Setelah sukses dengan Spider-Man: No Way Home, Marvel tampaknya masih mempunyai satu film andalan lain yang tidak kalah menarik dari film solo Spider-Man, yaitu Doctor Strange 2 alias Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena film solo Doctor Strange ini digadang-gadang akan mengeksplorasi lebih dalam Multiverse Marvel yang akhir-akhir ini santer dibicarakan oleh penggemar. Marvel bahkan sampai menjanjikan banyak karakter untuk membuat film ini lebih menarik.

Disutradarai oleh Sam Raimi, yang sudah sangat fasih dalam genre superhero dan horor, film Doctor Strange 2 akan dimeriahkan oleh Doctor Strange (Benedict Cumberbatch), Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen), dan superhero baru bernama America Chavez (Xochitl Gomez). Menariknya, terlepas dari kehebatan Strange dan Wanda, Chavez kemungkinan besar akan mempunyai peran yang sangat penting di filmnya, di mana hal tersebut berhubungan dengan kekuatan supernya yang bisa membuka portal multiverse. Sebelum masuk ke teorinya, mari kita kenali dahulu siapa superhero remaja ini?

Superhero Dengan Kekuatan Spesial

Diciptakan oleh Joe Casey dan Nick Dragotta, Chavez adalah superhero remaja yang melakukan debutnya di komik Vengeance #1 (2011). Karakternya mulai dikenal oleh banyak penggemar setelah memainkan peran penting sebagai anggota tim superhero muda di komik Young Avengers (2013) karya Kieron Gillen dan Jamie McKelvie. Chavez sendiri sebenarnya bukan berasal dari Bumi, melainkan dari realitas Utopian Parallel di mana dia dibesarkan oleh ibunya. Utopian sendiri adalah realitas yang keberadaannya di luar Multiverse Marvel.

Di realitas asalnya tersebut, Chavez mulai mengembangkan kekuatan supernya, di mana dia terbukti mempunyai kekuatan fisik super, kecepatan super, bisa terbang, kebal terhadap serangan apapun, mempunyai kepekaan kosmik, serta yang paling menarik adalah menciptakan portal antar universe dan timeline berbentuk bintang. Namun, dibalik kekuatannya yang sangat hebat tersebut, Chavez menderita penyakit genetik yang yang terhubung dengan kromosom XX di dalam tubuhnya, penyakit ini membuat kekuatan Chavez dapat melemah seiring berjalannya waktu.

Ketika rumahnya diceritakan terancam hancur saat Chavez masih kecil, ibunya memutuskan untuk melakukan pengorbanan heroik demi menyelamatkannya. Chavez yang pada saat itu belum bisa berpikir jernih malah meninggalkan Utopian setelah berhasil menciptakan portal bintang raksasa yang terhubung langsung ke Multiverse Marvel. Sejak saat itu dia mulai berkeliling multiverse dan mengganti namanya menjadi Miss America. Dalam sejarahnya di Marvel Universe, Chavez telah bergabung dengan banyak tim superhero, termasuk West Coast Avengers, Ultimates, A-Force, dan Young Avengers.

Menjadi Rebutan di Doctor Strange 2

Meskipun bintang utama filmnya adalah Doctor Strange dan Wanda Maximoff alias Scarlet Witch, tetapi kemungkinan besar Marvel akan memberikan peran yang cukup penting kepada America Chavez. Sebagai superhero pertama MCU yang mempunyai kekuatan alami untuk membuka portal multiverse, Chavez sepertinya akan menjadi kunci penting di film bertema multverse ini. Berdasarkan cuplikan singkat dari beberapa adegan di filmnya, Chavez terlihat dikurung di sebuah penjara kaca, yang kemungkinan berada di markas Illuminati yang menjaga multiverse seperti TVA menjaga Sacred Timeline.

Di lokasi tersebut, dia kemungkinan akan bertemu dengan Doctor Strange utama dan varian Wanda yang sama-sama dikurung karena telah berhasil membuka portal multiverse. Hal tersebut didasarkan pada cuplikan lain di trailernya yang memperlihatkan Strange ditangkap oleh Ultron Sentry, serta varian Wanda yang terluka dan berdarah. Saat kamera memperbesar mata Wanda terlihat penjara kaca yang sama seperti tempat Chavez dikurung, kemungkinan Wanda sangat ingin memanfaatkan kekuatannya untuk mengembalikan kedua anaknya yang menghilang, Billy dan Tommy.

Alasan Wanda terluka mungkin karena dia bertarung dengan sosok yang mirip Superior Iron Man atau Captain America versi Monica Rambeu di markas Illuminati. Upaya Wanda untuk melarikan diri tersebut, kemungkinan akan menghancurkan markas Illuminati dan membuat Chavez bersama Strange bisa lolos dari penjara kacanya. Setelah itu Strange dan Chavez mungkin akan bekerja sama untuk mengalahkan varian jahat Wanda yang mengamuk, dan akhirnya bisa kembali ke semesta utama untuk mengajak Wanda utama menyelesaikan masalah multiverse yang belum terselesaikan.

Dalam cuplikan lain, ada juga adegan di mana Chavez diikat kaki dan tangannya oleh sosok villain misterius, sepertinya villain ini ingin memanfaatkan kekuatan Chavez untuk membuka portal multiverse agar dia bisa menguasainya. Portal multiversenya bahkan terlihat sangat besar, sehingga memungkinkan makhluk besar seperti Elder God untuk melintas. Doctor Strange dan kawan-kawan yang mengetahui bahaya tersebut harus segera menemukan cara untuk menghentikan sang villain atau menghentikan kekuatan Chavez apa pun resikonya.

Debut America Chavez di MCU ini pasti bukan tanpa tujuan, mengingat kekuatan supernya yang sangat langka sekaligus menarik. Kemungkinan besar dia akan mempunyai peran yang cukup berpengaruh, baik di film Doctor Strange 2 maupun nanti pada masa depan MCU. Itulah pembahasan mengenai peran America Chavez sebagai kunci penting di film Doctor Strange 2. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness sendiri bisa segera kita saksikan di bioskop Indonesia mulai 4 Mei 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.