Buah iblis menjadi hal yang sangat fundamental dalam cerita di seri One Piece. Ini dikarenakan buah iblis menjadi sumber kekuatan, yang membuatnya banyak diincar oleh banyak orang. Mereka semua ingin memiliki kekuatan dahsyat yang dihasilkan dari buah iblis.

Paramecia adalah salah satu jenis buah iblis yang banyak dimunculkan dalam ceritanya. Sebagian besar pemilik kekuatan buah iblis merupakan mereka yang memiliki kekuatan Paramecia. Selain dalam cerita utama/kanon, Oda Sensei juga menghadirkan berbagai varian buah iblis Paramecia lainnya dalam versi non-kanon. Lalu, apa saja buah iblis yang tersebut?

Gol Gol No Mi

Gild Tesoro merupakan villain yang muncul dalam filmĀ One Piece Film: Gold. Dia merupakan seorang raja kasino, dan juga pemilik dari Grand Tesoro, kapal hiburan terbesar di dunia. Gild Tesoro memiliki kemampuan buah iblis Paramecia yaitu Gol Gol no Mi, yang mana membuatnya bisa mengubah apa pun menjadi emas dengan cara menyentuhnya.

Selain itu, Gild Tesoro juga mampu memanipulasi apa pun menjadi emas. Atau yang paling mengerikan adalah dia bisa memasukan serbuk emas ke tubuh lawannya, sehingga mereka perlahan berubah menjadi emas. Yang unik adalah meskipun buah iblisnya memiliki kemampuan seperti halnya Logia, namun buah iblis ini merupakan buah iblis Paramecia.

Goe Goe No Mi

Goe Goe no Mi merupakan buah iblis berjenis Paramecia yang memberikan kemampuan penggunanya untuk menciptakan laser dari suara saat penggunanya berteriak dengan sangat kencang. Energi yang dihasilkan dari serangan epik tersebut menghasilkan ledakan yang yang cukup besar. Cara kerjanya mirip seperti meriam Gaon yang ada di kapal Thousand Sunny.

Sayangnya, dibalik kekuatan dahsyat dari Goe Goe no Mi ini ternyata ada kelemahan yang cukup besar di mana kekuatan ini tidak cukup kuat ketika harus menghadapi permukaan yang lunak. Akibatnya Luffy berhasil membalikan serangan tersebut berkat kemampuan karetnya. Kemampuan ini dimiliki oleh El Drago, antagonis utama dari One Piece Movie yang pertama.

Hiso Hiso No Mi

Hiso Hiso no Mi merupakan salah satu buah iblis non kanon pertama yang diperkenalkan di awal seri animenya. Buah iblis Paramecia ini membuat penggunanya mampu berbicara dengan hewan. Namun, cara berbicaranya ini dilakukan tidak secara langsung alias secara telepati atau menggunakan pikiran. Buah iblis ini sendiri dikonsumsi oleh seorang gadis kecil bernama Apis.

Dengan kemampuan buah iblis tersebut Apis pun bisa memahami apa yang diucapkan atau diinginkan oleh para hewan. Apis sendiri muncul di awal serinya ketika Luffy dan kru Topi Jerami hendak memasuki wilayah Grand Line. Hiso Hiso no Mi termasuk buah iblis yang unik karena buah iblis ini tidak memberikan penggunanya kemampuan untuk bertarung.

Gutsu Gutsu No Mi

Gutsu Gutsu no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang membuat penggunanya bisa melakukan hal yang berkaitan dengan peleburan. Misalnya, pengguna buah iblis ini bisa meleburkan berbagai material alam seperti perak di tubuhnya. Penggunanya juga bisa memanfaatkan bagian dalam tubuhnya untuk digunakan sebagai senjata, atau membentuknya menjadi berbagai hal yang dia inginkan.

Buah iblis ini sempat dimiliki oleh beberapa orang, namun Bill adalah pemilik terakhir dari buah iblis Gutsu Gutsu no Mi. Bill merupakan lawan yang dihadapi oleh Law dan Luffy di arc Silver Mine dalam seri animenya. Namun, sayangnya, dalam pertarungan tersebut Bill diceritakan kalah dan tewas.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.