggulannya masing-masing. Jika mereka berdua saling bertarung, siapa yang menurut kalian akan menang, Geeks? Semoga saja kita bisa menemukan jawabannya di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang akan tayang pada 4 Mei nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.