Salah satu alasan kemunculan dari klan Otsutsuki di franchise Naruto adalah untuk menanam pohon Suci dan kemudian memanen buah chakra. Hal tersebut dilakukan oleh mereka dari satu planet ke planet lainnya, dan bumi merupakan salah satu target dari klan Otsutsuki untuk memanen buah chakra tersebut. Buah chakra sendiri adalah sumber kekuatan yang dimiliki oleh klan Otsutsuki.

Buah chakra yang dihasilkan dari pohon yang ditanam di sebuah planet (dengan menyerap seluruh chakra penduduk di planet tersebut sampai habis), kemudian akan mereka konsumsi. Mengingat buah chakra adalah bagian penting dari klan Otsutsuki, sebenarnya apa efek yang dihasilkan setelah seorang Otsutsuki memakan buah chakra?

Mempertahankan Kondisi Fisik

Seperti yang kita ketahui, klan Otsutsuki adalah klan yang abadi. Mereka hampir tidak bisa meninggal, karena meskipun mereka meninggal mereka bisa kembali bereinkarnasi. Buah chakra memiliki salah satu fungsi untuk mempertahankan kondisi fisik mereka, yang berakibat pada umur mereka yang panjang. Dengan begitu, mereka akan terus prima dan awet muda.

Mempertahankan kondisi fisik dianggap sangat penting, karena mereka tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Misalnya, mereka tidak tahu apakah mereka akan mendapatkan serangan atau akan datang ancaman lainnya dari makhluk lain. Masih belum diketahui juga apakah ketika mereka tidak memakan buah chakra kondisi fisik mereka akan turun.

Meningkatkan Kekuatan

Ini adalah efek buah chakra yang paling jelas dan paling terasa. Selain meningkatkan kekuatan dan pertahanan kondisi fisik seorang Otsutsuki, memakan buah chakra juga akan meningkatkan kekuatan mereka secara drastis. Berbagai teknik atau kemampuan yang mereka miliki akan meningkat setelah memakan buah chakra.

Hal ini dikarenakan banyaknya chakra kehidupan dari sebuah planet yang tersimpan di dalam buah chakra tersebut. Dengan masuknya chakra atau energi kehidupan dari sebuah planet ke tubuh seseorang, masuk akal jika kemudian kondisi kekuatan mereka akan meningkat secara drastis. Hal inilah yang kemudian membuat Isshiki meminta Code untuk memakan banyak buah chakra, karena semakin banyak mengonsumsi buah chakra maka semakin besar juga kekuatannya.

Memiliki Chakra Tidak Terbatas

Selain peningkatan kekuatan, efek yang juga sangat jelas akan terjadi pada seorang Otsutsuki ketika dia memakan buah chakra adalah mereka akan memiliki akses terhadap kekuatan chakra yang hampir tidak terbatas. Seperti disebutkan di atas, buah chakra adalah hasil berkumpulnya energi kehidupan dari sebuah planet yang terjadi selama ratusan atau bahkan ribuan tahun.

Berdasarkan hal tersebut energi kehidupan dari planet tersebut akan berpindah ke tubuh Otsutsuki yang memakannya. Dengan kekuatan chakra yang sangat dahsyat ini juga yang kemudian menjadi alasan mengapa kemudian manusia biasa tidak akan bisa memakan buah chakra. Karena tubuh manusia tidak didesain untuk menahan atau menampung chakra dalam jumlah yang sangat besar.

Membangkitkan Rinne-Sharingan

Kaguya sempat diperlihatkan berhasil membangkitkan kekuatan baru setelah dia memakan buah chakra. Kekuatan tersebut adalah munculnya mata ketiga di bagian dahinya, yang kemudian disebut sebagai Rinne-Sharingan. Namun, perlu dicatat bahwa efek yang ditimbulkan masing-masing Otsutsuki bisa jadi berbeda. Satu hal yang pasti adalah pemakan buah chakra akan mampu membangkitkan kekuatan Rinne-Sharingan ini jika mereka mau.

Buah chakra menjadi sesuatu hal yang fundamental bagi para klan Otsutsuki, karena tanpa buah chakra mereka mungkin tidak akan bisa seperti sekarang. Dengan efek dahsyat yang dihasilkan, rasanya wajar jika kemudian para klan Otsutsuki terus berusaha mengonsumsi buah chakra tersebut. Bagaimana menurut kalian mengenai hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.