Moon Knight adalah salah satu superhero Marvel yang akhir-akhir ini namanya cukup populer di kalangan penggemar. Hal itu disebabkan karena avatar dari dewa Bulan Khonshu ini baru saja melakukan debut Marvel Cinematic Universe-nya melalui serial Moon Knight yang tayang di Disney+ dan diperankan oleh Oscar Isaac. Sejarah Moon Knight di Marvel Comics sendiri bisa dibilang sudah cukup kaya, di mana selain melakukan petualangan solonya, dia juga telah bergabung dengan banyak tim superhero di Marvel Universe.

Sampai hari ini, Moon Knight sendiri tercatat sebagai anggota resmi dari banyak tim super, termasuk Midnight Sons, Secret Avengers, West Coast Avengers, dan Defenders. Dan yang tidak kalah menariknya lagi, ternyata selain terlibat dalam tim yang dibentuk oleh superhero lain, belum lama ini dia juga baru saja mendirikan tim supernya sendiri. Dengan banyaknya alter ego Moon Knight, termasuk Marc Spector, Steven Grant, Jake Lockley, dan Mr. Knight, ternyata mereka semua sepakat untuk mendirikan tim super mereka sendiri yang diberi nama ‘Midnight Mission’.

Pertama kali diceritakan pada tahun 2021 melalui komik Moon Knight (Vol. 9) #1, Midnight Mission pada dasarnya adalah tim super yang dibentuk khusus untuk melindungi para pengembara malam yang dulunya dilindungi oleh Khonshu. Semuanya bermula ketika Moon Knight berhasil mengalahkan Khonshu di kisah ‘Age of Khonshu’. Sebelumnya diceritakan bahwa setelah berhasil menguasai kekuatan para Avengers, Khonshu yang pada saat itu berusaha menguasai Bumi, pada akhirnya tetap bisa dikalahkan oleh Moon Knight yang dirasuki oleh Phoenix Force.

Merasa malu dengan kekalahannya, sang Dewa Bulan tersebut memutuskan untuk tidak mau lagi menjadi sosok dewa yang disembah. Sejak saat itulah Moon Knight akhirnya mendirikan Midnight Mission untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Khonshu. Bermarkas di Kota Manhattan, Moon Knight kemudian mengklaim sebagian wilayah sebagai daerah kekuasaannya dan melindungi siapa pun yang ada di dalamnya. Pintu Midnight Mission sendiri dibuka untuk siapa saja yang membutuhkan bantuannya, di mana semuanya berkonsultasi terlebih dahulu melalui alter ego Mr. Knight.

Salah satu misi pertama Midnight Mission adalah menyelamatkan sekelompok orang yang diubah menjadi vampir oleh sekte pemuja vampir. Setelah membunuh para pemimpinnya, Moon Knight kemudian dihampiri oleh seorang vampir wanita bernama Reese yang memohon pengampunan kepadanya. Dia kemudian memutuskan untuk mempekerjakan Reese sebagai tangan kanan sekaligus resepsionis di markas Midnight Mission. Tidak lama setelah itu, Dr. Badr alias Hunter’s Moon juga bergabung dengan Midnight Mission, tepatnya saat dia berhasil mengalahkan supervillain Zodiac yang iri kepada Moon Knight. 

Tidak berhenti sampai di situ saja, markas Midnight Mission juga tumbuh makin besar setelah Mr. Knight melakukan kesepakatan dengan rumah berhantu House of Shadows dan menjadikannya markas utama. Sebagai tim super yang masih baru, kemungkinan Midnight Mission akan bertumbuh makin besar lagi dengan lebih banyak anggota baru yang lebih tangguh. Kita lihat saja nanti apakah tim super baru ini mampu mempertahankan eksistensinya atau tidak. Itulah pembahasan mengenai tim superhero Midnight Mission yang dibentuk oleh Moon Knight di Marvel Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.