Dengan tema cerita tentang bajak laut, wajar jika One Piece menghadirkan banyak karakter-karakter bajak laut kuat dalam cerita manga atau pun animenya. Para karakter bajak laut kuat tersebut ada yang berpetualang sendiri, namun ada juga yang tergabung dalam sebuah kru atau kelompok bajak laut. Dan berbicara mengenai kru bajak laut, ada banyak kru yang muncul dalam ceritanya.

Kita mengenal kru Topi Jerami, yang merupakan kru bajak laut yang menjadi protagonis utama ceritanya. Dan ada juga banyak kru bajak laut hebat lainnya. Meskipun begitu, tidak semua kru bajak laut tersebut bisa bertahan lama. Ada juga kru bajak laut yang pada akhirnya harus bubar, karena satu dan lain hal. Lalu, kru bajak laut mana saja yang sudah bubar di cerita One Piece?

Kelompok Bajak Laut Rocks

Kelompok bajak laut Rocks adalah kelompok bajak laut legendaris yang sangat luar biasa. Jauh sebelum Gol D. Roger memulai karirnya sebagai bajak laut, ternyata di lautan sudah ada kelompok bajak laut yang populer yang bahkan menjadi incaran dari Pemerintah Dunia dan juga angkatan laut, yaitu kru bajak laut Rocks D. Xebec.

Mereka dikenal sebagai kelompok bajak laut terkejam dan paling ganas, bahkan cerita tentang mereka pun tidak tercatat dalam sejarah. Kelompoknya berisi orang-orang yang hebat seperti Kaido, Whitebeard, dan Big Mom. Sayangnya, mereka kalah dalam peristiwa di God Valley 38 tahun yang lalu dan memutuskan untuk bubar.

Bajak Laut Roger

Tidak diragukan lagi, salah satu kelompok bajak laut paling kuat dan paling dahsyat di serinya adalah kelompok bajak laut Roger. Kelompok ini dipimpin oleh Gol D. Roger, sang raja bajak laut. Mereka diketahui menjadi satu-satunya kelompok bajak laut yang berhasil pergi ke ujung New World dan mencapai Laugh Tale.

Dengan semua pencapaiannya, Roger dianggap sebagai ancaman besar oleh Pemerintah Dunia. Kru bajak laut Roger juga dikenal memiliki karakter yang hebat seperti Silvers Rayleigh, Scopper Gaban, Kozuki Oden, dan yang lain. Kru bajak laut ini memutuskan untuk membubarkan diri setelah misi besar mereka untuk pergi Laugh Tale sudah tercapai. Dan para krunya pun memutuskan untuk berpencar.

Bajak Laut Whitebeard

Kelompok bajak laut Whitebeard dipimpin oleh kapten mereka yaitu Edward Newgate alias Whitebeard. Dan di bawah arahannya, mereka pun menjadi salah satu kru bajak laut paling besar dan paling kuat di dunia. Kru bajak laut Whitebeard juga merupakan rival dari kru bajak laut Roger. Dengan seringnya pertempuran yang terjadi, mereka justru saling menghormati satu sama lain.

Dengan kekuatan kru yang dahsyat, kru bajak laut Whitebeard juga dikenal sebagai ancaman besar oleh Pemerintah Dunia. Sayangnya, peristiwa besar di Marineford menjadi momen kehancuran dari kelompok ini. Mereka gagal menyelamatkan Ace dari kematiannya. Selain itu, mereka juga harus menerima kenyataan bahwa Whitebeard tewas dalam pertempuran itu. Kru bajak laut ini bubar setelah mereka kalah dalam Payback War, di mana sisa kru Whitebeard bertarung melawan kru Blackbeard.

Bajak Laut Matahari

Jinbe merupakan mantan kapten bajak laut Matahari yang sekarang menjadi kru dari Topi Jerami. Kelompok bajak laut ini sebenarnya berbeda dari kelompok bajak laut kebanyakan, di mana tujuan mereka membentuk kelompok ini adalah membebaskan para budak lain dan juga membantu para manusia ikan lainnya yang dalam kesusahan.

Kelompok bajak laut ini sebelumnya dipimpin oleh Fisher Tiger. Namun, setelah Fisher Tiger tewas, Jinbe yang kemudian menjadi pemimpin selanjutnya. Hal tersebut tidak berlangsung lama, karena mereka memutuskan membubarkan diri karena Jinbe pindah ke kelompok bajak laut Topi Jerami. Selain itu, Jinbe juga akan berusaha untuk mewujudkan mimpi Fisher Tiger dengan cara yang lain.

Bajak Laut Rumbar

Kurang lebih sekitar 50 tahun sebelum cerita utama di seri One Piece dimulai, kru Bajak Laut Rumbar mulai melakukan petualangan mereka dari wilayah West Blue. Brook sempat bergabung dengan kelompok bajak laut ini, sebelum kemudian dia pindah dan menjadi bagian dari kelompok bajak laut Topi Jerami.

Sayangnya, kelompok bajak laut ini harus mengalami banyak nasib tragis. Mulai dari kapten pertama mereka dan sebagian kru yang terkena penyakit misterius, sampai kemudian Brook dan sisa kru lainnya harus tewas akibat terkena racun yang ada di senjata milik musuh. Mereka resmi bubar karena semua kru bajak lautnya tewas – kecuali Brook yang kembali hidup.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.