Serial Moon Knight baru saja menayangan episode ketiganya, dan mengungkap lebih banyak lagi mitologi Mesir kuno versi Marvel Cinematic Universe. Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya, plot yang disajikan di serial terbaru Disney+ ini sebenarnya berkisar tentang konflik dewa Mesir kuno antara Khonshu dan Ammit. Dengan bantuan avatarnya yang bernama Marc Spector alias Moon Knight, Khonshu ingin menggagalkan rencana Arthur Harrow yang berniat membangkitkan Ammit dari makamnya.

Dan sekarang, episode 3 yang berjudul ‘The Friendly Type’ telah mengungkap sebuah fakta baru bahwa ternyata ada banyak sekali dewa Mesir kuno yang memiliki avatar di Marvel Cinematic Universe. Tidak tanggung-tanggung, di episode 3 kali ini ada lima dewa yang muncul melalui avatarnya masing-masing, di mana kelima dewa ini diadaptasi dari mitologi Mesir kuno asli. Kehadiran mereka bahkan digambarkan sebagai sosok kuat yang bisa menghakimi para dewa lain. Siapa saja dewa baru MCU ini? Mari kita bahas lebih lanjut, Geeks!

Kemunculan Pertama Ennead

Di episode terbaru Moon Knight, para penggemar MCU akhirnya diperkenalkan kepada Ennead, para dewa dari mitologi Mesir kuno yang sejauh ini baru diwakili oleh Horus, Isis, Tefnut, Osiris, dan Hathor. Kelima dewa ini diperlihatkan mempunyai kedudukan yang cukup tinggi di MCU, di mana mereka bisa menghukum dewa Mesir lain, seperti Ammit yang makamnya disembuyikan sejak ribuan tahun lalu, serta Khonshu yang baru-baru ini diubah menjadi berhala batu dan disimpan di dalam piramida Giza.

Marvel Comics pernah menceritakan bahwa Ennead adalah kelompok dewa dari dimensi Celestial Heliopolis yang lokasinya berdampingan dengan Bumi. Diceritakan pertama kali pada tahun 1950 melalui komik Marvel Tales #96, konon Ennead telah disembah oleh para manusia sejak 10.000 tahun sebelum masehi. Hal itu disebabkan karena kesaktian mereka telah terbukti bisa mengatur Bumi sesuai dengan kehendak mereka. Adapun kekuatan yang dimiliki oleh para Ennead umumnya adalah kemampuan sihir, seperti berubah bentuk, mengubah realitas, memanipulasi energi gaib, dan juga elemen dasar Bumi.

Berdasarkan apa yang sudah terungkap di serialnya, perselisihan antara Khonshu dan para Ennead lain ternyata terjadi karena dewa Bulan tersebut terlalu banyak mencampuri urusan manusia, sehingga hampir mengungkap keberadaan para Ennead. Para dewa yang muncul di episode 3 bahkan sampai mengancam akan membuat Khonshu menjadi batu jika dia memanipulasi langit lagi. Khonshu yang harus membantu Marc pada akhirnya terpaksa kembali memanipulasi langit, sebelum akhirnya dia diubah menjadi berhala batu oleh Horus, Isis, Tefnut, Osiris, dan Hathor yang menyatukan kekuatan mereka.

Para Dewa Mesir Baru di Moon Knight

Sama seperti Khonshu dan Ammit, para dewa yang muncul di Moon Knight episode 3 sebenarnya adalah dewa asli dari mitologi Mesir kuno dan pernah diceritakan juga di Marvel Comics. Bedanya, jika versi komiknya digambarkan sebagai para dewa yang sangat jarang mencampuri urusan manusia, di MCU justru para dewa ini mempunyai avatarnya sendiri yang tersebar di seluruh dunia. Berikut lima dewa baru yang debut di serial Moon Knight:

  • Osiris: Di mitologi Mesir asli, Osiris adalah Dewa Akhirat yang menguasai dunia bawah dan sering digambarkan sebagai simbol kematian dan kebangkitan. Dia adalah ayah dari Horus dan suami Isis. Di Marvel Comics, Osiris memiliki kedudukan dan kekuatan yang kurang lebih setara dengan Odin, di mana juga pemimpin para dewa Mesir. Di Moon Knight, avatarnya bernama Selim yang diperankan oleh aktor Khalid Abdalla.
  • Horus: Di mitologi Mesir asli, Horus adalah Dewa Perang atau Dewa Langit yang sering digambarkan mempunyai kepala mirip burung falcon. Dia adalah anak dari Isis dan Osiris, serta suami dari Hathor. Di Marvel Comics, Horus mempunyai kemampuan setara dengan Thor. Di Moon Knight, dia diwakili oleh seorang avatar yang diperankan oleh aktor Declan Hannigan.

  • Isis: Di mitologi Mesir asli, Isis adalah Dewi Sihir dan Kehidupan yang menjaga anak-anak dan wanita, serta menyembuhkan orang sakit. Dia adalah istri sekaligus saudari Osiris, serta ibu dari Horus. Di Marvel Comics, Isis bisa membangkitkan orang mati dan mempunyai kedudukan yang sangat penting di antara para dewa. Di Moon Knight, avatarnya diperankan oleh aktor Nagisa Morimoto.
  • Tefnut: Di mitologi Mesir asli, Tefnut adalah Dewi Hujan yang digambarkan mempunyai kepala singa dengan tubuh wanita. Dia adalah ibu dari Geb dan Nut. Di Marvel Comics, setelah dewa Ra memutuskan untuk pergi ke matahari setelah berubah menjadi sosok elder god Atum, Tefnut mengisi kekosongannya bersama saudarinya yang bernama Shu. Di Moon Knight, dia mempunyai seorang avatar yang diperankan oleh aktor Hayley Konadu.

  • Hathor: Di mitologi Mesir asli, Hathor adalah Dewa Kesuburan dan Cinta yang digambarkan mempunyai tubuh wanita, berkepala sapi, dan mempunyai sayap. Di Marvel Universe, Hathor adalah sepupu dewa Panther Bast yang disembah di Wakanda. Dalam beberapa kisah, Hathor sering diceritakan menggoda Thor. Di Moon Knight, Hathor sepertinya mempunyai hubungan dekat dengan Khonshu, avatarnya yang bernama Yatzil diperankan oleh aktor Díana Bermudez.

Sejauh ini baru dua orang avatar saja yang terungkap namanya, Selim dari dewa Osiris dan Yatzil dari dewa Hathor. Kemungkinan mereka akan kembali di episode-episode selanjutnya, dan bahkan mungkin akan memperkenalkan dewa lain. Karena berdasarkan penuturan Steven di episode 1, ada sembilan dewa yang menjadi bagian dari Ennead. Selain lima dewa baru ini, ditambah Khonshu dan Ammit, tinggal Anubis dan Seth yang belum muncul di MCU. Kita nantikan saja kelanjutannya di episode Moon Knight selanjutnya yang akan tayang pada hari Rabu depan hanya di Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.