Moon Knight merupakan serial terbaru Marvel Cinematic Universe yang saat telah memasuki minggu ketiga penayangannya. Tayang secara eksklusif di Disney+, serialnya berfokus pada petualangan Marc Spector/Steven Grant (Oscar Isaac) sebagai avatar Khonshu, dewa Bulan dari mitologi Mesir kuno. Dalam petualangannya kali ini, sang Fist of Khonshu harus berhadapan dengan mantan avatar Khonshu yang sekarang telah menjadi avatar dewa Ammit, di mana dia ingin membangkitkan Ammit dari makamnya.

Sebagai bagian dari Fase 4 MCU, banyak penggemar yang sangat penasaran dengan masa depan Moon Knight, termasuk ketika nanti dia bertemu dengan para superhero lain dan mungkin membentuk Avengers baru. Di Marvel Comics sendiri, ternyata Moon Knight adalah salah satu anggota Avengers yang cukup berpengaruh, dia cukup sering berkontribusi ketika ‘Tim Superhero Terbaik Bumi’ ini menghadapi para supervillain tangguh. Seperti apa sepak terjang Moon Knight bersama Avengers di Marvel Universe? Simak daftarnya di bawahnya ini, Geeks!

West Coast Avengers

Pada tahun 1987, Moon Knight pernah diajak bergabung dengan West Coast Avengers, yang awalnya didirikan oleh Vision untuk mendukung Avengers utama saat peristiwa Secret Wars. Hal tersebut bisa terjadi karena Moon Knight telah menyelamatkan para anggota WCA, termasuk Hawkeye, saat mereka tersesat di Mesir. Di WCA dia bahkan mempunyai hubungan asmasra dengan Tigra dan cukup sering mengunjungi Avengers Mansion di Kota New York. Bersama WCA, Moon Knight terbukti menjadi anggota yang cukup berpengaruh ketika mereka menghadapi supervillain cerdas bernama High Evolutionary, dan juga saat WCA bertempur melawan kelompok tentara bayaran yang disebut Night Shift.

Secret Avengers

Ketika Secret Avengers dibentuk, Moon Knight pernah diceritakan menjadi salah satu anggotanya setelah diajak oleh Captain America pada tahun 2011. Meskipun beberapa anggota Secret Avengers ada yang tidak suka kepadanya karena Moon Knight menderita kepribadian ganda, tetapi Cap tetap memercayainya dan mengirimnya untuk melakukan beberapa misi, termasuk ketika Secret Avengers mendapat misi ke Mars dan saat Moon Knight mendapatkan misi khusus untuk menyusup ke kota bawah tanah Secret Empire. Di Secret Avengers, dia bekerja sama juga dengan Black Widow, Beast, dan War Machine.

One Man Avengers

Sepanjang sejarahnya bersama Avengers, kisah di komik solonya pada tahun 2011 mungkin adalah yang terbaik, di mana dia bertindak sendirian atas nama Avengers. Ketika Captain America memberinya tugas untuk menginvestigasi kasus kriminal di Los Angeles, alih-alih bekerja bersama yang lain, dia malah memutuskan untuk menyelesaikannya sendiri. Dalam prosesnya, Moon Knight yang kewalahan akhirnya menerima bantuan dari Echo dan Thor, karena musuh yang dia hadapi adalah Count Nefaria, Madame Masque, dan kelompok mafianya yang disebut Maggia. Berkat peran Moon Knight pada akhirnya Avengers berhasil menyelesaikan masalah kriminal di Los Angeles dengan lebih cepat.

Avengers Vs. X-Men

Satu tahun setelah membuktikan kemampuannya di peristiwa Los Angeles, Avengers kembali memanggil Moon Knight ketika mereka berkonflik dengan X-Men pada tahun 2012. Saat Avengers merasa khawatir dengan sekolah X-Men yang terus menambah murid baru, Moon Knight diutus untuk mengawasi pergerakan sekolah tersebut. Bukannya mereda, misi yang dilakukan oleh Moon Knight ini justru malah mengarah pada pertempuran yang lebih besar. Dalam misi ini Moon Knight ditemani oleh She-Hulk dan Falcon yang terbukti sama-sama tidak bisa menahan emosi.

Age of Khonshu

Di kisah ‘Age of Khonshu’ yang dirilis pada tahun 2020, kali ini Moon Knight tidak berperan sebagai Avengers, melainkan sebagai sosok yang berusaha menyerap kekuatan dari para anggota Avengers untuk menyelamatkan Khonshu dari cengkraman Mephisto. Adapun Avengers yang menjadi korban Moon Knight adalah Iron Fist, Doctor Strange, Ghost Rider, dan Thor. Setelah dia berhasil mengalahkan Mephisto dan sempat dirasuki juga oleh Phoenix Force, dia akhirnya mengembalikan semua kekuatannya. Saat Black Panther mengajaknya untuk bergabung dengan Avengers, Moon Knight menolaknya dan lebih memilih untuk mendirikan Midnight Mission untuk membantu yang membutuhkan.

Secara garis besar, itulah sepak terjang Moon Knight dengan Avengers dari tahun 80-an sampai sekarang. Di Avengers sendiri, Moon Knight adalah anggota yang dikenal mempunyai emosi tidak stabil, di mana dia cukup sering dimusuhi oleh anggota lain. Walaupun begitu, dia tetap menjadi anggota yang berpengaruh dan bisa dibilang cukup unik karena Avengers menjadi lebih berwarna ketika dirinya bergabung. Apakah kita akan melihat kejadian serupa di MCU, di mana Moon Knight bekerja sama dengan Tim Superhero Terbaik Bumi? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.