Steve Rogers alias Captain America adalah salah satu karakter tertua dari Marvel Comics, yang juga hadir dalam versi live action di Marvel Cinematic Universe dengan diperankan oleh Chris Evans. Debut di film Captain America: The First Avenger (2011), Steve diceritakan menjadi super soldier yang mempunyai kekuatan fisik super dan lebih atletis setelah menerima serum ciptaan Dr. Abraham Erskine. Sejak saat itu dia lebih dikenal penggemar sebagai Captain America pertama sekaligus simbol kepahlawanan di MCU.

Setelah tampil dengan film solo pertamanya, Captain America kembali hadir di berbagai film MCU lainnya, termasuk The Avengers (2012) sebagai salah satu pendiri dari tim ‘Superhero Terbaik Bumi’, The Winter Soldier (2014), Age of Ultron (2015), Civil War (2016), Infinity War (2018), dan Endgame (2019), di mana dia menyatakan pensiun dan menyerahkan perisai andalan Captain America kepada sahabatnya, Sam Wilson alias Falcon yang diperankan oleh Anthony Mackie. Sam pada akhirnya meneruskan warisannya dengan menjadi Captain America baru di serial The Falcon and the Winter Soldier (2021).

Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, perisai Captain America sendiri ternyata mendapatkan pembaruan detail ketika digunakan oleh Sam di serial TFATWS. Dan sekarang, dalam sebuah wawancara terbarunya dengan Phase Zero, ahli properti Marvel Studios Russell Bobbitt mengungkapkan alasan di balik pembaruan desain perisai Captain America. Boobitt menjelaskan bahwa dia mewujudkan perisai baru tersebut berdasarkan kalimat Steve kepada Sam yang mengatakan, “Saya telah menambahkan beberapa pembaruan. Saya ingin kau menggunakannya. Ini sekarang perisaimu, bukan miliku.”

Bobbitt juga mengatakan bahwa yang mendorongnya untuk mengubah desain perisai Captain America adalah presiden Marvel Studios sendiri, yaitu Kevin Feige. “Motivasinya datang langsung dari direktur [Marvel Studios]. Dia mengatakan mari kita ubah,” tambah Bobbitt. “Kevin [Feige] melihat langsung saat Captain America lama memberikan perisainya, saat itulah kami mulai memperkenalkannya. Karena mengetahui bahwa akan ada lebih banyak lagi yang bisa dilihat di Falcon and the Winter Soldier.”

Meskipun desain barunya tidak terlalu berpengaruh terhadap kekuatan atau kehebatan dari warisan Captain America ini, tetapi tidak bisa dimungkiri juga bahwa detail tambahannya telah memberikan efek yang lebih gagah ketika digunakan oleh Captain America baru dari Sam Wilson. Kita nantikan saja aksi Captain America baru dan juga perisai andalannya ini di film Captain America 4, yang saat ini tengah dikembangkan oleh Marvel Studios dan diharapkan akan tayang pada masa depan MCU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.