Semua penggemar setia Marvel pasti sepakat bahwa Avengers adalah tim Superhero Terbaik Bumi yang beranggotakan para superhero populer, termasuk Captain America, Iron Man, Hulk, Hawkeye, dan masih banyak lagi. Namun, terbaik bukan berarti terkuat, karena pada kenyataannya ada tim super lain yang jauh lebih kuat dari Avengers, yaitu Annihilators. Ada banyak alasan mengapa tim super yang satu ini dianggap lebih kuat dari Avengers, bahkan mungkin paling kuat di Marvel Universe. Digambarkan sebagai tim “Guardians of the Galaxy yang sesungguhnya”, mari kita bahas lebih lanjut seperti apa Annihilators di Marvel Universe!

Annihilator, Galaxy’s Mightiest Heroes

Annihilators adalah tim superhero yang diciptakan oleh Dan Abnett, Andy Lanning, dan Miguel Sepulveda, melalui sebuah komik berjudul Thanos Imperative: Devastation (2011) yang merupakan kisah lanjutan dari peristiwa Annihilation (2006). Setelah supervillain Annihilus dikalahkan oleh Nova, supervillain baru diceritakan muncul, mereka adalah Magus dan Lord Mar-Vell dari Cancerverse. Untuk menghentikan tujuan mereka yang ingin menggabungkan universe utama dengan Cancerverse, anggota Guardians of the Galaxy seperti Star-Lord dan Nova diceritakan terpaksa harus melakukan pergorbanan heroik.

Cosmo the Space Dog yang pada saat itu membawa impian dari mendiang Star-Lord, terkait sebuah tim super yang jauh lebih hebat dari Guardians, diceritakan berkeliling galaksi untuk mencari para pejuang berkekuatan kosmik yang mau mewujudkan impian tersebut. Nantinya tim super ini dimaksudkan untuk menghalau invasi supervillain bernama Blastaar yang ingin menguasai planet Kree dan juga menyerang ibu kota Inhuman yang disebut Attilan alias Island of the Gods di Bumi. Cosmo sendiri akhirnya menemukan Quasar, Silver Surfer, Ronan the Accuser, Gladiator, Beta Ray Bill, dan Ikon.

Ketelibatan dari kelima superhero tangguh inilah yang membuat Annihilators dianggap sebagai tim terkuat di Marvel Universe. Quasar adalah superhero berkekuatan kuantum yang dapat mengubah tubuhnya menjadi seperti apapun, kemudian Silver Surfer adalah seorang herald Galactus yang sangat terkenal, Ronan adalah cyborg terkuat yang pernah diciptakan oleh ras Kree, Gladiator sering digambarkan sebagai pejuang terhebat dalam sejarah ras Strontian, Beta Ray Bill yang mendapatkan kekuatan Dewa Petir digadang-gadang hampir sama hebatnya dengan Thor, dan Ikon adalah Galadorian Spaceknight yang mampun mengevaluasi kekuatan serta kelemahan musuh-musuhnya.

Kelima pejuang kosmik ini kemudian mendirikan markas Annihilators di tengkorak Celestial yang disebut Knowhere. Sejak saat itu mereka telah berhasil mengalahkan banyak supervillain, termasuk Doctor Dredd dan Wraith Queen yang yang berusaha merilis Black Sun untuk menghancurkan planet Galador, kemudian Immortus yang mereka temui di dimensi Limbo, serta kelompok surgawi Universal Church of Truth dan inkarnasi Magus yang mencoba menguasai Bumi. Semua villain tersebut terbukti bertekuk lutut di hadapan kekuatan kosmik para anggota Annihilators.

Nasib Annihilators Sekarang

Petualangan terakhir Annihilators terjadi di komik Thanos: Infinity Revelation (2014), di mana mereka bertarung dengan Thanos dan Adam Warlock. Di tangan sang Mad Titan dan Warlock inilah akhirnya Annihilators diceritakan kalah, yang pada akhirnya mengarah pada pembubaran mereka. Tidak dijelaskan mengapa mereka memutuskan untuk bubar, tetapi kemungkinan besar keputusan itu diambil karena mereka merasa tidak alasan lain untuk mempertahankan Annihilators.

Kisah terbaru Beta Ray Bill memperlihatkan dia berhasil mengalahkan Surtur dan menjadikan Twilight Sword sebagai senjata andalan barunya. Saat ini identitas Quasar masih dipegang oleh Wendell Vaughn yang bergabung dengan Guardians of the Galaxy saat bertempur melawan Dormammu, Gladiator terakhir kali terlihat berkoalisi dengan X-Men untuk menggabungkan Shi’ar dengan Krakoa, dan Silver Surfer menjadi bagian dari Defenders yang terbukti berhasil menyegel supervillain Omnimax. Sedangkan Ikon dan Ronan tidak seberuntung yang lain, karena planet Galador diceritakan hancur dan Ronan diceritakan mati setelah disiksa oleh Kree Empire.

Meskipun Annihilators dibubarkan dan para anggotanya berjalan masing-masing, tetapi bukan berarti mereka akan seperti itu selamanya. Seperti impian Star-Lord, suatu saat nanti jika ada ancaman yang lebih besar di mana Guardians of the Galaxy atau Avengers tidak bisa mengatasinya, mungkin Annihilators akan kembali. Dan jika Avengers adalah Tim Superhero Terbaik Bumi, sampai saat ini Annihilators masih tetap dijuluki sebagai Tim Terbaik Galaksi. Kita nantikan saja reuni dan aksi mereka pada masa depan Marvel Universe ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.