Dalam beberapa tahun terakhir, jagat sinematik tampaknya sangat diminati oleh banyak penggemar film di seluruh dunia. Sebut saja Marvel Studios dengan Marvel Cinematic Universenya yang telah merajai box office selama lebih dari sepuluh tahun. Kemudian ada juga MonsterVerse yang telah membawa Godzilla dan para kaiju ke Hollywood. Dan tidak ketinggalan juga DC Extended Universe yang dikembangkan oleh Warner Bros., di mana banyak sekali penggemar DC yang sangat ingin melihat DCEU bersinar.

Dimulai dengan film Man of Steel (2013) yang digarap oleh sutradara Zack Snyder, sampai film Zack Snyder’s Justice League (2021) yang sepertinya mengakhiri keterlibatan sang sutradara, popularitas jagat sinematic DC tampaknya telah mengalami fase naik turun di mata penggemar. Dan tidak sedikit juga yang merasa bahwa salah satu penyebab DCEU sulit berkembang adalah karena inkonsistensi WB terhadap semua elemen di dalam jagat sinematiknya yang sebenarnya cukup potensial.

Terlepas dari kontroversi tersebut, baru-baru ini, Variety melaporkan bahwa WB, yang sekarang berganti nama menjadi Warner Bros. Discovery, berencana untuk merombak ulang DC Entertainment. Hal tersebut bisa terjadi setelah akuisisi Discovery terhadap WarnerMedia beberapa waktu lalu. CEO baru WB, David Zaslav, memulai kepemimpinannya dengan menggagas sebuah ide untuk membuat konten DC menjadi lebih padat.

Saat ini Zaslav tengah mencari kandidat pemimpin baru untuk berbagai proyek tayangan DC, dia menginginkan sosok yang berpengalaman dalam menciptakan dan mengelola kekayaan intelektual, mirip seperti Kevin Feige dengan Marvel Cinematic Universe-nya. Lebih spesifik lagi, salah satu sumber terpercaya dari Variety mengatakan bahwa Zaslav kurang begitu tertarik dengan orang yang bergerak di bidang kreatif, sebagai gantinya dia justru mengharapkan orang dengan latar belakang bisnis agar semua elemen di dalam DC dapat bergerak dengan selaras.

Keputusan terbaru WB ini kemungkinan besar akan memengaruhi berbagai proyek DC mendatang, di mana itu semua mereka lakukan dengan harapan agar bisa segera mengimbangi Marvel. Walaupun begitu, beberapa proyek tayangan yang cukup sukses, seperti Aquaman, The Batman, The Suicide Squad, Joker, dan Peacemaker, mungkin akan tetap dipertahankan dan lebih dikembangkan lagi. Semoga saja gebrakan terbaru ini dapat membuat tayangan DC makin menarik dan lebih berkualitas kedepannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.