Marvel adalah waralaba multimedia yang pertama kali populer melalui berbagai kisah Marvel Comics-nya. Dengan semesta yang disebut Marvel Universe, Marvel Comics sendiri telah menceritakan banyak sekali peristiwa menarik di dalamnya, dari mulai tragedi seperti Civil War dan Secret Empire, sampai berbagai kejadian multiverse yang akhirnya membuat Marvel sebesar sekarang. Khusus untuk kejadian multiverse sendiri, ada beberapa peristiwa penting yang sangat berpengaruh terhadap Marvel secara keseluruhan. Apa saja peristiwa yang dimaksud? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Jaspers Warp (1982)

Tidak akan ada multiverse jika Marvel tidak pernah menceritakan kisah Captain Britain Corps yang tersebar di Multiverse Marvel. Di tangan Alan Moore, salah satu peristiwa Captain Britain yang diberi judul Jaspers Warp telah memperkenalkan lebih banyak lagi universe alternatif. Kisahnya sendiri dimulai dengan petualangan varian Captain Britain bernama Captain UK yang memburu cyborg jahat bernama Fury, karena dia ingin menghasut seorang politikus bernama Jasper untuk menghapus banyak universe Marvel. Klimaks kisahnya sendiri memperlihatkan Captain UK yang berkeliling multiverse, sampai akhirnya Captain UK berhasil membunuh Fury dan menyelamatkan Multiverse Marvel.

Age of Apocalypse (1994)

Pada tahun 90-an, bisa dibilang kisah-kisah X-Men di Marvel Universe cukup sering menceritakan perjalanan waktu dan universe alternatif. Dan salah satunya yang paling legendaris adalah peristiwa Age of Apocalypse, di mana supervillain Apocalypse dari Earth-295 diceritakan berhasil menguasai Bumi. Meskipun berlangsung di universe alternatif, tetapi ada banyak sekali karakter dari AoA yang masih ke universe utama, Earth-616, termasuk villain Dark Beast dan Sugar Man. Varian Sabretooth dari AoA bahkan sampai bergabung dengan tim Exiles utama, begitu juga dengan AoA Nightcrawler yang menjadi bagian dari Uncanny X-Force. Dari sinilah benih-benih varian mulai bermunculan.

Earth X Trilogy (1999-2007)

Ada banyak sekali yang terjadi dalam peristiwa Earth X, salah satunya adalah merebaknya Terrigen Mists di muka Bumi yang mengubah manusia menjadi Inhuman. Kisah dari Earth X (1999) kemudian mengarah pada kejadian berikutnya, yaitu Universe X (2001) dan Paradise X (2007), yang memperkenalkan lebih dalam lagi konsep multiverse, termasuk keterlibatan Celestials terhadap Bumi, berbagai jenis varian superhero/supervillain yang tersebar di multiverse, dan universe alternatif yang hidup dengan caranya masing-masing. Trilogi Earth-X secara tidak langsung telah menjadi fondasi bagi Multiverse Marvel, sampai akhirnya bisa seperti sekarang ini.

Spider-Verse (2014-2015)

Cerita utama Spider-Verse dimulai dengan invasi Inheritors, keluarga vampir jahat dari Loomworld (Earth-001), yang berkeliling multiverse untuk memakan para Spider-Totems. Hal tersebut pada akhirnya memicu terbentuknya Spider-Army yang beranggotakan manusia laba-laba dari masing-masing universe, termasuk Spider-Man, Spider-UK, Spider-Gwen, Miles Morales, dan masih banyak lagi, di mana mereka menyerbu Loomworld dan berhasil mengalahkan Inheritors. Peristiwa multiverse ini telah memperkenalkan banyak sekali varian Spider-Man yang berasal dari universe alternatif.

Secret Wars (2015)

Setelah sukses dengan kisah aslinya yang dirilis pada tahun 1984-1985, Jonathan Hickman kembali membangkitkan Secret Wars dengan beberapa elemen yang lebih kompleks, termasuk multiverse dan perjalanan waktu. Dalam peristiwa yang disebut Incursions, Multiverse Marvel diceritakan saling bersinggungan dan saling menghancurkan satu sama lain karena ulah ras alien Beyonders. Doctor Doom yang meminjam kekuatan dari Molecule Man pada akhirnya berhasil menyelamatkan multiverse dengan menciptakan Battleworld. Namun, karena dia terlalu mengeksploitasi multiverse, pada akhirnya para superhero yang dipimpin oleh Reed Richards mau tidak mau harus mengalahkannya.

Di mulai dengan kisah Jaspers Warp yang memperkenalkan adanya realitas alternatif, kemudian dilanjut dengan konsep varian di Age of Apocalypse, konsep Multiverse Marvel akhirnya dikukuhkan dengan kisah Earth X Trilogy. Beberapa tahun kemudian, kisah Spider-Verse dan Secret Wars akhirnya membuat multiverse menjadi familier di kalangan penggemar. Itulah berbagai peristiwa penting di Multiverse Marvel yang akhirnya membentuk konsep multiverse seperti sekarang ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.