Moon Knight adalah salah satu superhero Marvel yang akhir-akhir ini namanya makin santer dibicarakan oleh para penggemar. Hal tersebut disebabkan karena karakter populer ini baru saja melakukan debut MCU-nya dengan sebuah serial solo yang diperankan oleh Oscar Isaac. Di serialnya yang tayang di Disney+, Moon Knight diperkenalkan dengan sangat gagah, di mana dia mengenakan “healing costume” dari dewa Bulan Khonshu serta senjata crescent dart yang mematikan. Terlepas dari betapa kerennya dia di serial MCU, di Marvel Comics sendiri sebenarnya Moon Knight mempunyai lebih banyak lagi peralatan tempur. Berikut perlengkapan Moon Knight di Marvel Universe!

Kostum Super Kuat dan Canggih

Meskipun di serial MCU dia terlihat mengenakan kostum bergaya mumi yang bisa muncul dan dipakai secara gaib, tetapi di Marvel Comics sebenarnya dia membuat kostumnya sendiri yang didanai secara penuh oleh Steven Grant, salah satu alter egonya yang diceritakan sangat kaya raya. Kostum pertamanya terbuat dari bahan anti peluru yang disebut carbonadium, di mana bahan tersebut konon sangat ringan sehingga memungkinkan dia bergerak lebih leluasa ketika bertempur dengan para musuhnya.

Setelah bergabung dengan West Coast Avengers, Moon Knight kemudian mendapatkan pembaruan kostum yang lebih kuat dari sebelumnya. Di komik Marc Spector: Moon Knight (1992), kostum keduanya diceritakan terbuat dari bahan yang sama seperti cakar Wolverine dan perisai Captain America, yaitu adamantium. Kostum barunya ini dilengkapi dengan peralatan canggih, seperti penembak crescent dart dan senter yang memungkinkan dia untuk melakukan petualangan di tempat-tempat gelap.

Selain untuk pertahanan diri, kostum Moon Knight juga dilengkapi dengan glider cloak yang memungkinkan dia untuk melayang ketika beraksi. Meskipun Moon Knight tidak bisa terbang, tetapi glider cloaknya ini membuat dia bisa menyergap musuh dari ketinggian. Berbeda dari versi serialnya yang tahan peluru, cloak atau jubahnya di Marvel Universe justru tidak terbuat dari bahan yang anti peluru, karena Moon Knight hanya memfungsikannya sebagai alat untuk membuatnya melayang dan sebisa mungkin tidak dibuat dari bahan yang akan mengganggu gerakannya.

Senjata Tempur Multifungsi

Selain kostum yang superkuat dan canggih, Moon Knight juga terkenal sebagai superhero yang sering menggunakan banyak senjata ketika bertempur. Meskipun dia terbukti bisa menggunakan semua senjata konvensional karena keahlian Marc Spector sebagai mantan tentara bayaran, tetapi Moon Knight juga mempunyai senjata sendiri yang menjadi ciri khasnya ketika bertarung. Berikut deretan senjata khas yang dimiliki oleh Moon Knight:

  • Ankhs: Alat berbentuk simbol dari mitologi Mesir kuno yang akan menyala ketika ada bahaya mendekat. Alat ini juga bisa digunakan untuk menyerang lawan dengan cara dihantamkan atau dilemparkan. Versi saktinya yang disebut Divine Ankhs bahkan bisa digunakan untuk menyerap kekuatan dari superhero lain yang nantinya kekuatan tersebut bisa dia gunakan ketika dibutuhkan.
  • Crescent Dart: Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, crescent dart adalah logam tajam berbentuk bulan sabit yang cukup sering dilemparkan oleh Moon Knight untuk melumpuhkan musuh-musuhnya.

  • Crescent Pistol: Selain dilemparkan dengan tangan kosong, crescent dart juga bisa ditembakan dengan menggunakan crescent pistol. Moon Knight sendiri mempunyai dua crescent pistol yang pelurunya bisa diganti dengan scarab dart atau tali kabel yang biasanya digunakan untuk mengikat musuh ketika ditembakan.
  • Silver Cestus: Alat ini berfungsi seperti knuckle yang dipasangkan di kepalan tangan Moon Knight. Terbuat dari logam yang sangat keras dan tajam, silver cestus dapat membuat tinju Moon Knight menjadi lebih mematikan.

  • Energy Shield: Berbentuk seperti perisai Captain America, energy shield ini bisa keluar dari tangan Moon Knight dan membuatnya terlindungi dari serangan gaib maupun fisik. Meskipun terbuat dari energi, tetapi perisai ini terbukti cukup kuat untuk menahan tembakan peluru.
  • Bracer: Dipasangkan di kedua pergelangan tangannya, bracer canggih ini bisa menembakan tali kabel yang berfungsi sebagai grapple hook untuk mencapai tempat tinggi atau mengayun seperti Spider-Man. Selain itu, bracer ini juga bisa mengeluarkan cakar buatan yang menyerupai cakar adamantium milik Wolverine.

  • Baton: Senjata berbentuk tongkat kecil ini berfungsi ketika Moon Knight bertarung dari jarak dekat. Baton ini dilengkapi dengan sengatan listrik di ujungnya, dan bisa digabungkan menjadi tongkat yang lebih panjang atau menjadi tongkat tiga bagian yang disebut sansetsukon.
  • Ivory Boomerang: Berfungsi seperti crescent dart, ivory boomerang adalah senjata yang dilemparkan dan akan kembali ke tangan Moon Knight. Di serial MCU, sepertinya ivory boomerang digabungkan dengan crescent dart yang bisa kembali ketika dilemparkan.

Selain berbagai senjata utamanya ini, Moon Knight juga mempunyai berbagai senjata lain yang tidak terlalu sering digunakan, seperti bola asap yang ditembakan dan berfungsi untuk mengganggu pergerakan musuh, kemudian ada juga rantai besi yang digunakan untuk mengikat dan melukai lawan, dan dua senjata api uzi yang biasanya dia bawa jika Moon Knight menginginkan pertarungan yang lebih brutal.

Kendaraan Tempur Berbentuk Bulan Sabit

Untuk membawa kostum cadangan dan peralatan canggih ke berbagai lokasi, Moon Knight mengandalkan sebuah pesawat berbentuk bulan sabit yang diberi nama Moon-Copter. Pesawat yang telah menemani Moon Knight sejak debutnya ini memungkinkan Moon Knight untuk mencapai sebuah lokasi dengan cepat, serta memantau pergerakan musuh dari ketinggian. Di dalam Moon-Copter sendiri biasanya ada sebuah pesawat yang lebih kecil disebut Angel Wing, di mana pesawat kecil ini bisa diterbangkan seperti drone.

Itulah berbagai peralatan tempur Moon Knight di Marvel Universe. Dengan semua yang dimilikinya ini, di mana Moon Knight sering terlihat menciptakannya sendiri atau dibantu oleh kaki tangannya yang bernama Duchamp dan Buck Lime, tidak aneh jika Moon Knight dianggap mirip seperti Batman dari DC. Syukurnya, dengan beberapa penyesuaian yang dilakukan di MCU, akhirnya Moon Knight lebih terasa unik dan tidak terlalu bergantung kepada teknologi. Walaupun begitu, bukan tidak mungkin berbagai peralatannya ini akan muncul juga pada masa depan MCU nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.